Cara Mengaktifkan Kompresi GZIP di WordPress

Cara Mengaktifkan Kompresi GZIP di WordPress 100% work bisa melalui metode sederhana dan mudah untuk di kerjakan. Bagi Anda yang baru mengenal WordPress, Anda bisa belajar lebih lanjut. Tentunya dengan tutorial yang memang sangat tepat dan benar-benar dapat membantu Anda.

Cara Mengaktifkan Kompresi GZIP di WordPress

Meningkatkan kinerja loading situs web Anda merupakan hal yang perlu Anda lakukan. Terutama untuk mengejar peringkat terbaik di mesin pencari dan mengalahkan semua pesaing Anda secara sehat.

Ada hal yang harus Anda lakukan jika memang Anda menginginkan situs Anda selalu mendapatkan ranking terbaik. Situs web yang cepat diakses memungkinkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Termasuk mendatangkan lebih banyak penjualan dan konversi untuk bisnis online Anda.

Banyak sekali cara untuk mengoptimalkan kinerja situs Anda agar lebih optimal. Selain dengan mengaktifkan kompresi GZIP di WordPress, Anda juga bisa memulainya dengan menempatkan situs Anda di server terbaik.

Tentunya melalui layanan hosting yang mendukung fitur yang tepat. Dengan layanan hosting terbaik, situs Anda akan bekerja secara maksimal. Berbeda jika Anda menggunakan fasilitas hosting gratis, Anda tidak akan mendapatkan dukungan keceptan atau layanan penting lainnya.

Simak: Hosting Terbaik Untuk WordPress

Setelah Anda mengetahui bahwa layanan hosting juga sangat menentukan, Anda bisa memikirkannya dengan matang untuk mengambil keputusan. Sekarang Anda bisa segera berpindah hosting kalau layanan yang Anda pilih saat ini belumlah tepat. Jika Anda sudah menempatkan situs Anda di server yang benar-benar stabil, Anda bisa menambahkan alat lainnya.

Termasuk plugin untuk mengaktifkan kompresi GZIP di WordPress. Banyak sekali plugin gratis yang bisa Anda instal untuk segera mendapatkan fitur tersebut. Beberapa plugin akan saya coba rekomendasikan dan Anda bisa mengunduhnya sekarang juga.

Memungkinkan ini akan membantu Anda untuk mengoptimasi WordPress. Ini merupakan langkah penting selain dari Anda mengisi konten terbaik untuk semua pengguna. Jangan biarkan pengunjung menunggu loading lama ketika mereka membuka situs Anda.

Selain dari menggunakan plugin khusus, Anda juga bisa melakukannya melalui metode manual. Melalui postingan ini, saya akan memberikan Anda panduan tentang cara mengaktifkan kompresi GZIP di WordPress dengan beberapa metode. Pastinya langkah ini sangat mudah untuk Anda pahami.

Sebelum Anda menuju panduan, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai apa itu Kompresi GZIP?

Kompresi GZIP merupakan teknologi yang memampatkan file data sebelum dikirim ke browser. Teknologi ini membantu mengurangi waktu unduh file yang membuat situs web dapat diload lebih cepat.

Setelah data kompresi tiba, browser secara otomatis mengekstrak file yang dikompresi dan menampilkannya. Kompresi GZIP sendiri tidak mengubah tampilan dan fungsi situs web. GZIP sangat didukung oleh semua browser web modern yang populer, software server, dan layanan hosting terbaik.

Cara kerja teknologi kompresi GZIP ini menggunakan algoritme yang berfungsi pada file situs web seperti HTML, CSS, JavaScript, dan lainnya. Saat pengguna mengakses situs web, algoritme tersebut mengirimkan kembali hasilnya dalam format terkompresi.

Semua tergantung pada data situs web itu sendiri. Kompresi GZIP dapat mengurangi ukuran file hingga 70%. Inilah sebabnya mengapa alat pengujian situs web menyarankan untuk mengaktifkan kompresi GZIP.

Berikut Cara Mengaktifkan Kompresi GZIP di WordPress Menggunakan Plugin

WP Super Cache

WP Super Cache merupakan plugin gratis yang bisa memberikan Anda fitur untuk mengaktifkan kompresi GZIP di WordPress. Plugin satu ini adalah alat yang pertama saya rekomendasikan kepada Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung menuju menu plugin di Dashboard WordPress admin Anda.

WP Super Cache

Pertama jika sudah menemukan plugin ini, Anda harus menginstal dan mengaktifkannya. Setelah plugin tersebut aktif, Anda bisa langsung menuju pengaturan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak panduan kami tentang cara setting plugin WP Super Cache.

W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin populer yang juga memberikan fitur gratis untuk semua pengguna. Kalau Anda menginginkan layanan tambahan yang memang mendukung, ia juga menawarkan fitur terbaik melalui paket premium.

Disamping itu, plugin kedua yang saya rekomendasikan ini merupakan plugin cache hebat yang sudah banyak dipercaya oleh pengguna WordPress. Anda tidak perlu ragu meski menggunakan layanan free.

Untuk mulai menggunakan plugin ini, Anda bisa mengunduhnya langsung dari Dashboard WordPress Anda. Kemudian Anda bisa menginstal dan mengaktifkannya. Ketika plugin telah di aktivasi, Kompresi GZIP akan secara otomatis diaktifkan.

W3 Total Cache Kompresi GZIP

Cara Mengaktifkan Kompresi GZIP di WordPress Manual Melalui .htacces

1. Untuk memulai tindakan ini, Anda hanya cukup menerapkan kode berikut kedalam file .htacces.

<IfModule mod_deflate.c>
  # Compress HTML, CSS, JavaScript, Text, XML and fonts
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/vnd.ms-fontobject
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-opentype
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-otf
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-truetype
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-ttf
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
  AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
  AddOutputFilterByType DEFLATE font/opentype
  AddOutputFilterByType DEFLATE font/otf
  AddOutputFilterByType DEFLATE font/ttf
  AddOutputFilterByType DEFLATE image/svg+xml
  AddOutputFilterByType DEFLATE image/x-icon
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/javascript
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
  AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml

  # Remove browser bugs (only needed for really old browsers)
  BrowserMatch ^Mozilla/4 gzip-only-text/html
  BrowserMatch ^Mozilla/4\.0[678] no-gzip
  BrowserMatch \bMSIE !no-gzip !gzip-only-text/html
  Header append Vary User-Agent
</IfModule>

2. Selain dari kode diatas, Anda juga bisa menggunakan kode berikut untuk mulai mengaktifkan kompresi situ web Anda. Cukup salin kode berikut dan tambahkan ke dalam file .htacces dari cPanel Anda.


<ifModule mod_gzip.c>
mod_gzip_on Yes
mod_gzip_dechunk Yes
mod_gzip_item_include file .(html?|txt|css|js|php|pl)$
mod_gzip_item_include handler ^cgi-script$
mod_gzip_item_include mime ^text/.*
mod_gzip_item_include mime ^application/x-javascript.*
mod_gzip_item_exclude mime ^image/.*
mod_gzip_item_exclude rspheader ^Content-Encoding:.*gzip.*
</ifModule>

3. Setelah Anda menerapkan kode tersebut, jangan lupa klik Save untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

Cara Mengaktifkan Kompresi GZIP di Server web Aphace

Petunjuk dari kode di atas melalui file .htacces akan berfungsi di server web Apache. Jika kode itu tidak bekerja, ada cara lain yang mungkin bisa membantu Anda. Jika kode di atas memang tidak berfungsi, hapus dari file .htaccess Anda dan coba gunakan kode berikut sebagai gantinya.

Cukup tambahkan saja kode ini ke file .htacces Anda.

## ENABLE GZIP COMPRESSION ##
AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/analytics.js
## ENABLE GZIP COMPRESSION ##

Cara Mengaktifkan Kompresi GZIP di server web NGINX

1. Untuk mulai mengaktifkan kompresi pada server web NGINX, Anda cukup menambahkan kode berikut.

gzip on;
gzip_comp_level 2;
gzip_http_version 1.0;
gzip_proxied any;
gzip_min_length 1100;
gzip_buffers 16 8k;
gzip_types text/plain text/html text/css application/x-javascript text/xml application/xml application/xml+rss text/javascript;

# Disable for IE < 6 because there are some known problems
gzip_disable "MSIE [1-6].(?!.*SV1)";

# Add a vary header for downstream proxies to avoid sending cached gzipped files to IE6
gzip_vary on;

2. Klik Save untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda buat.

Selamat! Sekarang Anda sudah berhasil mengoptimalkan kinerja situs WordPress Anda dengan metode mudah yang telah saya jelaskan. Sebagai langkah untuk menguji situs web Anda apakah sudah terkompresi dengan benar, Anda bisa langsung menuju situs Gzip compression test.

Cukup ketikkan saja URL situs Anda lalu klik Test. Anda akan melihat hasil dari pekerjaan Anda. Mungkin contohnya seperti berikut.

gzip compression test

Demikian tutorial yang dapat saya bagikan melalui halaman ini. Semoga Anda bisa memahaminya dengan baik dan melakukannya dengan benar. Cara mengaktifkan kompresi Gzip di WordPress memang bukanlah hal yang sangat sulit.

Ini karena Anda sudah membuktikannya sendiri. Jika tips ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa share untuk teman-teman kita lainnya. Ini agar mereka juga mendapatkan panduan yang mungkin saat ini belum mereka ketahui.

Add Comment