Cara Mengubah Password WordPress (WP-Admin)

Cara mengubah password WordPress (WP-Admin) jika Anda hari ini merasa lupa password pada website Anda, itu sangat mudah untuk diatasi. Keberadaan password memang sangat penting dalam sebuah website dan itu dapat menjadi keamanan utama yang harus diprioritaskan. Namun, ada kalanya Anda sebagai admin website mendapatkan masalah karena lupa dengan password sendiri.

Tentu kejadian itu membuat Anda bingung karena sulit untuk login ke WordPress Anda. Kalau Anda baru menggunakan WordPress, hal ini dapat menjadi pelajaran penting bagi Anda sendiri dan kedepannya. Namun, Anda tidak harus panik secara berlebihan mengenai masalah tersebut karena itu masih bisa diselesaikan.

Pada postingan ini, saya akan mencoba berbagi tips kepada Anda mengenai cara mengubah password WordPress admin dalam beberapa menit saja. Mereset kata sandi pada website Anda dari waktu ke waktu juga dapat menjadi langkah terbaik untuk menjaga situs web Anda aman.

Terlebih kalau ada hal yang sangat mencurigakan dan ingin mencoba mencuri akun Anda. Ini sebenarnya bisa terjadi atau tidaknya tergantung dari Anda sebagai admin. Kalau Anda memang cukup pintar dalam menjaga keamanan WordPress Anda, pastinya akan jauh dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Begitu juga kalau Anda mampu menjaga kerahasiaan password admin Anda dan mengubahnya sesering mungkin. Semua kekhawatiran Anda akan hilang dengan sendirinya. Sekarang Anda wajib mengetahui tentang cara mengubah password WordPress dengan beberapa teknik sederhana. Sehingga siapa pun Anda, cara ini dapat Anda pahami dengan sangat baik dan mudah.

Simak: Cara Membuat URL Login Custom di WordPress

Ada hal yang perlu Anda perhatikan ketika sudah selesai mengubah password WordPress. Jangan lupa untuk menyimpan catatan akun Anda dengan baik. Ini memungkinkan akun Anda terasa aman dan tidak akan menjadi masalah bagi Anda apalagi lupa. Memang bukan suatu alasan yang jarang terjadi jika pengguna mendapatkan masalah ini. Akan tetapi, semua pengguna juga tidak mau mengalaminya.

Sekarang bukan waktunya Anda untuk mengulur masalah itu tanpa adanya tindakan. Sudah seharusnya Anda bisa mengikuti panduan saya mengenai cara mengubah password WordPress dengan dua metode yang berbeda. Anda dapat memilih diantaranya yang menurut Anda sesuai untuk dijadikan solusi.

Ini adalah alasan yang patut Anda jadikan pengalaman sebagai admin. Selain pengalaman berharga, Anda juga dapat menjadikan tahapan ini sebagai proses keamanan situs web Anda.

Cara Mengubah Password WordPress (WP-Admin), Simak Dengan Baik Tahapannya Agar Anda paham

1. Mengubah Password WordPress dari Layar Login

Melalui tahapan ini, Anda akan belajar mengenai cara mereset password admin Anda dari halaman yang biasa Anda jadikan login. Tentunya ini tidak asing bagi Anda sendiri sebagai pengguna WordPress. Ternyata, layar login ini juga dapat membantu Anda ketika memiliki masalah lupa kata sandi. Sekarang Anda bisa mencoba menggunakan metode ini sebagai solusi Anda.

Langkah pertama: Silahkan akses halaman login WordPress Anda yang biasa Anda gunakan. Mungkin tampilan biasanya adalah seperti berikut contohnya.

Cara Mengubah Password WordPress

Langkah kedua: Setelah halaman login sudah terbuka di browser Anda, klik saja pilihan Lost Your Password. Masukkan Email atau ID pengguna dikolom yang tersedia lalu klik Get New Password.

Get New Password WordPress

Langkah ketiga: Segera cek email karena Anda akan menerima pesan dengan instruksi tentang cara mengatur ulang kata sandi Anda. Klik tautan yang ada dikotak masuk dari email Anda tersebut hingga terbuka halaman baru.

Langkah keempat: Silahkan ketikkan password baru Anda yang sudah disiapkan dikolom yang tersedia. Usahakan menggunakan password panjang dicampur dengan angka maupun karakter huruf yang sekiranya unik dan sulit untuk ditebak. Itu supaya aman untuk Anda dan situs web Anda dari orang jahil.

Langkah kelima: Setelah password sudah Anda ketikkan dikolom, konfirmasi perubahan dengan klik Reset Password. Ketika berhasil maka Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi seperti ‘Your password has been reset’.

2. Cara Mengubah Password WordPress dari cPanel (phpMyAdmin)

Melalui metode ini, Anda dapat memahami tentang cara mengubah password WordPress langsung dari cPanel. Langkah ini juga merupakan solusi yang dapat Anda pilih jika memang lupa dengan kata sandi. Kalau Anda merasa kesulitan dengan cara pertama diatas, Anda dapat menggunakan metode yang satu ini. Untuk mengetahui langkahnya, pastikan Anda bisa lebih teliti agar tidak gagal paham.

Langkah 1: Silahkan login ke cPanel Anda terlebih dahulu. Sesudah login, cari saja barisan Databases dari cPanel Anda tersebut.

Databases

Langkah 2: Pada Databases, klik phpMyAdmin hingga terbuka halaman baru. Dari halaman tersebut, Anda akan melihat barisan basis data dari situs WordPress Anda. Jika Anda memiliki beberapa situs WordPress yang terinstal, pastinya nama databasenya akan berbeda-beda. Pastikan Anda dapat memilih mengenai databases dari situs yang Anda gunakan sekarang.

phpMyAdmin

Catatan: Jika Anda hanya memiliki satu situs yang dihosting, Anda juga akan memiliki satu barisan Databases di phpMyAdmin Anda. Pastinya Anda paham mengenai ini. Jika diperlukan sebelum Anda mereset kata sandi, Backup Databases WordPress Anda terlebih dahulu agar aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Langkah 3: Selanjutnya, klik saja Dropdown disebelah kiri dari tabel database Anda. Dengan begitu, Anda akan melihat semua tabel yang tersedia.

Tabel Database

Langkah 4: Dari barisan opsi yang ada, silahkan cari tabel yang bernama wp_users. Mungkin setiap nama tabel akan berbeda-beda dan Anda cari saja yang sekiranya mirip dengan yang sudah saya sebutkan.

Tabel WP Users

Langkah 5: Klik saja tabel wpil_users tersebut dan Anda akan melihat daftar pengguna dari situs WordPress Anda. Kalau situs Anda hanya memiliki satu pengguna, maka daftar yang ada juga akan satu pengguna. Mungkin sebagai contohnya adalah sebagai berikut supaya Anda paham.

Langkah 6: Sekarang klik Edit pada bagian baris kiri untuk pengguna yang ingin Anda ubah passwordnya. Dilayar baru, Anda akan melihat lagi beberapa opsi yang tersedia. Silahkan Anda pilih pada baris “user_pass”. Pada tab Function, pilih saja “MD5” lalu masukkan password baru Anda yang telah Anda siapkan.

Langkah 7: Untuk mengkonfirmasi perubahan dari password baru Anda, klik kirim atau Go. Perhatikan juga bahwa Anda sudah menyimpan password Anda tersebut dengan baik dikomputer.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menyimak tutorial berikut. Ini agar Anda dapat memahami dengan baik tentang semua langkah diatas.

Anda telah berhasil menyelesaikan langkah diatas yaitu cara mengubah password WordPress dengan dua metode yang berbeda. Untuk melihat hasilnya, Anda dapat membuka halaman login wp admin Anda. Kemudian, Anda login dengan username dan password baru Anda tersebut.

Itulah panduan dari saya pada kesempatan ini mengenai cara mengubah password WordPress (WP-Admin). Semoga bisa menjadi tips yang dapat membantu menyelesaikan masalah Anda. Lakukan cara yang sama untuk setiap kali Anda memerlukannya. Itu dapat Anda jadikan solusi yang tepat untuk menjaga keamanan akun Anda. Terlebih jika dilakukan secara rutin atau sebulan sekali.

Add Comment