Cara Membuat Contact Form di AMP WordPress - imsahadi.com Cara Membuat Contact Form di AMP WordPress
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Contact Form di AMP WordPress

Cara Membuat Contact Form di AMP WordPress dapat dilakukan dengan sangat mudah. Tidak membutuhkan waktu lama untuk memulai pekerjaan ini. Itu kalau Anda memang sudah mengetahui caranya. Tapi bagi Anda yang baru mengenal AMP, mungkin akan merasa kesulitan untuk membuat halaman kontak kami di situs Anda sendiri.

AMP (Accelerated Mobile Pages) merupakan proyek baru dan teknologi canggih yang sangat membantu situs web untuk dapat dimuat dengan cepat. Namun demikian, AMP banyak menonaktifkan fitur di situs Wordpress Anda dan bahkan yang penting sekalipun.

Meskipun AMP menawarkan pengalaman penjelajahan seluler yang luar biasa cepatnya, semua bisa terlihat terbatas. keinginan Anda untuk menggunakan banyak kode tidak akan bisa Anda lakukan. Terlebih ingin menambahkan JavaScript atau CSS.

Salah satunya adalah, ketika Anda ingin menggunakan formulir kontak di situs Anda pada tampilan AMP. Karena AMP sendiri hanya menggunakan sekumpulan kode HTML dan JavaScript terbatas.

Tapi Anda tidak perlu putus asa dengan hal tersebut. Untungnya sekarang ada solusi yang mudah bagi Anda untuk membuat halaman kontak kami yang valid dengan AMP. Cara membuat Contact Form di AMP WordPress dapat dilakukan dengan menggunakan plugin baru.

Saat ini telah tersedia WPForms yang merupakan plugin populer dan sangat ramah pengguna. Plugin ini siap membantu Anda untuk membuat formulir Wordpress yang benar-benar siap untuk AMP. Tim dari WPForms telah bekerja dengan Google untuk memudahkan formulir AMP bekerja sempurna di Wordpress.

Itu merupakan kabar yang sangat bagus dan inilah yang banyak sekali ditunggu oleh pengguna Wordpress. Sekarang Anda tidak perlu ragu juga untuk membuat situs Anda valid dengan AMP. Karena membuat situs Anda menjadi AMP dapat dilakukan dengan mudah.

Bagi Anda yang belum mengubah situs Wordpress Anda menjadi AMP, kami sudah pernah jelaskan tentang cara ini. Karena plugin AMP tersedia dalam dua pilihan, semuanya juga sudah kami bahas tentang cara menginstal dan penggunaannya masing-masing.

Sekarang, Anda bisa belajar lebih lanjut melalui tutorial terbaru saya ini tentang cara membuat Contact Form di AMP WordPress. Untuk memulai pekerjaan ini, Anda membutuhkan plugin terbaru yaitu WPForms Lite. Anda bisa menggunakan fitur gratis yang ditawarkan oleh plugin tersebut.

Membuat formulir kontak tidak sesulit dengan yang Anda bayangkan. Sederhana saja dan Anda bisa membaca terus postingan ini. Saya akan menjelaskan langkah demi langkah dan semoga dapat membantu Anda.

Berikut Cara Membuat Contact Form di AMP WordPress

Langkah pertama: Silahkan login ke Dashboard Wordpress Anda terlebih dahulu. Setelah itu, pada menu sebelah kanan pilih Plugins > Add New.

Langkah kedua: Pada Keyword ketikkan WPForms Lite. Ketika plugin yang dimaksud sudah muncul, klik Install Now > Activate.

Langkah ketiga: Klik 'Create Your First Form' hingga terbuka halaman baru di layar Anda. Selanjutnya pilih template 'Simple Contact Form'.

Cara Membuat Contact Form di AMP WordPress

Langkah keempat: Anda dapat menambahkan atau menghapus bidang formulir. Untuk menambahkan bidang, Anda bisa memilih menu sebelah kiri, dan itu akan muncul di panel pembuatan formulir di sebelah kanan.

Langkah kelima: Anda juga dapat mengkonfigurasi dan menyesuaikan opsi bidang yang ada.

Langkah keenam: Kemudian Anda klik Tab Settings. Disini Anda dapat mengatur Notifications dan Confirmations dengan teks yang mungkin Anda inginkan sendiri. Anda juga dapat mengubah nama formulir Anda, mengaktifkan anti-spam Honeypot dan banyak lagi yang lainnya.

Langkah ketujuh: Sesudah pengaturan Anda sesuai dengan selera Anda, jangan lupa klik Save.

Langkah kedelapan: Sekarang Anda siap untuk menambahkan halaman formulir kontak baru di Wordpress Anda. Silahkan klik Pages > Add New, buat judul dengan nama Contact US atau Kontak Kami seperti berikut.

membuat page contact

Langkah kesembilan: Pada layar halaman yang Anda buat tersebut, klik ikon Add New Block. Pilih saja block WPForms. Pada Select a Forms, pilih saja nama Forms yang Anda buat sebelumnya. Sehingga, hasilnya seperti berikut.

Select a Forms

Langkah kesepuluh: Selanjutnya Anda bisa klik Update untuk mempublikasikan halaman kontak Anda. Sampai disini Anda sudah berhasil membuat contact form di AMP Wordpress.

Anda tidak perlu melakukan konfigurasi apapun setelah itu. Plugin ini akan secara otomatis menambahkan dukungan formulir AMP di situs Anda. Jika Anda ingin melihat hasilnya, Anda bisa mencoba membuka situs Anda melalui perangkat smartphone.

Itulah tutorial saya pada kesempatan ini tentang cara membuat Contact Form di AMP WordPress. Mudah-mudahan dapat Anda pahami dengan baik.

Post a Comment for "Cara Membuat Contact Form di AMP WordPress"