Cara Menonaktifkan Featured Image di AMP

Cara menonaktifkan Featured Image di AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk WordPress dapat dilakukan dengan sangat mudah. Bagi Anda yang baru dan belum memahaminya, Anda dapat mengikuti panduan ini lebih lanjut. Anda bisa melakukannya sendiri melalui cPanel hosting atau Dashboard WordPress Anda dan itu tidak membutuhkan waktu yang lama.

Menjadikan halaman AMP situs kita memang memiliki banyak keuntungan. Kecepatan loading bisa terlihat sekejap mata ketika pengguna membuka situs kita melalui mobile atau smartphone.

Maka dari itu, tunggu apalagi untuk Anda tidak segera mengaktifkan plugin ini. AMP adalah salah satu prioritas yang dapat Anda tambahkan sebagai langkah untuk mengoptimasi kinerja WordPress Anda secara gratis. Meski ia juga memiliki kekurangan, namun kelebihannya bisa Anda manfaatkan.

Kalau Anda memang baru memasang plugin AMP versi Project di WordPress, tentunya tidak akan menemukan fitur untuk menghilangkan gambar unggulan dari halaman posting.

Namun, Anda tidak perlu ragu mengenai hal itu. Untuk mengatasi itu, kita dapat melakukannya dengan metode manual. Cara menonaktifkan featured image di AMP mungkin menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Kalau Anda menggunakan plugin AMP versi Ahmed Kaludi, kemungkinan Anda akan mendapatkan banyak fitur.

Simak: Inilah Plugin E-commerce Terbaik Untuk WordPress

Berbeda dengan plugin AMP Project yang sekarang Anda gunakan. Plugin ini menawarkan fitur yang sangat sederhana dan itu membuat kita lebih efektif untuk melakukan konfigurasi. Jujur saja, saya lebih memilih untuk menggunakan AMP versi project dibandingkan yang lain.

Namun dari beberapa orang yang menggunakan plugin ini, sebagian ada yang menjadikan featured image yang muncul dipostingan mereka sebagai biasa saja. Ada juga yang tidak menginginkannya terlihat karena keberadaanya persis dibawah judul.

Ketika situs kita benar-benar didukung dengan halaman AMP (Accelerated Mobile Pages), bukan berarti kita tidak bisa melakukan perubahan tampilan. Tapi tidak semua harus kita ubah dan mungkin hanya seperlunya saja. Seperti halnya tentang cara menonaktifkan featured image di AMP.

Mungkin karena pengaturan yang dimiliki oleh AMP Project ini cukup sederhana. Anda berpikir bahwa sangat sulit untuk menghilangkan featured image yang muncul di setiap posting. Sebenarnya, ini sangat mudah untuk dilakukan. Itu kalau Anda memang sudah mengetahui caranya. Dibalik kesulitan Anda, tentunya akan Anda temukan sebuah kemudahan.

Melalui postingan ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang AMP. Mungkin dengan tips ini, Anda bisa menemukan langkah tentang cara menonaktifkan featured image di AMP. Anda hanya memerlukan sedikit kode untuk diterapkan dan itu bisa Anda mulai sekarang.

Berikut Cara Menonaktifkan Featured Image di AMP untuk WordPress dari cPanel

1. Silahkan Anda mulai dengan login terlebih dahulu ke cPanel hosting Anda. Setelah sudah masuk, Anda klik saja File Manager sehingga terbuka jendela baru di browser Anda.

2. Kemudian, Anda pilih Public_html > Wp-content > Themes wordpress yang Anda gunakan seperti berikut.

Public_html

3. Dari theme yang Anda gunakan tersebut, cari file bernama Funtions.php lalu pilih edit. Silahkan gulir kebagian paling bawah dan tambahkan kode berikut.

add_filter( 'amp_post_template_data', 'xyz_amp_remove_featured_image' );

function xyz_amp_remove_featured_image( $data ) {
    $data['featured_image'] = false;
    return $data;
}

4. Selanjutnya, simpan perubahan yang Anda buat ketika kode sudah diterapkan.

Selain melalui cPanel, Anda juga dapat melakukannya dari Dashboard WordPress Anda. Ini akan lebih mudah kalau file editor di theme Anda memang masih aktif.

Cara Menonaktifkan Featured Image di AMP melalui Dashboard WordPress

Pertama, pastikan Anda memang sudah login ke Dashboard WordPress Anda sebelum memulai langkah ini. Kemudian pada menu Appearance, silahkan pilih Theme Editor.

Appearance

Kedua, dibagian Theme Files silahkan temukan file Functions.php. Selanjutnya Anda gulir kebawah dan tambahkan kode yang sama diatas kedalamnya.

Ketiga, klik Update File jika sudah selesai memasukkan kode tersebut.

Sebagai tambahan yang bisa menjadi tutorial, Anda bisa saja menyimak video berikut.

Anda sudah berhasil menyelesaikan tahap diatas dengan sangat baik. Sekarang, Anda bisa buka salah satu postingan dari situs Anda melalui mobile atau smartphone untuk di cek.

Pastikan di akhir url, Anda tambahkan amp contohnya ‘https://www.domainanda.com/cara-menonaktifkan-featured-image-di-amp/amp’. Dengan demikian, featured image atau gambar unggulan yang sebelumnya tampil di halaman AMP Anda akan secara otomatis tidak aktif.

Itulah tips saya pada kesempatan kali ini tentang cara menonaktifkan Featured Image di AMP. Mudah-mudahan dapat membantu Anda.

Add Comment