Cara Menambahkan Tombol Subscribe Youtube di WordPress

Cara Menambahkan Tombol Subscribe Youtube di WordPress menjadi langkah yang sangat mudah untuk dilakukan. Itu kalau Anda memang sudah mengetahui caranya. Bagi Anda yang belum memahami langkah ini, Anda bisa belajar lebih lanjut dengan tutorial ini.

Mudah-mudahan tips ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari saluran Youtube yang Anda miliki. Meski Anda awam atau baru saja membuat saluran Youtube, Anda tidak harus menunggu lama untuk mencari banyak penonton.

Anda bisa menggunakan cara yang sederhana dan positif untuk dilakukan. Ketika Anda sudah benar-benar melakukan tindakan ini dengan baik, saya yakin lambat laun chanel Anda pasti ramai oleh pengunjung. Ingin sukses menjadi seorang youtuber mungkin menjadi impian Anda.

Namun meraih kesuksesan tersebut tidaklah semudah yang Anda pikirkan. Apalagi dalam waktu yang sangat singkat. Anda memerlukan perjuangan dengan selalu menyajikan konten-konten terbaik yang bermanfaat bagi pengguna.

Termasuk dalam mencari subscriber yang banyak. Ini menjadi syarat utama dalam membangun chanel yang sehat serta untuk jangka panjang. Disamping itu, Anda bisa mendapatkan peringkat terbaik karena bisa jadi konten Anda memang bagus.

Menambahkan tombol Subscribe Youtube di WordPress menjadi cara yang memang tidak dilarang. Asalkan, situs yang ingin Anda pasang widget telah disetujui atau memang situs yang ditautkan dengan chanel Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyematkan video Anda kedalam situs yang disetujui tersebut.

Simak: Cara Setting AMP For WP (Accelerated Mobile Pages)

Ketika situs Anda memang sudah resmi ditautkan, Anda juga bisa memasang tombol berlangganan. Tindakan ini bisa juga lebih cepat menarik pelanggan. Anda dapat menerapkan tips ini untuk membantu perkembangan chanel Anda dimasa depan.

Memiliki blog dengan niche yang sama dengan saluran youtube yang Anda buat bisa menjadi sarana untuk melengkapi. Pembaca bisa juga membaca konten Anda serta menonton tutorial jika mereka mau atau ingin lebih memahami isi posting.

Maka dari itu, Anda bisa menerapkan langkah ini untuk saling mengembangkan kreatifitas Anda secara online. Seiring waktu, keduanya bisa sukses dan Anda juga yang akan beruntung.

Sekarang untuk Anda yang tidak sabar ingin membuat atau menambahkan tombol Subscribe Youtube di WordPress, Anda bisa terus membaca tips ini. Karena melalui artikel ini, Anda akan belajar secara cerdas tentang cara penerapan kode widget.

Saya akan memberikan dua metode yang berbeda untuk melakukannya. Anda bisa memilih mana yang terbaik untuk diterapkan ke situs Anda sendiri.

Berikut Cara Menambahkan Tombol Subscribe Youtube di WordPress Metode Manual

1. Pertama, silahkan Anda kunjungi situs developers.google.com. Untuk mulai membuat dan mengatur widget, Anda akan dihadapkan dengan halaman baru seperti berikut.

Cara Menambahkan Tombol Subscribe Youtube di WordPress

Penjelasan:

  • Chanel Name or ID: Masukkan nama chanel Youtube Anda dikolom yang telah tersedia.
  • Layout: Anda dapat mengatur tata letak atau rancangan widget yang ingin Anda buat. Pilihannya, Anda dapat menentukan ‘Default’ atau ‘Full’.
  • Theme: Anda dapat mengubah tema widget dengan pilihan ‘Default’ atau ‘Dark’.
  • Subscriber count: Anda dapat mengatur jumlah pelanggan chanel Anda ingin ditampilkan atau tidak. Anda bisa memilih ‘Default shown’ atau ‘Hidden’.

2. Setelah Anda sudah menyesuaikan widget atau tombol Subscriber, silahkan salin kode seperti berikut.

<script src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script>

<div class="g-ytsubscribe" data-channel="Nama Chanel Anda" data-layout="default" data-count="default"></div>

3. Untuk menerapkan kode tersebut, silahkan mulai dengan login terlebih dulu ke area Dashboard WordPress Anda. Kemudian dibagian kiri, pilih Appearance > Widgets. Sebagai contohnya, saya akan menambahkan kode ini di sidebar. Tambahkan saja Text > Sidebar > Add Widget.

Menambahkan kode Widget

4. Tambahkan saja kode yang ada kedalamnya. Mengenai judul, itu opsional. Selanjutnya, klik Save untuk menyimpan perubahan yang Anda buat tersebut.

Anda sudah berhasil menggunakan metode pertama tentang cara menambahkan tombol Subscribe Youtube di WordPress. Sekarang, Anda bisa mengunjungi situs Anda untuk mengetahui apakah posisinya sudah tepat.

Sebenarnya, Anda bisa menerapkan kode tersebut dimana saja di situs Anda. Mau dibawah postingan berdampingan dengan tombol sosial sharing atau lebih umumnya di sidebar.

Untuk lebih jelasnya, Anda juga dapat menyimak tutorial yang telah ditambahkan berikut. Mungkin dengan ini, Anda bisa sangat memahami tentang bagaimana langkah ini dimulai.

Cara Menambahkan Tombol Subscribe Youtube di WordPress Metode Plugin

Cara lainnya untuk menambahkan tombol Subscribe di situs Anda adalah dengan menggunakan plugin khusus. Bagi Anda yang belum tahu tentang plugin mana, Anda bisa terus membaca postingan ini. Anda dapat memilih plugin yang tepat yang akan saya rekomendasikan.

Melalui metode ini, Anda akan menambahkan tombol Subscribe tepat dibawah video yang Anda sematkan di situs Anda. Langkah ini sangat baik untuk meningkatkan pelanggan Anda secara signifikan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai caranya, Anda bisa menyimak langkah berikut.

Langkah 1: Dari Dashboard WordPress Anda, silahkan pilih menu Plugins > Add New. Install dan Activate plugin YouTube Subscribe Bar.

Langkah 2: Setelah plugin ini aktif, Anda bisa memulai untuk mengatur widget. Ini penyesuaiannya tidak berbeda jauh dengan metode pertama dan mungkin penjelasannya seperti gambar berikut.

mengatur widget youtube subscribe bar

Langkah 3: Pada bagian Subscribe to chanel text, Anda bisa menambahkan teks ajakan kepada pengunjung situs Anda. Jika Anda sudah selesai mengatur widget Anda, jangan lupa klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Selamat! Anda telah menyelesaikan metode kedua tentang cara menambahkan tombol Subscribe Youtube. Selanjutnya Anda bisa mengecek situs Anda dan lihat pada bagian video yang Anda sematkan.

Plugin ini akan secara otomatis menerapkan widget tersebut dibawah setiap video oEmbed di situs Anda. Ini berarti, Anda cukup melakukan pengaturan sekali saja.

Demikian tutorial saya kemungkinan dapat membantu Anda semua. Jika artikel mengenai cara menambahkan tombol Subscribe Youtube di WordPress ini bermanfaat untuk Anda, jangan ragu untuk membagikannya.

Add Comment