Bisnis

Alasan Mengapa Bisnis Kecil Sulit Untuk Berkembang

Menjalankan bisnis kecil memang banyak menuai sebuah tantangan apapun jenis bisnis kecil tersebut. Apalagi, bisnis ini dimulai dari nol yang mana Anda merintis bisnis tersebut dari pertama kalinya Anda terjun. Ketika kita sendiri baru-baru saja memulai menjalankan bisnis, kita harus memiliki kemampuan untuk dapat memecahkan beberapa masalah supaya bisnis yang baru kita bangun bisa menemui kesuksesan.Alasan Mengapa Bisnis Kecil Sulit Untuk BerkembangSelain memastikan bahwa bisnis kita dapat menuai keuntungan secara teratur, kita juga harus memikirkan kesehatan keuangan bisnis kita tersebut untuk jangka waktu yang panjang. Kemampuan pertama yang dapat mendukung kemajuan bisnis kita adalah dengan menggambarkan secara jelas akan perkembangan usaha yang kita kelola.

Simak juga: 6 Tahap Memulai Usaha Sendiri atau Berwirausaha

Namun, jika kita sudah terjun menjalankan bisnis maupun menjadi wirausahawan, kita tidak harus takut dengan yang namanya kegagalan. Ini adalah kunci terpenting untuk kita pahami bahwa kita harus bisa menerima kenyataan dan belajar dari sebuah kegagalan yang pernah kita alami. Ini hanya sebuah pelajaran bukan jurang dalam yang menjatuhkan kita tanpa kita harus mau bangkit lagi dari kegagalan tersebut karena menyerah begitu saja.

Jika kita sebelumnya teliti dengan mencermati berbagai hal yang bisa saja menimbulkan kegagalan, tentu kita dapat lebih hati-hati dan serius dalam mengelola bisnis kita sendiri. Termasuk juga dengan strategi untuk membangun kekayaan pola pikir yang ternyata ini sangat berperan penting dalam keseharian kita dalam mengelola usaha.

Dalam mengantisipasi akan terjadinya kegagalan dalam bisnis, Anda harus benar-benar memiliki persiapan yang sangat matang. Tidak cukup hanya dalam pola pikir saja yang mestinya harus menjadi prioritas utama. Kita tidak bisa tahu kapan kita bisa menjadi sukses namun kita bisa berpikir dengan membayangkannya.

Apakah hanya cukup saja kita membayangkannya? Terlepas dari kenyataan, pelaku usaha kecil harus tetap fokus tentang bagaimana usahanya bisa berkembang lebih maju dan tidak mengalami penurunan atau hanya diam ditempat saja. Terutama mereka yang selama ini menginginkan kesuksesan dan selalu dihantui dengan tingkat keberhasilan yang cukup rendah atau peluang sepertinya tidak ada.

Untuk Anda yang selama ini belum menemukan solusi tentang kesulitan dalam mengembangkan bisnis, Anda dapat memahami tentang beberapa faktor yang dapat menyebabkan bisnis kecil itu mengalami kegagalan. Anda harus bisa mengerti bahwa memulai bisnis kecil membutuhkan strategi yang pintar untuk bisa sukses dalam jangka waktu panjang.

Berikut mungkin dapat menjadi pelajaran tentang  alasan mengapa bisnis kecil itu sulit untuk berkembang:

1. Menggunakan modal dari hasil pinjaman

Kebanyakan dari calon pelaku bisnis selalu mempertimbangkan modal keuangan dan kebanyakan dari mereka selalu mengeluhkan kurangnya modal atau malah tidak memilikinya sama sekali. Memulai bisnis dengan menggunakan modal pinjaman akan menyulitkan langkah dalam memajukan usaha.

Apalagi uang yang kita pinjam cukup banyak dan kita mengambilnya pinjaman tersebut dari bank. Biasanya setiap bank akan memberikan suku bunga yang cukup tinggi jika dana yang kita pinjam juga cukup besar. Seiring berjalannya usaha apalagi usaha kita kecil, belum tentu usaha yang baru kita dirikan sudah dapat menutup hutang yang ada.

Penting bagi kita jika ingin memulai bisnis dari nol untuk memikirkan ini dengan matang. Memulai membuka bisnis tidak harus mengambil cara yang instan hanya karena teriming-iming kesuksesan cepat. Sangat penting juga bahwa, memulai bisnis kecil harus dimulai dengan menggunakan modal dari tabungan sendiri karena tidak akan mendapatkan resiko yang tinggi.

2. Strategi yang tidak efisien

Memiliki usaha kecil memerlukan banyak sekali strategi-strategi yang cerdas dan tujuan yang terarah kedepan. Apalagi jika tujuannya adalah ingin mengubah usaha kecil tersebut menjadi besar. Sebagai pelaku bisnis kecil, kita harus benar-benar pintar untuk memiliki gagasan-gagasan yang dapat mengarahkan kita menuai keberhasilan bukan berjalan tetap.

Setrategi itu dapat dimulai dengan nilai-nilai kita dalam mengelola bisnis, memahami pasar, dan penjulanan yang tidak menyimpang. Tanpa adanya strategi yang menjadi pendukung dalam langkah membangun bisnis, sama saja kita menjalani hidup tanpa memiliki tujuan kedepan.

3. Tidak bisa mengatur keuangan

Dalam bisnis, pandai mengelola keuangan menjadi hal yang sangat penting. Inilah yang perlu kita sadari bahwa, tidak bisa mengelola keuangan juga dapat menjadi penyebab sulitnya bisnis dapat berkembang. Tidak hanya itu saja yang harus kita pahami tentang peranan usaha.

Menggunakan uang dari modal usaha untuk belanja kebutuhan pribadi akan menjadi dampak yang menyulitkan usaha dapat maju karena peranan tersebut tidak terlihat. Selain itu, pemilik bisnis juga akan mendapatkan masalah jika tidak bisa menyeimbangkan pengeluaran keuangan secara berkala. Sangat penting untuk Anda mempertahankan aset Anda dengan pengelolaan yang tepat dan tujuan yang tepat juga.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sarankan kepada Anda sebelum memulai usaha atau merintis bisnis kecil-kecilan. Beberapa hal meski Anda ketahui dengan belajar bahwa usaha bukan hanya dimulai dari merintisnya saja atau hanya dimulai dengan coba-coba. Anda harus memulainya dari diri Anda dengan niat dan tekun dalam pengelolaan.

Join The Discussion