Cara Menonaktifkan HTML di Komentar WordPress

Cara Menonaktifkan HTML di Komentar WordPress dapat menjadi langkah yang tepat untuk mencegah SPAM yang sering menyerang situs Anda. Apalagi jika situs Anda memang sangat populer dan memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

Situs yang setiap harinya dibanjiri oleh pengguna tentunya tidak terlepas dari orang yang sukanya mengirim SPAM. Sebagian besar, komentar SPAM dibuat oleh bot dan script yang menggunakan Tag HTML.

Jika Anda merasa bahwa situs Anda memang banyak yang jail dengan komentar panjang tidak sesuai pembahasan, Anda memerlukan tindakan lebih lanjut untuk mencegah hal itu.

Dipostingan lainnya, saya juga pernah membahas tentang cara mengatasi SPAM tanpa perlu menggunakan plugin. Melalui tutorial kali ini, saya akan mencoba untuk menambahkan tips yang mungkin bisa membantu Anda dan untuk melengkapi tutorial sebelumnya.

Jangan sampai Anda lelah dengan komentar miring yang kadang menambah pekerjaan Anda karena harus menghapusnya setiap saat. Tindakan mencegah lebih baik dan mampu menghemat waktu Anda lebih lanjut untuk tetap berkretifitas tanpa sering ada gangguan.

Apalagi harus mengurusi masalah SPAM. Sangat tidak relevan kalau itu Anda alami. Karena intinya bukan Anda saja yang hari ini mengalaminya. Saya sendiri juga sangat merasa kurang nyaman dengan adanya masalah tersebut.

Simak: Cara Mengatasi SPAM di WordPress Tanpa Plugin

Maka dari itu melalui pengalaman saya ini, Anda juga bisa belajar tentang cara menindaklanjuti. Yaitu dengan cara menonaktifkan HTML di Komentar WordPress Anda. Ini merupakan pilihan yang memang bisa dilakukan. Secara default, WordPress mengizinkan Tag HTML tertentu didalam komentar.

Seperti halnya kode berikut:

  • <a>
  • <em>
  • <strong>
  • dll

Jika Anda merasa memang banyak sekali komentar SPAM yang masih ada keterkaitannya dengan kode tersebut diatas, sekarang Anda bisa membuatnya menjadi tidak bekerja.

Tutorial yang saya bahas kali ini hanya akan memberikan Anda solusi untuk menonaktifkan bagian HTML saja. Jadi, pengunjung masih bisa saja memanfaatkan posting menggunakan sesuatu seperti berikut.

  • & lt; & gt & lt; em & gt; & lt; strong & gt;

Akan tetapi meski pengguna bisa memanfaatkan sesuatu tersebut dan itu akan muncul, tag tidak akan berfungsi dengan baik.

Jika seseorang menggunakan Tag kuat, teks yang ia buat juga tidak akan bisa dicetak tebal. Disamping itu, tidak banyak bot SPAM dapat melakukan ini. Karena itu akan memakan banyak waktu mereka dan tidak sangat menguntungkan.

Cara menonaktifkan HTML di komentar WordPress sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya cukup menambahkan sepotong kode yang telah saya siapkan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah ini, Anda bisa langsung menyimak tips dari saya.

Berikut Cara Menonaktifkan HTML di Komentar WordPress

Tindakan ini dilakukan melalui cPanel Hosting. Kemungkinan Anda harus benar-benar teliti dengan baik. Kalau Anda bisa mengerjakan itu melalui Dashboard WordPress Anda, itu sah saja asalkan Anda nyaman.

Langkah 1: Silahkan Anda login terlebih dahulu ke cPanel dengan username dan password yang telah Anda miliki.

Langkah 2: Setelah Anda berhasil masuk, cari saja Files dan klik ‘File Manager‘, hingga terbuka jendela baru di browser Anda.

Langkah 3: Kemudian pilih Public_html, pastikan Anda menemukannya. Selanjutnya buka WP-Content > Themes > template yang Anda gunakan.

Langkah 4: Dari tema tersebut, pilih file Functions.php lalu klik Edit. Gulir saja kebagian paling bawah, lalu tambahkan kode berikut kedalamnya.

// This will occur when the comment is posted
    function plc_comment_post( $incoming_comment ) {
 
    // convert everything in a comment to display literally
    $incoming_comment['comment_content'] = htmlspecialchars($incoming_comment['comment_content']);
 
    // the one exception is single quotes, which cannot be #039; because WordPress marks it as spam
    $incoming_comment['comment_content'] = str_replace( "'", '&apos;', $incoming_comment['comment_content'] );
 
    return( $incoming_comment );
    }
 
    // This will occur before a comment is displayed
    function plc_comment_display( $comment_to_display ) {
 
    // Put the single quotes back in
    $comment_to_display = str_replace( '&apos;', "'", $comment_to_display );
 
    return $comment_to_display;
}

Langkah 5: Jika Anda sudah menerapkan kode diatas, jangan lupa klik Save untuk menyimpan perubahan Anda.

Selamat! Dengan beberapa langkah saja, Anda sudah berhasil mengikuti intruksi saya mengenai cara menonaktifkan HTML di komentar WordPress. Sangat simpel dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengerjakannya.

Kalau Anda menginginkan saran lain untuk melakukan itu atau mungkin Anda tidak ingin secara manual, Anda bisa menggunakan plugin Peters Literal Comments. Anda hanya cukup install dan aktifkan di WordPress Anda.

Namun sebelum Anda menggunakan plugin tersebut, saya sarankan untuk memahaminya terlebih dulu. Plugin ini belum diuji dengan 3 rilis utama terbaru WordPress. Kemungkinan memang tidak lagi dipertahankan atau didukung. Bisa saja memiliki masalah kompatibilitas saat digunakan dengan versi WordPress yang lebih baru.

Add Comment