Cara Optimasi Gambar Wordpress Dengan Plugin Imagify - imsahadi.com Cara Optimasi Gambar Wordpress Dengan Plugin Imagify
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Optimasi Gambar Wordpress Dengan Plugin Imagify

Cara Optimasi Gambar Wordpress Dengan Plugin Imagify. Mengoptimasi kinerja website WordPress tidak selalu sulit untuk dilakukan. Sebagai pengguna CMS ini, Anda perlu terus belajar untuk dapat mengetahui banyak hal. Apa lagi soal yang namanya mempercepat kinerja loading website Anda sendiri. Salah satunya adalah tentang optimasi gambar yang merupakan salah satu pokok penting yang perlu Anda perhatikan.

Gambar yang Anda sertakan untuk melengkapi postingan Anda disetiap situs memang bertujuan sangat baik. Kegunaannya tentu untuk menambah memperjelas tentang bagaimana pembahasan postingan Anda tersebut. Namun, gambar yang ada bisa juga berdampak buruk kalau tidak di optimalkan secara menyeluruh.

Saat ini, peran kecepatan loading sebuah website dapat mempengaruhi peringkatnya dimata mesin pencari. Tentunya Anda sebagai pemilik website dengan CMS WordPress menginginkan bahwa website Anda bisa mendapatkan ranking terbaik. Meski pun tidak harus nomor satu, intinya sangat mudah ditemukan oleh pengguna dan mereka tertarik untuk selalu kembali.

Loading website yang lambat bisa juga disebabkan oleh beberapa hal. Bukan hanya dari gambar saja namun juga beberapa peranan penting lainnya seperti Javascript dan CSS. Begitu juga dengan beberapa dukungan selain dari itu. Entah itu server dan hosting yang Anda gunakan atau memang Anda benar-benar tidak memperhatikan tentang pentingnya pengoptimalan.

Kalau Anda sudah mengoptimasi file Javascript dan CSS Anda, maka sekarang Anda beralih untuk mulai mengoptimasi bagian gambar yang ada. Untuk mulai bekerja, Anda dapat menggunakan plugin sebagai dukungan Anda. Ada beberapa plugin yang dapat Anda pilih diantaranya dan pilihlah yang sekiranya dapat membantu Anda.

Kemungkinan Anda memang bisa cocok dengan plugin tersebut dan mulai terus menggunakannya. Saya akan mencoba memberi Anda pilihan tentang plugin optimasi gambar yang sangat populer dan saya sendiri juga telah menggunakannya. Plugin tersebut adalah Imagify yang merupakan plugin khusus yang dapat bekerja dalam mengompres gambar pada WordPress Anda.

Imagify adalah plugin canggih yang dapat Anda instal segera. Kekuatan dari plugin ini bisa Anda andalkan karena ia sangat kompatibel juga dengan WooCommerce dan NextGen Gallery. Jika Anda memiliki banyak gambar yang memang belum Anda optimalkan, sekarang Anda bisa segera melakukannya dengan hanya satu kali perintah saja.

Imagify akan langsung bekerja untuk mengompres semua gambar secara normal tanpa harus mengurangi kualitasnya. Anda dapat menggunakan tiga level untuk kompresi gambar diwebsite Anda dan semua mudah untuk dilakukan. Kalau Anda belum pernah menggunakan plugin ini, Anda bisa segera menginstalnya langsung diwebsite Anda.

Untuk memahami lebih lanjut tentang cara menggunakan plugin ini, saya akan coba memberi Anda sedikit panduan. Ini dapat menjadi tahapan yang bisa Anda jadikan rekomendasi. Selanjutnya, Anda dapat mengatur opsi Anda sendiri. Plugin Imagify tersedia dalam beberapa tingkatan pilihan yakni versi premium dan Free. Kalau Anda ingin menggunakannya dalam versi gratis, Anda juga bisa mendapatkan fitur yang ada.

Cara Optimasi Gambar Wordpress Dengan Plugin Imagify

Pertama: Anda masuk dibagian Plugins pada dashboard WordPress Anda lalu klik Add New.

Kedua: Search plugins dengan kata kunci Imagify dan akan muncul pilihan seperti berikut.

Ketiga: segera instal plugin tersebut dan mulai Activate.

Keempat: kemudian Anda pilih Sign Up, It's Free untuk mulai membuat akun.

Kelima: isi data pada kolom yang disediakan dengan cara memasukkan email dan password yang mudah diingat. Untuk bisa mendapatkan Key maka Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.

Keenam: jika sudah mengisi email Anda, klik Sign Up dan Anda akan mendapatkan API Key.

enter api key imagify
Ketujuh: masuk kebagian Settings lalu enter API KEY pada kolom yang sudah tersedia.

Kedelapan: selanjutnya Anda klik Save changes.

Kesembilan: untuk mulai mengoptimalkan semua gambar yang ada, Anda bisa klik Imagif'Em All dan tunggu hingga proses selesai. Anda dapat memilih level pengoptimalan sesuai yang Anda butuhkan. Diantaranya, level Normal, Aggressive, Ultra.

Hanya dengan beberapa tahap seperti diatas aja, Anda sudah bisa menggunakan plugin ini. Meski pun baru versi free, namun fitur yang Anda dapatkan juga cukup sesuai. Mungkin, Anda hanya akan mendapatkan batasan dari jumlah gambar yang akan dioptimalkan.

Anda dapat melakukan upgrade untuk mulai membeli level pengoptimalan gambar yang bisa Anda tentukan sendiri. Plugin Imagify menyajikan beberapa pilihan dan Anda dapat memilih harga yang cocok untuk ukuran Anda dan berapa gambar yang harus dioptimasi diwebsite WordPress Anda.

2 comments for "Cara Optimasi Gambar Wordpress Dengan Plugin Imagify"

  1. Kalau pluginya di hapus apakah ukuran gambar normal kembali

    ReplyDelete
  2. Dear...Dani
    Ya dia akan menggunakan gambar asli yang tercadangkan di wp-content/uploads

    ReplyDelete