Cara Menonaktifkan Editor Theme dan Plugin di WordPress

Cara menonaktifkan editor Theme dan Plugin di WordPress merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan keamanan situs web Anda. Fitur file editor yang ada di Dashboard WordPress Anda bisa saja memberikan kemudahan dan bisa juga memberikan dampak yang tidak baik. Terutama dalam menjaga perubahan file yang dapat menimbulkan resiko tinggi bagi situs Anda sendiri.

Cara Menonaktifkan Editor Theme dan Plugin di WordPress

Belum lagi, Anda tidak mengetahui adanya seseorang yang secara tidak sengaja membuat kacau melalui bagian editor. Mungkin mengubah koding theme atau plugin tanpa sepengetahuan Anda sebagai pemilik website. Itu bisa menjadi kesalahan yang sangat besar kalau memang harus Anda alami. Maka dari itu, menonaktifkan editor Theme dan Plugin di WordPress dapat menjadi alasan yang tepat untuk sekarang ini.

Disamping itu, akan lebih nyaman mengedit file theme atau plugin Anda melalui cPanel. Selain aman, kalaupun terjadi error pada situs Anda sendiri, Anda tidak akan merasa sulit untuk mengembalikannya. Terkadang kalau kita menggunakan file editor dari dashboard WordPress, dan jika ada kesalahan saat mengedit, kita tetap harus memperbaikinya melalui cPanel.

Kenapa kita tidak berpikir bahwa sangat mudah untuk menggunakan cPanel dalam keperluan mengedit theme atau plugin pada situs kita. Seperti yang pernah saya alami sebelumnya, saya masih saja menggunakan file editor yang semulannya dari Dasboard. Memang cukup sulit kalau adanya kesalahan saat mengedit dalam menambahkan koding dan bahkan ingin menghapus koding tersebut.

Setelah saya pikir, mengedit file melalui cPanel langsung lebih efisien dan lebih cepat pengerjaannya. Maka dari itu, saya lebih memilih untuk menonaktifkan editor theme dan plugin di WordPress agar bisa lebih aman. Buat Anda yang sekarang masih belum mengetahui dan memiliki rencana seperti saya, tutorial saya kali ini mungkin dapat membantu.

Simak: Mengamankan WordPress Menggunakan Limit Login Attempts Reloaded

Mungkin Anda juga memiliki pertanyaan mengenai mengapa kita harus menonaktifkan editor theme dan plugin di WordPress? Sebenarnya tujuan dari tindakan ini adalah sebagai tingkat keamanan saja. Jika ada seorang hacker mendapatkan celah untuk mengakses dashboard WordPress Anda, ia dapat mengedit file Anda dengan mudah seperti yang mereka inginkan. Tentunya itu akan menjadi masalah yang mahal dan memakan waktu lama untuk dapat memperbaikinya.

Namun jika Anda belum terbiasa melakukan apapun untuk mengedit file melalui cPanel, mungkin akan merasa kesulitan. Tetapi kalau Anda sudah terbiasa, itu akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Sekarang waktunya Anda beralih kepilihan yang terbaik dan disarankan demi keamanan.

Melalui postingan ini, saya akan memberikan panduan tentang dua metode dan sangat sederhana mengenai cara menonaktifkan editor theme dan plugin di WordPress. Tentunya akan sangat mudah bagi Anda dalam memahaminya. Perhatikan semua tahapan yang saya berikan agar Anda sukses melakukannya dan tidak gagal paham.

Pastikan Anda memiliki akses ke cPanel dari hosting yang Anda sewa. Biasanya kalau kita menyewa layanan hosting terbaik, kita mendapatkan fasilitas tersebut untuk keperluan situs web dan lainnya. Oleh sebab itu, ini penting bagi Anda untuk bisa memulai tindakan ini.

1. Cara Menonaktifkan Editor Theme dan Plugin di WordPress Melalui cPanel

Melalui tahapan ini, Anda akan memperbarui file wp_config.php dari WordPress Anda yang ada di cPanel. Tindakan ini lebih mudah dilakukan dari pada cara lainnya.

1. Pertama, silahkan login ke akun cPanel Anda terlebih dahulu supaya langkah ini dapat kita lanjutkan.

2. Navigasikan kebawah lalu buka File Manager dari cPanel Anda dan akan terbuka halaman direktori baru dilayar komputer Anda.

Buka File Manager cPanel

3. Setelah terbuka, carilah file wp_config.php seperti berikut contohnya. Jika sudah ketemu, klik Download untuk menyimpannya dikomputer Anda. Ini akan dijadikan file cadangan ketika nantinya Anda mengedit file. Selain itu, ini juga bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan terjadi sehingga akan sangat aman.

Download file wp_config.php

4. Berikutnya, pilih tab Edit pada file wp_config.php tersebut sehingga terbuka halaman baru. Gulir dan tambahkan saja koding berikut dibaris paling bawah dari beberapa kode yang ada.

/** Disable File Editor */
define( 'DISALLOW_FILE_EDIT', true );

5. Klik Save untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

Anda sudah berhasil menyelesaikan tahapan diatas dengan sangat baik sesuai dengan prosedur yang ada. Sekarang, Anda dapat kembali ke panel Admin WordPress lalu login. Coba cek pada bagian Appearance dan pastikan kedua editor telah sukses dinonaktifkan atau sudah tidak ada lagi.

Selain dari tahapan ini, saya juga akan menambahkan keamanan lebih lanjut yang bisa Anda terapkan. Ini akan berguna untuk mencegah orang lain dalam memodifikasi file apa saja yang ada di WordPress Anda. Terutama mencegah seseorang dari rencana mereka untuk meng-upload theme WordPress baru dan bahkan menghapus plugin.

Untuk memulai pekerjaan dalam mengamankan WordPress Anda dari kedua hal tersebut. Anda cukup menambahkan kode berikut pada file wp_config.php seperti langkah yang sudah dijelaskan diatas.

/** Disable File Modifications */
define('DISALLOW_FILE_MODS',true);

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan Anda jika sudah melakukannya. Kode tersebut akan berguna untuk mengurangi resiko kerusakan pada situs web Anda dari orang-orang yang memiliki niat tidak baik seperti halnya hacker. Jangan biarkan celah sekecil apapun membuat situs WordPress Anda menjadi tidak aman karena mudah diakses orang lain selain dari Anda sendiri.

2. Cara Menonaktifkan Editor Theme dan Plugin di WordPress Menggunakan Plugin

Melalui langkah kedua ini, Anda akan menggunakan bantuan sebuah plugin. Sebenarnya caranya cukup simple karena hanya mengandalkan alat saja dan itu bisa Anda dapatkan dengan mudah dari dashboard WordPress Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai langkahnya, Anda dapat mengikuti tutorial saya berikut.

1. Pertama, silahkan login ke akun WordPress Anda terlebih dahulu agar Anda bisa memulainya.

2. Pada sisi kiri dashboard WordPress Anda pilih saja Plugins. Klik Add New dan ketikan keywoard iThemes Security dimenu pencarian sebelah kanan.

Plugin iThemes Security

3.Setelah plugin ketemu, klik Install Now dan Activate. Jika plugin sudah benar-benar aktif, pilih saja menu Scurity lalu Settings.

4. Diantara beberapa opsi yang tersedia, pilih WordPress Tweaks lalu checklist pada bagian Disable Theme Editor. Simpan perubahan dari pengaturan yang Anda buat tersebut.

Anda juga dapat mengikuti semua panduan saya diatas dengan video berikut yang sudah saya tambahkan.

Anda telah berhasil dengan langkah kedua yang sudah saya jelaskan dengan sederhana. Sekarang, Anda dapat merefresh browser Anda dan cek menu Appearance.

Kesimpulannya, meningkatkan keamanan pada situs WordPress bisa menggunakan banyak cara termasuk dengan dua metode yang sudah saya jelaskan diatas. Semoga postingan saya tentang cara menonaktifkan editor Theme dan Plugin di WordPress ini, bisa memberikan Anda solusi terbaik bagi Anda semua.

Add Comment