Cara Menyembunyikan Widget WordPress di Mobile

Cara Menyembunyikan Widget WordPress di Mobile sangat mudah untuk dilakukan. Widget memang berperan penting untuk menambahkan pengalaman pengguna yang baik. Ia merupakan konten dinamis yang sering ada dibagian sidebar ataupun pada Footer. Diantaranya seperti ‘Recent posts’ atau ‘Popular posts’.

Kalau Anda merasa bahwa ada salah satu widget dari situs Anda yang tidak ingin Anda tampilkan pada versi seluler, Anda bisa memulainya dengan langkah yang sangat sederhana. Malalui tutorial ini, saya akan membantu Anda memahami tentang cara menyembunyikan widget WordPress tanpa harus menambahkan kode khusus.

Anda hanya cukup duduk manis dan melihat hasilnya. Mengoptimalkan kinerja WordPress memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang biasa menggunakan bantuan dari plugin atau manual dengan menerapkan kode penting kedalam htaccess.

Namun berbeda dengan langkah yang satu ini. Bagaimana jika salah satu widget dari situs Anda dihilangkan ketika pengunjung mengakse situs Anda dari versi mobil. Mungkin itu lebih baik dari yang Anda kira. Atau, memang ini yang Anda inginkan sebenarnya.

Diera digital seperti sekarang ini, banyak sekali pengunjung yang lebih memilih untuk membuka situs web melalui smartphone mereka. Itu sebuah kemajuan yang memang tidak dapat dipungkiri. Meski tidak berbeda jauh dari pengguna desktop, pengguna dari smartphone mampu mengalahkan era sebelumnya.

Maka dari itu, mengoptimalkan kinerja blog Anda bisa dimulai dengan mengurangi beban loading. Cara menyembunyikan widget WordPress dapat menjadi pilihan untuk mempercepat loading situs Anda dari browser smartphone. Namun, tidak semua harus Anda sembunyikan. Mungkin hanya beberapa widget saja yang sekiranya itu perlu.

Tindakan ini tidak akan mengganggu widgwt Anda ketika diakses dari Komputer atau Laptop. Hanya pada versi mobile saja ia tidak akan ditampilkan. Nah kalau Anda penasaran, Anda bisa menyimak terus postingan ini hingga Anda benar-benar memahaminya.

Malalui tutorial ini saya akan memberikan contoh tentang langkah tersebut. Kita akan mencoba untuk menyembunyikan satu widget yang ada di situs ini. Yaitu widget banner iklan yang ada di sidebar.

Tapi, Anda dapat menyembunyikan widget diantaranya yang memang tidak Anda inginkan tampil pada saat situs Anda diakses dari seluler. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah ini, Anda bisa menyimak semua tahapannya.

Berikut Cara Menyembunyikan Widget WordPress di Mobile

Langkah pertama, Anda harus login terlebih dahulu ke Dashboard WordPress Anda seperti biasanya. Setelah berhasil login, pada menu Plugins klik Add New.

Langkah kedua, pada kolom pencarian plugin ketik saja ‘Widget Options‘. Jika plugin yang dimaksud sudah muncul dilayar Komputer Anda, klik Install Now lalau Activate.

Cara Menyembunyikan Widget WordPress di Mobile

Langkah ketiga, sekarang pergi ke Appearance > Widgets. Ditempat ini Anda akan melihat beberapa widget aktif secara berurutan. Seperti yang sudah kami katakan bahwa kami akan memberikan contoh pada widget banner yang ada diurutan paling atas di sidebar untuk disembunyikan.

Langkah keempat, Dari salah satu widget tersebut akan terdapat fitur yang ditambahkan oleh plugin Widget Options. Kemudian Anda klik ‘ikon‘ kecil seluler, lalu pilih perangkat mana yang ingin Anda aktifkan untuk menyembunyikan widget.

Menyembunyikan widget

Langkah kelima, jangan lupa klik Save untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

Selamat! Anda sudah berhasil mengikuti panduan saya tentang cara menyembunyikan widget WordPress. Sekarang Anda dapat mengecek situs Anda untuk diakses dari perangkat smartphone.

Kalau Anda juga berniat untuk menyembunyikannya pada perangkat tablet, itu bisa Anda lakukan. Semua terdapat tiga pilihan yang mungkin Anda tentukan sendiri.

Kesimpulan: Mungkin menonaktifkan widget tertentu merupakan cara yang tepat. Kalau Anda bertujuan untuk mengurangi script atau mengoptimasi kinerja WordPress Anda pada versi mobile, itu dapat Anda sesuaikan.

Itulah tutorial saya pada kesempatan ini tentang cara menyembunyikan Widget WordPress di Mobile. Mudah-mudahan tips ini bisa Anda pahami dengan sangat baik dan dapat membantu Anda semua.

Kalau Anda menyukai artikel ini, jangan lupa untuk di share dan berlangganan tutorial WordPress melalui saluran YouTube kami. Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi lainnya selain dari yang Anda baca hari ini.

Add Comment