Cara Memasang Adsense di AMP WordPress - imsahadi.com Cara Memasang Adsense di AMP WordPress
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Adsense di AMP WordPress

Cara Memasang Adsense di AMP WordPress dapat dilakukan dengan sangat mudah. Itu kalau Anda sudah mengetahui langkahnya. Namun bagi Anda yang masih belajar, Anda bisa menyimak tips pada postingan terbaru ini. Melalui tutorial ini, saya akan memberikan Anda intruksi tentang bagaimana cara memasukkan kode iklan Anda pada halaman versi AMP (Accelerated Mobile Pages).

Jika Anda memonetisasi blog Anda dengan iklan, tentunya penempatan terbaik perlu Anda pertimbangkan agar Anda sukses. Apalagi diera AMP yang menjadi prioritas banyak pengguna Wordpress untuk beralih ke tampilan AMP.

Kalau Anda menggunakan plugin AMP Project Contributors, dukungan penempatan iklan memang tidak tersedia. Kecuali Anda melakukannya secara manual. Berbeda dengan Plugin AMP for WP yang ternyata sudah dilengkapi dengan fitur untuk menempatkan kode iklan.

Bahkan, beberapa kode iklan bisa saja Anda tempatkan di semua situs Wordpress Anda dengan mudah. Tapi kalau pilihan Anda sekarang adalah membuat halaman AMP di Wordpress dengan plugin AMP Project Contributors, ini memerlukan pengetahuan khusus dalam memasukkan kode iklan Anda kedalamnya.

Sebenarnya, semua langkah tentang penerapan iklan tersebut sudah dijelaskan langsung di akun Adsense Anda. Mungkin karena tidak benar-benar detail, sehingga masih banyak yang mencari panduan agar lebih jelas. Oleh sebab itu, melalui postingan saya ini, semoga Anda bisa memahami dengan baik dari langkah ke langkah tentang cara memasang Adsense di AMP WordPress.

Meski Anda tidak mengerti coding, kita bisa sama -sama belajar lebih lanjut. Cara ini juga bisa Anda terapkan pada AMP for WP (Accelerated Mobile Pages) yang mungkin Anda memang membuat halaman dengan dukungan plugin ini. Saya akan mencoba memberikan dua metode tentang cara memasang adsense di AMP.

Anda dapat menggunakan kedua metode ini untuk memaksimalkan kinerja iklan Anda. Pertama kita akan menerapkannya secara manual melalui HTML dan kedua kita bisa menggunakan plugin khusus sebagai dukungan untuk menempatkan kode iklan ditengah artikel atau diparagraf tertentu di situs AMP Anda.

Pada postingan sebelumnya, saya juga sudah membahas mengenai cara membuat Wordpress valid dengan halaman AMP. Kalau Anda baru ingin mengintegrasikan situs Wordpress Anda dengan halaman AMP dengan plugin Project Contributors, Anda bisa melakukannya sekarang.

Namun kalau Anda sudah menerapkannya dan ingin belajar tentang cara memasang Adsense di AMP WordPress, Anda bisa terus menyimak panduan ini agar kita bisa sama-sama memahaminya. Anda dapat memulai langkah ini dengan sederhana dan pastikan Anda bisa teliti agar Anda benar-benar berhasil.

1. Berikut Cara Memasang Adsense di AMP WordPress Manual Melalui HTML

Pertama: Panduan ini akan dilakukan melalui cPanel. Pastikan Anda sudah login ke akun cPanel hosting Anda. Kalau Anda memilih langsung dari Dashboard Wordpress, itu opsional dan Anda bisa melakukannya langsung dari Plugins Editor. Sebenarnya sama saja. Tapi karena saya menonaktifkan file editor di Wordpress, sehingga saya harus melakukannya dari cPanel.

Kedua: Setelah Anda login di cPanel, silahkan buka File Manager. Kemudian buka Public_html > wp-content > plugins > amp. Buka saja plugin AMP tersebut lalu buka lagi file templates yang ada seperti berikut.

Cara Memasang Adsense di AMP WordPress Manual

Ketiga: Dari template AMP tersebut, pilih html-start.php kemudian klik Edit, sehingga terbuka jendela baru di browser Anda. Selanjutnya Anda cari kode yang bernama </head>. Terapkan kode berikut tepat diatasnya. Kode ini wajib untuk Anda pasang karena tapa script ini, iklan Anda tidak akan bisa tampil.

<script async custom-element="amp-ad" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-ad-0.1.js"></script>

Keempat: Langkah selanjutnya adalah menerapkan kode iklan. Silahkan siapkan kode iklan Adsense Anda. Sebagai contohnya saya menggunakan kode iklan responsive seperti berikut.

<amp-ad width="100vw" height="320"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-1234569876543213"
data-ad-slot="1234567814"
data-auto-format="rspv"
data-full-width="">
<div overflow=""></div>
</amp-ad>

Kelima: Sekarang pilih file single.php lalu klik Edit. Untuk menerapkan kode iklan dibawah header situs AMP Anda, cari saja kode </header> didalam file tersebut. Kemudian masukkan kode iklan Anda tepat dibawahnya.

Keenam: Kalau Anda ingin memasang iklan di AMP Anda persis dibawah judul atau atas artikel, cari saja kode seperti berikut. Lalu masukkan kode iklan Anda tepat dibawahnya.

<div class="amp-wp-article-content">

Ketujuh: Kalau Anda ingin memasang iklan tepat dibawah artikel situs AMP Anda, cari saja kode seperti berikut. Kemudian terapkan kode iklan Anda tepat dibawahnya.

<?php echo $this->get( 'post_amp_content' ); // phpcs:ignore WordPress.Security.EscapeOutput.OutputNotEscaped ?>

Kedelapan: Sekarang jika Anda memilih untuk memasang iklan tautan link di AMP, Anda bisa menggunakan kode seperti berikut.

<amp-ad
layout="fixed-height"
height=150
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-1234569876543213"
data-ad-slot="1234567814">
</amp-ad>
  • Ganti data-ad-client="ca-pub-1234569876543213" dan data-ad-slot="1234567814" sesuai dengan milik Anda.
  • Untuk mengubah jumlah tautan link atau baris iklan Anda, rubah 'height=150' menjadi 200 atau sesuaikan dengan keinginan Anda.

Kesembilan: Jangan lupa klik Save pada setiap perubahan yang Anda buat. Kemudian Anda bisa melihat hasilnya dengan mengakses situs AMP Anda dari mobile atau tablet.

2. Cara Memasang Adsense di AMP WordPress di Tengah Artikel atau Beberapa Paragraf

Pada metode ini, kita akan menggunakan dukungan plugin. Kita bisa memilih plugin Ad Inserter. Plugin ini cukup populer dan Anda tidak perlu ragu untuk memilihnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara setting plugin Ad Inserter, Anda bisa simak dengan teliti langkah berikut. Dengan plugin ini, nantinya Anda dapat menerapkan kode iklan dibeberapa paragraf di situs AMP Anda.

Pertama: Silahkan Anda mulai dengan login ke Dashboard Wordpress Anda terlebih dahulu. Kemudian pada menu Plugins, Anda klik Add New. Pada kolom pencarian ketikkan saja Ad Inserter. Setelah plugin tersebut muncul, klik Install Now lalu Activate.

Kedua: Ketika plugin tersebut sudah aktif, klik Settings. Halaman baru akan terbuka. Jangan lupa untuk menyiapkan kode iklan Adsense Anda. Sebagai contohnya, pada tutorial ini saya akan menggunakan iklan tautan link yang saya terapkan pada paragraf 2.

Ketiga: Buka saja Block 1 kemudian masukkan kode iklan Anda. Selanjutnya klik tombol Kunci lalu pilih < >. Pilih saja Adsense dan pilih lagi tombol panah keatas seperti berikut.

Memasang Adsense di AMP WordPress di Tengah Artikel
  • Pada AMP Ad, pilih saja Above the fold.
  • Pada Size, Anda bisa menentukan ke Responsive.
  • Kemudian klik tombol Panah kebawah.
  • Jangan lupa pilih Posts.
  • Pada bagian Insertion, pilih saja After paragraph lalu ketikkan angka 2 atau angka yang lainnya sesuai keinginan Anda.
  • Pada Alignment pilih Center.Ini agar iklan Anda tampil ditengah dan rapih.

Keempat: Sesudah Anda menyelesaikan semua pengaturan seperti yang sudah saya jelaskan, jangan lupa klik Save Settings.

Sebagai tambahan agar Anda bisa memahami semua penjelasan diatas, Anda juga dapat menyimak tutorial berikut.

Anda telah berhasil mengikuti metode saya diatas tentang cara memasang Adsense di AMP WordPress. Sangat mudah untuk dilakukan kalau Anda memang telah mengetahui caranya.

Anda juga bisa menambahkan kode iklan lainnya jika memang diperlukan. Kalau Anda ingin menempatkan iklan lagi di paragraph tertentu di situs AMP Wordpress Anda, itu dapat Anda lakukan sendiri.

Post a Comment for "Cara Memasang Adsense di AMP WordPress"