Cara Melindungi Folder Admin di WordPress

Cara Melindungi Folder Admin di WordPress dapat dilakukan dengan langkah sederhana. Ini merupakan tindakan penting yang memang harus Anda upayakan agar data situs Anda tetap aman.

Cara Melindungi Folder Admin di WordPress

Melalui postingan hari ini, Anda bisa belajar tips yang mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya. Bagi Anda yang memang baru menggunakan WordPress, Anda bisa menyimak panduan ini.

Mengamankan situs WordPress Anda agar tidak diserang peretas bukanlah hal yang mudah. Tapi ini dapat Anda lakukan demi menjaga tingkat keamanan ekstra. Mungkin bukan hanya dengan cara melindungi Folder Admin di WordPress saja yang dapat Anda lakukan.

Anda juga harus menggunakan metode lain agar semua bisa menjadi benteng. Jika Anda biarkan folder Admin WordPress Anda dapat diretas oleh orang lain, mereka bisa saja mengubah kata sandi akun Anda dengan bebas.

Ini sangat berbahaya bagi situs Anda sendiri. Karena setiap saat, situs Anda bisa saja menjadi sasaran yang empuk bagi mereka. Oleh sebab itu dari sekarang, Anda bisa memulai langkah sederhana ini agar semua bisa diatasi dengan baik. Situs Anda juga bisa menjadi aman dari tangan-tangan jahil dan tidak bertanggung jawab.

Membangun situs web menggunakan CMS WordPress memang banyak menemui kemudahan. Diantaranya adalah, tersedianya banyak alat gratis yang dapat membantu Anda. CMS ini menjadi aplikasi yang sangat populer dimata semua pengguna.

Simak: Cara Mengubah Password WordPress (WP-Admin)

Termasuk saya sendiri yang sampai sekarang terus tetap memilih WordPress sebagai platform untuk membuat situs web. Dengan WordPress, banyak sekali tersedia template serta plugin gratis yang dapat kita gunakan.

Meski mereka juga ada tawaran versi premium, kita bisa secara bebas untuk tetap menggunakan layanan gratis. Mungkin bagi yang cukup modal dalam membangun situs web, mereka akan memilih untuk memanfaatkan fitur premium. Tapi bukan berarti kita tetap tidak bisa mengembangkan situs kita meski dengan layanan free.

Sekarang setelah Anda menginstal aplikasi WordPress, sangat penting untuk melindungi Folder Admin di WordPress Anda sendiri. Jika Anda mengabaikan ini, bisa saja Anda memberikan peluang bagi orang-orang yang iseng.

Maka dari itu, Anda bisa menjaga hal itu supaya tidak terjadi pada situs web Anda tersebut. Anda dapat belajar dari tips ini dan menerapkannya dengan benar. Jika Anda memang bisa teliti, semua akan bekerja dengan sempurna.

Untuk melindungi Folder Admin di WordPress Anda, tidak perlu menggunakan plugin khusus. Meski banyak sekali plugin keamanan WordPress yang tersedia, Anda bisa memilih cara manual yang tentu sudah terjamin.

Inilah yang akan Anda pelajari dari sekarang. Cukup hanya beberapa langkah saja, Anda sudah memberikan benteng baru untuk situs web Anda sendiri.

Berikut Cara Melindungi Folder Admin di WordPress

Langkah 1: Pertama, Anda perlu membuka file .htaccess yang letaknya di folder /wp-admin. Jangan lupa untuk download file .htaccesss tersebut terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan.

Catatan: Jika di folder /wp-admin tidak ada file bernama .htaccess, silahkan Anda membuat yang baru.

Langkah 2: Selanjutnya, salin dan tambahkan kode berikut kedalamnya.

AuthUserFile /dev/null
AuthGroupFile /dev/null
AuthName "WordPress Admin Access Control"
AuthType Basic
<LIMIT GET>
order deny,allow
deny from all
# whitelist Syed's IP address
allow from 12.34.56.789
# whitelist David's IP address
allow from 12.34.56.789
# whitelist Amanda's IP address
allow from 12.34.56.789
# whitelist Muhammad's IP address
allow from 12.34.56.789
# whitelist Work IP address
allow from 12.34.56.789
</LIMIT>

Langkah 3: Silahkan tambahkan nomor IP Komputer Anda ke dalam kode, yang biasa Anda jadikan tempat untuk login ke WordPress. Jika Anda memiliki beberapa nomor IP dengan Komputer yang berbeda misalnya di Kantor atau di Rumah, Anda juga bisa menambahkannya.

Langkah 4: Setelah Anda menerapkan kode tersebut dengan benar, jangan lupa klik Save untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

Untuk lebih mudahnya, Anda juga bisa menyimak tutorial berikut yang telah saya tambahkan.

Selamat! Dengan langkah sederhana diatas, Anda sudah dapat melindungi folder Admin di WordPress Anda. Itulah mungkin salah satunya yang bisa menjadi tips saya untuk meningkatkan keamanan WordPress.

Mudah-mudah bisa membantu Anda semua yang baru saja belajar WordPress. Kita bisa sama-sama belajar dengan cara yang mudah tanpa harus menggunakan plugin.

Jika artikel saya tentang cara melindungi folder Admin di WordPress ini bermanfaat untuk Anda, jangan ragu untuk di share dan memberitahu yang lainnya.

Add Comment