Cara Mengubah Email Admin WordPress

Cara mengubah Email Admin WordPress dapat dilakukan dengan mudah namun tidak semua orang memahami tentang langkah ini. Bagi Anda yang baru menggunakan WordPress, tentunya memang tidak mengerti tentang semua hal penting yang ada pada CMS ini. Apa lagi Anda baru saja membuat situs Anda dari layanan hosting yang Anda sewa.

Perhatikan juga bagi Anda yang baru saja membeli layanan hosting. Jangan sampai Anda salah memilih layanan hosting yang tidak baik. Pastikan kembali mengenai fitur yang mereka tawarkan beserta dukungan yang akan membantu Anda kapan saja.

Kalau Anda merasa bahwa Anda hari ini sudah salah mencantumkan email di WordPress, jangan ragu bahwa ini tidak dapat diselesaikan. Secara default, WordPress memang akan menggunakan alamat email pertama yang Anda cantumkan sebagai email admin. Tahukah Anda bahwa email tersebut juga akan menjadi alamat email dari akun pertama Anda.

Melalui postingan ini, Anda dapat menemukan panduan tentang cara mengubah email admin WordPress dengan beberapa metode. Ya, saya akan membantu Anda secara sederhana dan tentu tutorial saya akan mudah untuk dipahami.

Jika Anda ketahui, email pertama yang Anda jadikan sebagai email admin akan berperan penuh dalam menerima semua notifikasi. Termasuk yang sering didapati adalah notifikasi komentar yang masuk. Selain itu, alamat email admin tersebut juga akan digunakan sebagai pemulihan kata sandi atau password dan pemberitahuan tentang akun mereka yang sedang aktif.

Simak: Cara Membuat URL Login Custom di WordPress

Sebagian besar, pengguna akan mencoba beralih untuk menggunakan email bisnis atau email yang lebih baik dari sebelumnya. Kadang pengguna sendiri juga mulai berpikir jauh tentang email gratis yang mereka miliki dan sudah aktif di WordPress. Masalahnya bukan karena tidak baik. Tentunya Anda pernah berpikir yang sama mengenai email administrator.

Seandainya Anda berpikir harus mengubah email Anda tersebut. Itu bisa saja Anda lakukan sendiri. Namun, jangan sampai Anda tidak memikirkan hal penting yang harus Anda ketahui sebelum mengganti alamat email. Pastikan untuk membuat cadangan atau backup WordPress Anda sebagai antisipasi terjadinya kesalahan.

Cara mengubah Email Admin WordPress dapat Anda mulai dengan menemukan panduan yang sangat tepat dan memang bisa membantu Anda. Apa lagi ini mengenai kebaikan situs Anda sendiri untuk kedepannya. Jika Anda tetap ragu dengan email yang telah Anda gunakan sebelumnya, alangkah baiknya untuk segera diganti yang baru yang tentu lebih profesional.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengubah email, Anda dapat menyimak semua panduan saya dengan teliti. Cara ini sudah saya praktekkan sendiri dan hasilnya juga membuat saya bangga. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui langsung mengenai metodenya.

Berikut Cara Mengubah Email Admin WordPress Dengan Metode Pertama

1. Silahkan login terlebih dahulu ke Dashboard WordPress Anda menggunakan Username dan Password yang Anda miliki.

2. Setelah Anda berhasil login, langsung saja buka menu Settings (Pengaturan) > General (Umum). Temukan kolom daftar email yang ada dilayar seperti berikut. Rubah saja email itu dengan email yang Anda miliki lainnya.

Cara mengubah Email Admin WordPress

3. Kalau Anda sudah mengubah email tersebut dengan alamat email yang telah Anda tentukan, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda buat tersebut.

4. Selanjutnya jika Anda memiliki rencana ingin mengubah email pengguna dari admin, Anda perlu masuk ke halaman Users atau All Users.

halaman Users atau All Users

Simak: Cara Mengubah Password WordPress (WP-Admin)

5. Anda bisa memilih tautan Edit hingga terbuka halaman baru seperti berikut. Anda cukup menggulir saja kebawah ke kolom email yang sudah tersedia dan Anda tinggal mengubah email tersebut sesuai keinginan Anda.

Mengubah Email Admin

6. Jangan lupa Update Profile untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda buat. Perlu juga Anda ketahui bahwa, Anda juga harus mengkonfirmasi tautan yang dikirim ke email yang baru Anda ubah. Biasanya WordPress akan mengirimkan notifikasi dan Anda bisa cek kotak masuk lalu verifikasi.

Cara Mengubah Email Admin WordPress Dengan Metode Kedua

Melalui metode yang kedua ini, saya akan membantu Anda untuk mengubah email admin WordPress langsung dari phpMyAdmin. Anda bisa menggunakan metode ini ketika dalam kondisi darurat. Yaitu disaat Anda memang tidak bisa masuk ke Dashboard WordPress Anda sendiri. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat mengikuti langkah berikut.

1. Anda harus bisa login ke akun cPanel dari hosting terbaik Anda menggunakan Username dan kata sandi yang telah Anda miliki sebelumnya. Jika sudah login, gulir kebawah ke bagian Databases WordPress untuk menemukan phpMyAdmin.

Database WordPress

2. Klik saja phpMyAdmin hingga terbuka halaman baru. Kemudian, cari saja tabel_options. Anda akan melihat baris data seperti berikut ditabel Anda. Temukan baris Admin email lalu klik Edit (Ubah).

Tabel Admin email

3. Dijendela baru yang terbuka, Anda dapat segera mengubah Admin Email dengan email yang sudah Anda sediakan sebagai gantinya. Klik Go atau Kirim untuk menyimpannya.

4. Sekarang mungkin Anda juga ingin mengubah email admin untuk akun pengguna. Untuk memulai tindakan ini, silahkan klik tabel Users. Temukan baris pengguna lalu klik Edit. Anda dapat mengubah email baru dibidang ‘users_email’ dengan email baru Anda. Jangan lupa klik Kirim atau Go untuk menyimpan perubahan Anda.

Lebih jelasnya mengenai semua tahapan ini, Anda bisa juga menyimak tutorial berikut. Ini agar Anda lebih memahami atas semua yang telah diterangkan.

Anda sudah berhasil menyelesaikan semua langkah diatas dengan sangat baik mengenai cara mengubah Email. Jika memang diperlukan verifikasi email baru, Anda dapat mengecek tautan yang dikirim ke email Anda tersebut.

Demikianlah tutorial saya hari ini untuk Anda semua yang belum memahami tentang cara mengubah Email Admin WordPress. Semoga bisa memberikan solusi bagi Anda semua.

Add Comment