Cara Membuat Form Kontak di WordPress

Cara membuat Form Kontak di WordPress dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Itu kalau Anda memang sudah mengetahui caranya dan tentang penerapannya di blog sendiri. Namun bagi Anda yang hari ini belum memahami tentang metode tersebut, kalian bisa langsung menyimak tutorial saya.

Melalui postingan terbaru ini, saya akan memberikan tips kepada Anda tentang cara membuat form kontak di WordPress dengan langkah sederhana. Anda tidak perlu menggunakan banyak kode dan membuatnya sendiri. Tidak perlu waktu yang lama untuk membuat halaman kontak kami di blog Anda sendiri.

Di era modern seperti sekarang ini, Anda dapat menemukan banyak sekali alat yang dapat membantu Anda. Termasuk dengan rencana Anda hari ini tentang halaman yang menjadi prioritas untuk blog Anda sendiri. Sebagai pengguna WordPress, pentinya menyediakan halaman kontak memang tidak harus di tinggalkan.

Itu menyangkut dengan pengalaman pengguna dan tentang bagaimana Anda memberikan layanan. Kalau Anda menjalankan bisnis melalui situs web dari WordPress, tentunya halaman tersebut harus ada. Bisa jadi pelanggan Anda atau penggguna jasa Anda ingin menghubungi Anda melalui formulir kontak yang di sediakan.

Kalau sampai halaman tersebut tidak Anda lengkapi. Rasanya akan terlihat kurang relevan untuk situs bisnis Anda. Maka dari itu, menjaga mitra Anda agar tetap terhubung bisa dilakukan dengan banyak cara. Termasuk layanan yang Anda berikan ke padanya.

Sekarang ini, tidak hanya pada situs-situs bisnis saja atau blog besar saja yang harus menyediakan formulir kontak. Ketika kita membangun blog meskipun belum berkembang, halaman ini tetap harus kita buat terlebih dahulu. Sepertinya halaman kontak ini menjadi hal yang wajib bagi setiap blog yang ada.

Kalau Anda menggunakan template WordPress premium atau free tapi keren, biasanya halaman seperti ‘Kontak Kami’ akan tersedia. Bisa dikatakan itu merupakan fitur bawaan dari tema yang Anda miliki. Tapi jika tema WordPress Anda memang tidak di lengkapi fitur tersebut, terpaksa Anda harus membuatnya sendiri.

Cara membuat form kontak di WordPress merupakan hal yang mudah tapi tidak semua bisa melakukannya. Bagi yang baru menginstal WordPress di layanan hosting baru, tentunya halaman itu tidak akan langsung ada. Oleh sebab itu, Anda harus tetap melengkapinya sendiri.

Bagi Anda yang hari ini memang berniat membuat halaman kontak di WordPress, saya akan sarankan untuk menggunakan plugin populer. Ada dua plugin form kontak terbaik yang akan saya rekomendasikan kepada Anda semua. Mungkin dengan plugin ini, itu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Cara Membuat Form Kontak di WordPress Dengan Plugin Contact Form 7

Dengan plugin yang pertama ini, Anda dapat membuat halaman hubungi kami secara fleksibel. Plugin contact form 7 ini menggunakan markup sederhana yang dapat membantu Anda membuat formulir pengiriman bertenaga Ajax.

Selain itu, ia juga dilengkapi dengan CAPTCHA, filter Spam dari Akismet dan sebagainya yang pastinya aman. Anda dapat memilih plugin ini sebagai rencana untuk blog terbaru Anda tersebut. Mengenai cara settings plugin Contact Form 7, Anda dapat menyimak langkah berikut.

1. Silahkan Anda login terlebih dahulu ke Dashboard WordPress Anda. Kemudian klik Add New plugin dan ketikkan saja keyword Form contact. Setelah itu, Anda akan melihat beberapa plugin yang ada dan pilih Contact Form 7. Klik Install Now lalu Activate.

Install Plugin Contact Form 7

2. Setelah plugin aktif, Anda dapat langsung memulai untuk Settings plugin Contact Form 7 seperti berikut. Anda dapat mengatur bagian Mail mengenai email yang dituju. Anda juga dapat mengubah teks dibagian Message. Sementara pada Additional Settings, Anda bisa membiarkannya default saja.

Setting plugin Contact Form 7

3. Selanjutnya, Anda dapat membuat Pages baru dan berinama Contact Us. Setelah itu, tambahkan Shortcode dari Contact Form 1 di halaman Contact Us yang Anda buat tersebut seperti contoh berikut. Anda juga bisa menambahkan sedikit teks seperti pesan di atasnya.

Membuat pages baru

4. Sekarang klik Preview untuk melihat hasilnya seperti apa. Jika sudah merasa cocok, Anda bisa langsung update untuk mempublikasikannya. Jangan lupa pada bagian Status & Visibility, pastikan Anda rubah menjadi Public.

Sebagai tambahan untuk memahami langkah diatas, Anda juga dapat menyimak tutorial berikut.

Cara membuat form kontak di WordPress dapat dilakukan dengan mudah menggunakan plugin Contact form 7. Selain dari itu, Anda bisa saja memilih plugin lainnya jika memang itu kurang dihati Anda. Untuk mengetahui tentang plugin tersebut, Anda bisa terus membaca tutorial ini.

Cara Membuat Form Kontak di WordPress Dengan WPForms

Sebelum Anda menentukan yang pasti, Anda bisa mencoba rekomendasi saya yang satu ini. Membuat halaman kontak di blog bisa saja Anda lakukan dengan menggunakan plugin WPForms. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak saja langkah berikut.

1. Silahkan Install dan aktifkan plugin WPForms di WordPress Anda. Kemudian Anda masuk ke bagian untuk settings plugin WPForms.

Install plugin WPForms

2. Di halaman baru, Anda dapat langsung memilih Create Your First Form. Kemudian, buat Form Name atau isi nama halaman seperti contohnya ‘Kontak Kami’. Selanjutnya Anda pilih Simple Contact Form.

Simple Contact Form

3. Berikutnya Anda akan melihat hasil dari halaman kontak kami yang Anda buat tersebut di bagian Now editing Kontak Kami.

Now editing Kontak Kami

4. Anda dapat mengedit atau settings dengan menambahkan beberapa fitur yang ada disebelah kiri seperti reCAPTCHA. Setelah dirasa OK, Anda klik EMBED untuk mendapatkan shortcode lalu salin. Buat Pages baru seperti berikut dan tambahkan shortcode tadi ke dalamnya.

Buat pages baru

5. Anda sudah berhasil. Jangan lupa di bagian Status & Visibility, pastikan Anda rubah menjadi Public terlebih dulu. Sekarang Anda bisa mempublikasikannya.

Semua langkah diatas sudah Anda lakukan dengan sangat baik. Dengan kedua plugin tersebut yaitu Contact Form 7 dan WPForms, Anda sudah bisa membuat halaman hubungi kami dengan sangat mudah dan cepat.

Demikian tutorial dari saya tentang cara membuat Form Kontak di WordPress. Mudah-mudahan bisa Anda pahami dengan baik dan membantu Anda semua.

Add Comment