Cara Membuat Post Pagination di WordPress - imsahadi.com Cara Membuat Post Pagination di WordPress
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Post Pagination di WordPress

Cara Membuat Post Pagination di WordPress sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Biasanya bertujuan untuk membagi posting menjadi beberapa halaman. Untuk itu, jika isi postingan memang cukup panjang, ini bisa dibuat lebih pendek dengan cara tersebut.

Cara Membuat Pagination di WordPress

Wordpress memiliki banyak fitur yang kadang tidak diketahui oleh banyak pengguna. Ini bisa dikatakan karena mereka memang belum memahaminya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang baru saja menggunakan CMS ini, Anda bisa menemukan banyak pelajaran dari tutorial yang ada.

Seperti halnya tentang fitur pagination atau next page. Cara membuat post pagination di Wordpress bisa menjadi rencana Anda yang memiliki konten panjang. Banyak sekali contohnya dari beberapa situs besar memanfaatkan metode ini. Bisanya adalah situs berita dan teknologi.

Kalau Anda juga ingin menerapkan metode tersebut, Anda bisa memulainya sekarang juga. Ini dapat membantu memberikan pengalaman pengguna yang tidak ingin menggulir jauh kebawah ketika membaca postingan Anda.

Sangat relevan bukan jika Anda juga memanfaatkan fitur bawaan? Namun melalui tutorial ini, saya akan memberikan dua metode tentang langkah membuat pagination ini. Anda dapat menentukan sendiri tentang mana yang bisa Anda terapkan.

Jika Anda memilih cara membuat post pagination di Wordpress manual, tentunya Anda tidak perlu mengandalkan plugin sebagai dukungan. Anda dapat menggunakan kode khusus yang bisa Anda sematkan untuk memulai tindakan tersebut.

Nantinya Anda bisa membagi postingan Anda menjadi dua halaman dan bahkan hingga lima halaman sekalipun. Pada sebagian besar, tema Wordpress yang di kodekan dengan baik bisa membantu Anda lebih mudah untuk mengerjakan itu. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah ini, pastikan Anda teliti dengan baik. Ini agar Anda bisa sukses menerapkannya.

Berikut Cara Membuat Post Pagination di WordPress Manual

Langkah 1: Silahkan Anda edit salah satu postingan Anda yang memiliki isi panjang. Pilih saja salah satunya yang ingin Anda lengkapi pagination.

Langkah 2: Kemudian, terapkan atau letakkan kode berikut dimana Anda ingin membuat pagination. Penomoran halaman akan muncul secara otomatis.

<!--nextpage-->

Langkah 3: Jika kode diatas masih tidak membuat pagination muncul di postingan Anda, tambahkan kode berikut kedalam file single.php pada template yang Anda gunakan.

<?php wp_link_pages(); ?>

Langkah 4: Kalau Anda sudah menambahkannya, pagination akan segera ditampilkan.

Langkah 5: Selanjutnya, cek saja postingan Anda tadi untuk melihat hasilnya.

Selamat! Anda sudah menyelesaikan metode pertama mengenai cara membuat post Pagination di WordPress. Sekarang Anda bisa menambahkannya pada setiap artikel yang Anda miliki di situs Anda.

Cara Membuat Post Pagination di WordPress Menggunakan Plugin

Melalui metode yang satu ini, saya akan merekomendasikan plugin populer yang bisa membantu Anda membuat pagination. Plugin ini sudah cukup terpercaya dan memiliki banyak pengguna. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang plugin tersebut, Anda dapat menyimak tahap berikut.

1. Silahkan login terlebih dahulu ke Dashboard Wordpress Anda. Masuk saja kemenu Plugins > Add New.

2. Pada keyword sebelah kiri, ketikan saja WP Paginate hingga muncul seperti berikut. Kemudian pilih Install Now > Activate.

install wp paginate

3. Selanjutnya Anda masuk ke halaman Settings dari plugin tersebut. Anda bisa mengatur posision dan warna pagination yang akan ditampilkan dipostingan Anda.

4. Jangan lupa klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan Anda.

Itulah beberapa langkah tentang cara membuat post pagination di Wordpress. Semoga bisa Anda terapkan dengan baik setiap langkah yang telah kami bahas.

Post a Comment for "Cara Membuat Post Pagination di WordPress"