Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress

Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress dapat dilakukan dengan sangat mudah. Itu kalau Anda memang sudah mengetahui caranya. Bagi Anda yang baru ingin mencari tahu tentang langkah ini, Anda dapat menyimak tutorial ini.

WordPress merupakan CMS (Content Management System) paling populer yang banyak sekali digunakan untuk membangun situs web. WordPress sendiri melengkapi fitur-fitur yang memberikan banyak kemudahan bagi setiap penggunanya. Tidak menutup kemungkinan Anda ingin menonaktifkan komentar di WordPress Anda karena alasan tertentu.

Sebagai sumber aplikasi terbuka, Anda berhak untuk menyesuaikan pengaturan Anda sendiri. Termasuk menambahkan plugin atau theme WordPress pada situs Anda tersebut. Namun, saya sarankan untuk tidak menambahkan terlalu banyak alat seperti plugin. Itu dapat berakibat bahwa situs Anda akan lambat ketika diloading.

Meski semua yang Anda gunakan merupakan plugin pengoptimalan, tidak semua cocok dengan situs Anda. Sebagian ada yang dapat merusak tampilan tema yang Anda gunakan. Oleh sebab itu, cukup hanya beberapa plugin saja dan satu template yang benar-benar sesuai.

Kembali lagi ke cara menonaktifkan komentar di WordPress. Mengenai rencana ini, itu tergantung dari pilihan Anda. Ada beberapa opsi yang dapat Anda tentukan sendiri dan dimana halaman Anda yang tidak ingin dilengkapi kolom komentar.

Simak: Cara Mengatasi Spam di WordPress tanpa Plugin

Kemungkinan Anda ingin menghentikan komentar di situs web Anda karena alasan tindakan Spamming. Jika Anda sering menghadapi tindakan spam seperti ini, bisa jadi itu membuat Anda merasa kesal. Spam memang aktifitas yang tidak dikehendaki oleh semua pemilik situs web termasuk saya sendiri.

Terkadang, mereka tidak hanya melakukan Spam pada satu blog saja. Mereka sengaja mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa memikirkan bahwa itu akan mengganggu atau tidak. Biasanya mereka mengirim pesan yang sama ke setiap situs yang mereka tuju dan tidak bersambung dengan konten yang ada.

Kalau itu yang menjadi masalah Anda pada hari ini, menonaktifkan komentar di WordPress merupakan pilihan yang tepat. Pada dasarnya, Anda dapat memulai tindakan ini dengan beberapa hal.

Diantaranya sebagai berikut :

  • Di Postingan mendatang
  • Di Halaman atau Posting tertentu
  • Komentar di File Media
  • Menggunakan Plugin

Kalau Anda ingin menonaktifkan komentar di beberapa yang sudah disebutkan, Anda bisa langsung menyimak tips ini. Anda berada ditempat yang tepat. Mudah-mudahan tutorial ini dapat membantu Anda.

Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress pada Postingan Mendatang

Anda dapat memilih opsi ini untuk setiap komentar pada postingan selanjutnya yang ingin Anda publikasikan. Anda bisa mulai mengaturnya hanya melalui menu Settings yang ada di Dashboard WordPress Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat menyimak langkah berikut.

1. Silahkan Anda login terlebih dahulu ke Dashboard WordPress Anda. Kemudian, arahkan kursor Anda ke menu Settings dan klik Discussion.

2. Selanjutnya dibagian Default post settings, hapus opsi centang pada ‘Allow people to submit comments on new posts’

menonaktifkan komentar default post

3. Gulir kebawah. Klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan Anda.

Langkah diatas akan membantu Anda untuk menonaktifkan semua komentar pada postingan yang akan Anda buat mendatang.

Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress di Halaman Tertentu

Anda dapat memilih opsi ini jika Anda memang tidak ingin mengaktifkan komentar dihalaman tertentu pada situs Anda. Tindakan ini sering kali digunakan untuk suatu alasan. Seperti halaman Kontak Kami dan yang lainnya.

Memang setiap Pages/Halaman di WordPress sacara default menonaktifkan opsi ini. Namun kalau Anda memang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menonkatifkan komentar pada halaman di situs Anda, panduan berikut bisa membantu.

1. Pada Dasboard WordPress Anda, silahkan klik Pages.

2. Pilihlah halaman tertentu yang sudah Anda buat dan ingin menonaktifkan atau mengaktifkan komentar.

Menonaktifkan komentar halaman

3. Di editor Blok (Quick Editor) dibagian bawah, Anda akan menemukan opsi untuk ‘Allow Comments‘. Hilangkan centangan pada kolom tersebut lalu klik Update.

Cara Menonaktifkan Komentar di Posting Tertentu

1. Pada Dasboard WordPress Anda, silahkan Anda pilih Posts > All Posts.

2. Klik bagian Quick Editor dari salah satu postingan Anda. Beberapa opsi akan muncul dibagian bawah.

Menonaktifkan komentar postingan

3. Hapus saja centang pada ‘Allow Comments‘ lalu klik Update untuk menyimpan pengaturan Anda.

Cara Menonaktifkan Komentar di File Media

Untuk memulai tindakan ini, Anda memerlukan akses ke Theme Editor dari Dashboard WordPress Anda atau bisa juga melalui cPanel. Tapi, ini opsional dan Anda dapat melakukannya sesuai dengan pilihan Anda. Saya akan memberikan tahap dari yang paling mudah agar Anda bisa memahaminya.

1. Silahkan login ke Dashboard WordPress Anda terlebih dulu.

2. Arahkan kursor Anda ke Appearance > Themes Editor.

3. Kemudian, cari dan edit file Functions.php dari template yang Anda gunakan. Gulir kebawah dan tambahkan kode berikut kedalamnya.

function filter_media_comment_status( $open, $post_id ) {
    $post = get_post( $post_id );
    if( $post->post_type == 'attachment' ) {
        return false;
    }
    return $open;
}
add_filter( 'comments_open', 'filter_media_comment_status', 10 , 2 ); 

4. Klik Save Changes untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

Cara Menonaktifkan Komentar di WordPress Menggunakan Plugin

Opsi ini saya sarankan untuk Anda yang lebih memilih cara cepat. Meski di WordPress sendiri menyediakan fitur untuk tidak mengaktifkan komentar di posting dan halaman. Kalau Anda memang lebih suka menggunakan plugin, Anda bisa melakukannya sekarang.

1. Seperti biasa, pastikan Anda sudah login ke Dashboard WordPress Anda. Jika sudah, arahkan kursor Anda ke menu Plugins > Add New. Kemudian cari plugin bernama ‘Disable Comments‘ seperti berikut.

Disable Comments

2. Setelah Anda menemukan plugin yang saya maksud, klik Install Now lalu Activate. Selanjutnya Anda masuk ke bagian Settings. Silahkan aktifkan opsi ‘Everywhere: Disable all comment-related controls and settings in WordPress’

3. Klik Save Changes jika sudah mengaktifkan pilhan tersebut. Dengan pengaturan ini, Anda sudah berhasil menonaktifkan semua komentar pada situs Anda.

Kesimpulan :

Sebenarnya, komentar memang sangat penting untuk ada di situs Anda. Keberadaannya sangat membantu pengguna untuk ikut terlibat dan memiliki peran aktif serta positif. Begitu juga untuk pengguna yang baru mengunjungi situs Anda. Tidak peduli situs Anda apakah situs komersial atau blog pribadi

Namun kalau Anda memang ingin menonaktifkan komentar di WordPress Anda karena alasan yang masuk akal, Itu merupakan tindakan yang baik. Kemungkinan Anda memang tidak mengizinkan orang lain untuk mengirim komentar.

Demikianlah tips dan tutorial saya tentang cara menonaktifkan komentar di WordPress. Semoga semua yang sudah saya jelaskan diatas benar-benar dapat membantu Anda semua.

Simak juga: Cara Settings Plugin LiteSpeed Cache di WordPress

Add Comment