Cara Cepat Memperbaiki Broken Link di WordPress

Broken link yang terjadi pada situs menjadi sebuah masalah besar bagi situs itu sendiri juga pada sang pemiliknya. Ini berlaku tidak hanya pada wordpress saja namun juga pada pengguna blogger. Bagaimana tidak, link yang mati pada situs atau error ketika diakses akan berdampak buruk bagi kesehatan sebuah situs.

Bukan hanya pada pengunjung saja tapi juga buruk bagi mesin pencari yang selalu merayapi situs Anda. Masalah broken link bisa menjadi hal utama yang menyebabkan menurunnya visitor dan juga mengurangi tingkat SEO pada situs. Ini harus segera Anda perbaiki supaya situs Anda tersebut bisa kembali sehat.

Sehat bukan berarti hanya pada kualitas konten saja yang Anda utamakan namun beberapa hal lainnya juga harus diperhatikan. Seperti yang pernah menjadi pengalaman kami dimana dampak dari link mati itu membuat situs kami mengalami penurunan visitor.

Itu terjadi secara drastis dan kami sendiri merasa kaget kenapa pengunjung bisa menurun. Begitu juga mengenai ranking situs yang mengalami penurunan pada mesin pencari dan pada saat itu membuat kami cukup bingung. Sebagai blogger yang masih belajar, kejadian ini tentunya menjadi sebuah tantangan dan kami perlu mencari solusinya.

Ternyata, ada cara yang paling mudah dan gratis untuk mengatasi masalah link yang mati pada sebuah situs. Hal ini menjadi suatu keberuntungan karena masih ada layanan yang memberikan kita bantuan tanpa harus mengeluarkan uang. Tapi, kalau kita sendiri harus melakukannya secara manual untuk mencari masalah broken link pada konten kita satu persatu maka akan memerlukan waktu.

Apa lagi konten disitus Anda cukup banyak dan Anda sendiri belum mengetahui mengenai mana tautan yang tidak dapat diakses atau mengalami error page. Ini dapat membuat pengunjung situs Anda menjadi malas untuk kembali dan bahkan mereka malah kapok. Biasanya yang menjadi penyebab adanya link mati atau tidak dapat diakses bisa dimulai dari kesalahan mengetik tautan.

Meskipun Anda sebelumnya sudah merasa benar maka kurangnya ketelitian bisa memicu adanya sebuah masalah diakhir. Namun, bukan hanya itu saja yang bisa dijadikan patokan karena penyebabnya juga bisa dibilang bermacam. Seperti halnya ada perubahan pada nama domain atau perubahan dipengaturan DNS.

Simak juga: SiteGround Hosting Terbaik Rekommended

Terkadang, masalah link mati juga bisa berada pada pengunjung yang meninggalkan komentar seperti ketika memasukkan alamat situs yang tidak aktif. Disamping itu, kinerja server yang buruk bisa juga menjadi penyebab situs Anda mengalami error 404 saat diakses. Memilih hosting dengan dukungan kinerja penuh dapat menjadi hal yang utama untuk hal ini.

Sekarang yang perlu menjadi perhatian penting Anda saat ini adalah segera mengatasi masalah broken link. Dan dari banyaknya solusi yang bisa dilakukan adalah menggunakan cara yang satu ini.

Berikut adalah mengenai cara memperbaiki masalah broken link atau link yang mati pada wordpress:

Langkah pertama, silahkan Anda kunjungi terlebih dahulu situs Brokenlink Check

Langkah kedua, sesudah situs tersebut terbuka maka ketikan saja alamat situs Anda seperti contohnya www.namadomain.com

Brokenlink Check

Langkah ketiga, kemudian Anda klik saja tombol Find broken links

Konfirmasi Code Broken Linck Check

Langkah keempat, selanjutnya Anda konfirmasi dengan mengetikan scurity code yang tersedia lalu klik Find broken links now!

Langkah kelima, silahkan Anda tunggu sementara Tool sedang mengidentifikasi mengenai tautan mana yang mati disitus Anda dan ini memerlukan waktu

Langkah keenam, jika sudah menunjuukan Complete berarti proses pengecekan link disitus Anda selesai

Langkah ketujuh, sekarang Anda bisa klik url dan akan terbukan ditab baru pada browser Anda

Brokenlink Check Situs Error Complete

Langkah kedelapan, sekarang Anda bisa memperbaiki mengenai link yang error pada situs Anda atau bisa menghapusnya saja kalau sudah tidak diperlukan

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah-langkah diatas, kami akan bantu Anda dengan tutorial berikut. Hal ini dapat menjadi pelengkap untuk bisa membuat Anda mengerti lebih jelas.

Simak juga artikel menarik lainnya:

Setelah Anda telah menyelesaikan semua masalah link error disitus Anda maka lanjutkan untuk fokus pada membuat konten yang bagus. Anggap saja masalah yang terjadi saat ini sebuah pelajaran baru dan usahakan untuk tidak terjadi lagi.

Namun, Anda dapat memeriksa itu tidak terjadi lagi meskipun hanya kesalahan error page saja. Selalu rutinlah untuk terus memeriksa setiap dua hari sekali atau seminggu sekali sehingga semua masalah bisa diatasi dan pengunjung situs Anda tetap nyaman.

Leave a Reply