Cara Membuat URL Login Custom di WordPress

Cara membuat URL Login custom di WordPress untuk mengamankan situs web Anda. WordPress adalah salah satu CMS terkenal dan paling banyak digunakan oleh orang-orang dalam membangun website mereka. WordPress juga merupakan aplikasi situs web yang paling populer diantara banyaknya CMS lain.

Seperti tidak diduga dibalik kemajuan system manajemen konten ini, ada beberapa orang yang tidak suka dengan CMS ini dan mungkin memanfaatkan celah keamanan yang ada. Apakah Anda sudah merasa aman dengan website WordPress Anda saat ini?

Kita ketahui bahwa, URL login dari wordpress sangat mudah untuk diingat dan bahkan semua orang dapat mengetahuinya dengan cepat. URL login ini merupakan pintu utama yang dapat mengundang orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkannya. Bisa saja menjadi sasaran empuk bagi mereka yang tahu sisi celah dari URL ini.

Maka dari itu, dibalik kesuksesan Anda membangun situs web menggunakan CMS WordPress, Anda juga memerlukan pagar untuk memberikan benteng. Seperti, membuat URL Login custom di WordPress yang dapat dilakukan dengan sangat mudah dan hanya memerlukan beberapa menit saja.

Jangan sampai situs Anda disusupi oleh orang-orang yang mencoba untuk menjahili blog Anda dengan cara mereka. Termasuk memanfaatkan dua URL login yang biasa Anda gunakan. Ketahui bahwa, WordPress sendiri memiliki dua opsi tentang URL login yang biasa digunakan untuk para penggunannya.

Diantara URL tersebut adalah sebagai berikut:

  • https://www.domainanda.com/wp-admin
  • https://www.domainanda.com/wp-login

Kedua URL tersebut sangat mudah untuk diingat dan sangat beresiko bagi keamanan blog Anda. Oleh sebab itu, menjaga keamanan blog Anda sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Mungkin tidak hanya pada perlindungan pada URL login saja. Cara lain bisa saja Anda lakukan dan itu belum dirasa cukup untuk mengamankan website Anda.

Simak: Mengamankan WordPress Menggunakan Limit Login Attempts Reloaded

Sebagai salah satu bagian penting dalam memberikan kunci ganda pada situs Anda, membuat URL login custom di WordPress menggunakan plugin dapat menjadi dukungan. Lindungi website Anda dari orang-orang yang memanfaatkan akses masuk melalui URL tersebut. Termasuk untuk menjaga serangan brute force yang dapat mencekam website Anda.

Dengan Anda membuat URL login custom di WordPress, Anda akan melindungi akses masuk utama yang biasa Anda gunakan. Termasuk kalau situs Anda memiliki banyak pengguna. Ini dapat menjadi perlakuan khusus kepada para pengguna Anda. Mencakup semua aspek penting lainnya, Anda bisa lebih tenang karena situs Anda memiliki cukup kekuatan didalamnya.

Menggunakan URL khusus pada bagian wp admin Anda adalah jawaban dari selama ini yang perlu Anda lakukan untuk mengamankan WordPress Anda. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengingat URL yang ditentukan seperti yang biasa orang ketahui tentang bagian Admin website Anda sendiri.

Sebagai cara untuk mempermudah tutorial ini, Anda dapat menerapkan dua metode. Pertama adalah, seperti yang sudah saya katakan mengenai cara membuat URL login custom di WordPress. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode kedua yang akan saya tambahkan sebagai tips. Yaitu, Anda dapat menambahkan sedikit kode yang dapat Anda terapkan langsung ke file htaccess Anda.

Kalau Anda lebih memilih untuk mengubah URL login, Anda dapat menggunakan plugin WordPress yang akan membantu Anda melakukan itu. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat menyimak panduan saya sebagai praktik untuk menerapkannya diwebsite Anda.

Berikut adalah cara membuat URL Login Custom di WordPress, simak dengan baik mengenai langkahnya:

1. Pastikan Anda sudah login terlebih dahulu ke Dashboard wp admin Anda menggunakan username dan password yang biasanya.

2. Setelah Anda sudah login, silahkan pilih menu Plugins disebelah kiri Dashboar WordPress Anda dan klik Add New.

WPS HID Login WordPress
WPS HID Login WordPress

3. Ketikan keyword WPS Hide Login dihalaman pencarian untuk menemukan plugin ini. Kemudian install dan Activate supaya Anda dapat memulai konfigurasi.

4. Sekarang Anda dapat menuju kehalaman pengaturan pada plugin tersebut. Pilih Settings pada plugin WPS Hide Login, agar Anda dapat masuk kebagian Dashboard General Settings.

Settings Plugin WPS Hide Login

5. Selanjutnya, tentukan login URL Anda untuk mengubahnya. Anda dapat mengubah ujung URL sesuai keinginan Anda menggunakan kata-kata tertentu yang lebih unik. selain itu pada Redirection url, Anda dapat mengarahkan ulang URL ketika seseorang mencoba mengakses halaman wp-login.php dan direktori wp-admin saat tidak masuk.

Itulah beberapa tahap untuk membuat URL Login Custom di WordPress yang dapat Anda lakukan sebagai dukungan keamanan pada website. Selain dari langkah tersebut dan seperti yang sudah saya katakan, Anda juga dapat menggunakan metode yang menjadi tips tambahan saya yakni mengalihkan.

Mengalihkan URL login di WordPress kehalaman tertentu yang tidak dapat diakses pengguna.

1. Silahkan masuk ke cPanel Anda untuk memulai tahapan ini lalu akses File Manager.

2. Buka halaman Public_html lalu temukan file bernama .htaccess dari website Anda. Kalau belum ada file tersebut, silahkan Anda membuatnya.

3. Selanjutnya, tambahkan kode berikut kedalam file .htaccess.

# protect wpconfig.php
<files wp-config.php>
order allow,deny
deny from all
Allow from 123.456.1.168
</files>
<Limit GET POST PUT>
order allow,deny
allow from all
deny from 123.456.1.168
</LIMIT>
<Files wp-login.php>
order deny,allow
Deny from all
Allow from 123.456.1.168
</Files>

4. Jangan lupa simpan setelah menerapkan kode diatas lalu lihat hasilnya.

Catatan penting: Allow from 123.456.1.168, deny from 123.456.1.168, Allow from 123.456.1.168. Ganti angkanya dengan IP komputer yang Anda gunakan. Anda harus menghapus kode diatas dari file .htaccess setiap kali Anda ingin login ke WordPress Anda dan menerapkannya kembali setelah selesai login.

Jauh lebih mudah bukan? Sekarang Anda dapat menentukan sendiri tentang tahapan mana yang harus Anda lakukan untuk sekedar mengamankan WordPress Anda sendiri. Apakah Anda harus membuat URL Login Custom di WordPress atau menerapkan tips tambahan yang telah saya berikan. Mungkin masukan Anda dan pertanyaan Anda dapat menjadi inspirasi dan bagikan pengalaman Anda melalui komentar dibawah.

Simak juga: Tempat Download Template WordPress Premium Gratis

Itulah tutorial dari saya mengenai cara membuat URL Login custom di WordPress. Pastikan Anda dapat menerapkan ini untuk meningkatkan keamanan pada website Anda. Apalagi website Anda merupakan situs besar dan memiliki banyak pengguna.

Add Comment