Cara Menghapus Shortcode di WordPress

Cara menghapus Shortcode di WordPress sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kalau Anda sudah mengetahui caranya, tentunya langkah ini dapat Anda lakukan dengan cepat. Namun untuk Anda yang belum memahami tentang tahapan ini, postingan ini akan membantu Anda lebih jelas.

Shortcode di WordPress memang memiliki peranan yang mendukung bagi pengguna yang ingin menghemat waktu. Terutama dalam mengembangkan blog mereka agar terlihat lebih cantik. Dengan adanya Shortcode, pengguna WordPress tidak akan merasa kesulitan menambahkan sesuatu disitus mereka tanpa harus meng-coding dari awal.

Peran utama dari Shortcode bisa dibilang penting dan juga bisa dikatakan tidak. Bagi yang tidak menyukai penambahan ini di WordPress mereka, tentunya tidak akan menjadi berguna. Fitur Shortcode di WordPress merupakan kode-kode pendek yang dapat dimanfaatkan untuk mengubah format sebuah konten. Fungsinya tidak berbeda jauh dengan yang namanya kode HTML maupun Embed.

Untuk Anda yang menyukai kemudahan dalam melengkapi konten yang Anda buat, Shortcode memang dapat membantu Anda. Namun, ketahui juga mengenai penggunaannya. Sekarang, mungkin Anda dapat menambahkan Shortcode sebanyak yang Anda mau. Akan tetapi, penggunaan tersebut bisa saja menjadi masalah dimasa depan.

Bisa juga malah menjadi sampah sebagai tumpukan Shortcode yang membuat situs WordPress Anda menjadi tidak ramah. Untuk mengatasi itu kalau Anda memang tidak tahu, Anda mungkin akan menghapus kode tersebut satu persatu melalui editing postingan yang sudah Anda buat.

Simak: Plugin Live Chat Terbaik WordPress Gratis

Kalau Anda merasa itu akan menjadi kesalahan untuk blog kesayangan Anda, tindakan yang tepat bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan itu. Misalnya, kalau Anda menggunakan Shortcode melalui theme WordPress atau plugin, jika Anda berhenti menggunakannya maka akan menjadi tumpukan sampah. Situs Anda akan dipenuhi dengan tumpukan kode yang tidak pernah diterjemahkan menjadi dukungan apapun.

Oleh sebab itu, Anda perlu untuk memulai tindakan dengan cara menghapus Shortcode yang sekarang aktif disitus. Anda bisa memulai untuk mencuci kembali situs Anda sebagai salah satu solusi untuk perbaikan. Bagi Anda semua yang ingin mengetahui caranya, saya akan memberikan panduannya kepada Anda.

1. Cara Menghapus Shortcode di WordPress dari Dashboard

1. Pertama, silahkan Anda login terlebih dahulu ke Dashboard WordPress Anda.

2. Setelah masuk, Anda bisa menuju pada pilihan Appearance > Theme Editor.

Theme Editor

3. Selanjutnya, temukan file functions.php pada theme yang Anda gunakan. Tambahkan kode berikut didalamnya dibagian bawah sebelum penutup ?>.

add_filter('the_content', 'mte_remove_unused_shortcode');
function mte_remove_unused_shortcode($content)
{ $pattern = mte_get_unused_shortcode_regex();
$content = preg_replace_callback( '/'. $pattern .'/s', 'strip_shortcode_tag', $content );
return $content; 
}
 
function mte_get_unused_shortcode_regex() {
 global $shortcode_tags;
$tagnames = array_keys($shortcode_tags);
$tagregexp = join( '|', array_map('preg_quote', $tagnames) );
$regex = '\[(\[?)';
$regex .= "(?!$tagregexp)";
$regex .= '\b([^\]\/]*(?:\/(?!\])[^\]\/]*)*?)(?:(\/)\]|\](?:([^\[]*+(?:\[(?!\/\2\])[^\[]*+)*+)\[\/\2\])?)(\]?)';
return $regex; 
}

4. Jika kode diatas sudah Anda tambahkan, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

Anda sudah berhasil menyelesaikan tahapan diatas mengenai cara menghapus Shortcode di WordPress. Selain dari tahapan tersebut, Anda juga dapat memilih metode lain yaitu langsung dari cPanel.

Tindakan yang satu ini jauh lebih aman dibandingkan dengan cara pertama yang sudah saya jelaskan. Mengedit dan menambahkan kode melalui dukungan cPanel sangatlah aman untuk dilakukan. Bagi Anda yang ingin mengetahui langkahnya, Anda bisa terus membaca tips dari saya.

2. Cara Menghapus Shortcode di WordPress dari cPanel

1. Pastikan Anda sudah login ke akun cPanel Anda dari perangkat komputer.

2. Kemudian, gulir kebawah dan buka File Manager dari cPanel Anda tersebut hingga ada halaman baru.

Buka File Manager cPanel

3. Selanjutnya, Anda dapat memilih Public_html > wp-content > themes. Dari theme WordPress yang Anda gunakan, carilah file bernama functions.php seperti berikut.

File functions.php

4. Silahkan Anda klik Edit dan tambahkan kode yang sama diatas kedalamnya. Klik Save untuk menyimpan perubahan Anda.

Sebagai bagian penting untuk tambahan dalam memahami semua langkah diatas, Anda bisa juga mengikuti tutorial kami dari video.

Anda telah berhasil mengikuti langkah kedua saya tentang cara menghapus Shortcode di WordPress. Jadikan ini sebagai langkah yang tepat untuk sekarang ini kalau Anda tidak menginginkan semua Shortcode yang telah Anda buat terlihat menumpuk.

Karena Anda mungkin tidak menggunakannya sehingga terlihat tanpa adanya terjemahan apa-apa dan hanya tampilan kode saja. Itu akan membuat konten Anda terasa tidak rapih dan terlihat kurang bagus. Maka dari itu, kedua cara yang telah saya jelaskan ini dapat menjadi solusi untuk Anda.

Demikianlah tips dari saya mengenai cara menghapus Shortcode di WordPress yang dapat saya bahas pada kesempatan ini. Mudah-mudahan bisa Anda pahami dengan baik dan dapat membantu menyelesaikan masalah Anda.

Add Comment