Cara Backup Database WordPress (MySQL)

Cara backup Database WordPress (MySQL) dapat dilakukan dengan sangat mudah. Itu juga kalau sudah mengetahui caranya. Bagi Anda yang memang belum memahami tentang langkah penting ini, saya akan bantu Anda dengan tutorial sederhana. Kenapa mem-backup database menjadi hal yang sangat penting?

Database menyimpan berbagai data dan informasi mengenai situs web kita sendiri. Ia memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengelompokkan data dan termasuk mempermudah proses identifikasi. Jadi, bukan hanya tentang informasi dasar saja yang ada didalam database.

Sebagai pengguna CMS WordPress, nama database tidak akan menjadi hal asing untuk dibicarakan. Keduanya berjalan seiringan karena saling membutuhkan. WordPress menjalankan kode PHP yang sistem-nya menggunakan SQL query. Semua data di WordPress juga dikelola oleh database yang disimpan kedalam server MySQL menggunakan phpMyAdmin.

Jadi, beberapa hal yang ditampung oleh database diantaranya ialah configurasi WordPress, post, halaman, komentar, username dan password, tema website, serta masih banyak lagi. Sekumpulan data yang dihasilkan WordPress akan langsung masuk kedalam database untuk menyimpan dan menerima data.

Maka dari itu, mengomptimalkan kinerja WordPress dapat dilakukan juga melalui database. Karena semua yang Anda buat langsung di website Anda akan dikelola oleh tempat penyimpanan data ini. Cara backup database WordPress dapat dilakukan sebagai tingkat keamanan yang sangat tepat. Untuk itu, kalau Anda berpikir tentang mengoptimalkan situs Anda, itu bukan hanya menggunakan plugin saja.

Anda juga bisa melakukannya secara manual asalkan Anda mengetahui metodenya dengan benar. Langkah demi langkah pastikan Anda pahami agar tindakan ini tidak menjadi masalah yang besar bagi Anda sendiri. Kalau Anda memang tidak mau belajar, pastinya Anda bisa menemukan kesalahan.

Bisa saja, Anda bukannya mem-backup database Anda malah justru menghapusnya. Jangan sampai kesalahan tersebut Anda lakukan dengan alasan tidak mengerti. Ini menyangkut semua data yang ada pada situs Anda. Alangkah baiknya, Anda bisa menemukan panduan yang dapat membantu Anda secara menyeluruh.

Simak: Optimalkan Database WordPress Tanpa Plugin

Malalui postingan ini, Anda bisa belajar lebih jauh tentang cara backup database WordPress menggunakan metode yang sangat sederhana. Cara ini sangat dianjurkan karena untuk menjaga data Anda aman. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada website Anda tersebut, Anda sudah memiliki cadangan akan data penting Anda sendiri.

Namun, bukan hanya tentang database saja yang harus Anda backup. WordPress Anda juga memerlukan tindakan backup ini untuk menjaga tingkat keamanan. Bagi Anda yang tidak sabar ingin segera melakukan backup database, Anda bisa langsung mengikuti panduan yang ada.

Postingan ini hanya akan menjelaskan tentang cara backup database WordPress dan bukan semua data dari WordPress. Pastikan Anda bisa mengerti bahwa itu bisa dilakukan dengan metode yang berbeda.

Berikut Cara Backup Database WordPress (MySQL), Simak Dengan Baik Langkah Ini

1. Pertama, silahkan Anda login ke akun cPanel yang telah Anda miliki dari layanan hosting terbaik Anda. Jika sudah masuk, gulir kebawah ke bagian Database.

Cara backup Database WordPress

2. Klik saja phpMyAdmin hingga terbuka jendela baru dilayar komputer Anda seperti contoh berikut. Jika di hosting Anda terinstall beberapa WordPress, nama database-nya juga akan berbeda-beda. Pilih saja tabel dari website Anda. Kemudian pilih Check All hingga tercentang semua, lalu klik Ekspor.

Ekspor database

3. Jendela baru akan terbuka seperti berikut. Silahkan pilih Metode Custom dan format SQL. Pada pilihan Kompresi, tentukan format zip atau gzip lalu klik Go atau kirim untuk mengekspor tabel yang Anda minta.

4. Simpan file zip atau gzip yang telah selesai Anda download dikomputer Anda. Tempatkan difolder khusus agar Anda mudah untuk menemukan ketika nanti membutuhkannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang semua langkah diatas, Anda juga dapat menyimak tutorial berikut sebagai tambahan. Mudah-mudahan panduannya membantu.

Itulah beberapa langkah tentang cara backup database WordPress yang dapat saya bahas pada kesempatan ini sebagai panduan. Semoga dapat membantu Anda semua yang hari ini mencari solusi untuk membuat cadangan dari data penting pada situs web Anda.

Add Comment