Cara Migrasi Blogger ke WordPress Terbaru Aman

Cara migrasi Blogger ke WordPress dapat dilakukan secara aman kalau Anda sendiri mengetahui langkahnya. Jika Anda sendiri memang belum mengetahui langkah tersebut, pastikan Anda menemukan panduan yang dapat membantu Anda untuk melakukannya. Jangan sampai Anda bertindak dengan keragu-raguan, karena bisa mempengaruhi pekerjaan Anda dan hasilnya tidak akan sempurna.

Cara Migrasi Blogger ke WordPress Terbaru

Blogger merupakan platform yang cukup terkenal diseluruh dunia sebagai CMS gratis untuk membuat situs web maupun portal online. Ia juga merupakan platform pertama dan umum digunakan oleh para webmaster dalam memulai membuat blog mereka.

Blogger sendiri memang cukup menarik untuk digunakan sebagai salah satu bagian mengembangkan diri dan belajar mengenai situs web. Saya awalnya juga merupakan pengguna blogger dan dari situlah saya mulai mendapatkan pelajaran. Kalau Anda merupakan pengguna blogger, berarti kita sama-sama masih belajar disekolah yang sama.

Platform Blogger selain gratis, penggunaannya terbilang sangat mudah dan simpel cara setting pengoptimalannya. Sebagai pengguna, kita tidak perlu menambah adanya dukungan plugin kedalamnya. Meski ia menawarkan fasilitas gratis dan kemudahan, platform ini juga memiliki kekurangan dan keterbatasan.

Menggunakan Blogger memang tidak bisa berharap untuk dapat melakukan banyak hal. Tentunya, ini memutuskan niat Anda untuk dapat berkembang lebih jauh atas situs web Anda. Namun, Anda harus bisa berterimakasih bahwa dengan paltform inilah Anda bisa mengenal yang namanya blog.

Dibalik semua kekurangan yang ada pada Blogger, tentunya ia juga memiliki banyak kelebihan. Pastinya Anda puas menggunakan platform ini untuk situs pertama Anda. Blogger memang sebagai salah satu platform pertama yang pernah mengantarkan kita menemukan kemudahan dalam membangun blog secara sederhana.

Simak: Manfaat dan Kelebihan Blogger Yang Harus Anda Ketahui

Namun bagaimana jika hari ini Anda berubah pikiran mengenai blog Anda yang sudah dibangun selama beberapa bulan? Tiba-tiba Anda ingin berpindah ke platform WordPress sebagai pilihan tetap untuk situs Anda. Jika Anda ingin migrasi Blogger ke WordPress, itu tidak ada yang melarang Anda untuk melakukannya. Saya sendiri juga pernah melakukan itu.

Kenapa saya pindah ke WordPress? Setelah saya tahu bahwa WordPress sendiri menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam menyesuaikan situs web, itu membuat saya mendapatkan ide bagus untuk beralih. Bisa kemungkinan Anda mendapatkan pemikiran yang sama sehingga Anda ingin segera migrasi dari Blogger ke WordPress.

Namun, ada hal yang harus Anda ketahui sebelum Anda bermigrasi dari Blogger ke WordPress. Cobalah untuk memikirkan kembali dengan matang mengenai niat Anda. Ketika Anda harus pindah ke platform baru, tentunya Anda tahu bahwa menggunakan WordPress juga memerlukan layanan hosting terbaik.

Inilah yang perlu Anda pikirkan kembali. Pastikan Anda sudah menemukan hosting yang sesuai terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda untuk tidak lagi berpindah-pindah hosting karena menurut Anda layanannya kurang begitu baik. Besar kemungkinan, itu juga akan menambah pekerjaan Anda ketika harus bermigrasi dari hosting lama ke hosting baru.

Kalau Anda sendiri sudah memiliki layanan hosting yang tepat dan merasa mantap dengan layanan mereka. Berarti Anda sudah siap untuk segera migrasi dari Blogger ke WordPress. Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui langkahnya. Melalui postingan ini, saya akan mencoba memberikan Anda panduan dan semoga dengan langkah ini, itu dapat membantu Anda.

Berikut Cara Migrasi Blogger ke WordPress Terbaru Aman, Perhatikan Dengan Baik Mengenai Langkahnya

Langkah Pertama: Backup data Blogger Anda

Sebelum Anda memulai untuk bermigrasi, pastikan Anda sudah melakukan backup atas data Blogger Anda. Ini merupakan ide yang sangat tepat yang harus diutamakan. Backup semua konten blog Anda termasuk postingan, template XML, dan juga komentar yang ada.

Kenapa Anda harus membuat backup data? Tindakan ini akan membantu Anda untuk menghindari kesalahan dan hal-hal yang tidak Anda inginkan jika Anda gagal bermigrasi. Kalau Anda menemukan kegagalan saat proses migrasi, Anda masih dapat merestore data backup Anda kembali ke Blogger. Lantas bagaimana Anda bisa melakukan backup data? Silahkan ikuti panduan saya berikut untuk memulainnya.

1. Pastikan Anda sudah login ke akun Blogger Anda. Pada Dashboard Blogger Anda tersebut, silahkan pilih Tema. Klik titik tiga dibagian Tema Saya dan pilih Cadangkan (Backup).

Backup Data Blogger

2. Selanjutnya, Anda klik Download untuk menyimpan data backup Anda ke Windows PC/Laptop. Simpanlah data tersebut ditempat yang mudah ditemukan dan tentu aman.

Anda sudah berhasil membuat cadangan untuk data Blogger Anda. Ini berarti, Anda melakukan tindakan atas niat pertama Anda untuk segera migrasi dari Blogger ke WordPress. Tentunya Anda sudah menyesesuaikan prosedur yang tepat.

Langkah kedua: Bermigrasi dari Blogger ke WordPress

1. Pastikan Anda sudah menginstal WordPress dihosting terbaru Anda. Jika sudah, buka Dashboard WordPress Anda.

  • Biasanya kalau Anda baru menginstal WordPress, akan ada satu contoh postingan secara otomatis. Pilih Posts dan hapus saja postingan yang ada yaitu “Hello World”.
  • Pilih Pages dan hapus saja pages sampel default yang ada. Jika memang tidak ada, abaikan langkah ini.

2. Berikutnya dimenu sebelah kiri, Anda pilih Tools dan Impor. Anda akan melihat bahwa halaman baru akan terbuka.

Tools dan Impor

3. Langkah selanjutnya, Anda pilih menu Blogger dan Install Now. Jika plugin sudah terinstall maka klik Run Importer.

Run Importer Blogger

4. Dihalaman baru, Anda Pilih File. Cari data Blogger yaitu (theme-6537796454718123456) yang Anda backup sebelumnya yang sudah Anda simpan dikomputer.

Pilih File migrasi Blogger ke WordPress

5. Proses menyalin file akan berlangsung, ini akan mengimpor semua data seperti posting, komentar, halaman dari Blogger Anda. Tetap tunggu sampai proses migrasi Blogger ke WordPress sukses.

Simak: Cara Mengamankan WordPress Menggunakan Limit Login Attempts Reloaded

7. Setelah selesai, Anda kembali lagi ke Dashboard Blogger Anda dan pilih Theme/Template. Silahkan gulir kebawah dan pilih Kembali ke Blogger Klasik. Ini akan mengubah tampilan dari Tema/template Blogger berbasis XML ke template berbasis Tag klasik bawaan Blogger.

Kembali ke Blogger Klasik

8. Kemudian pada Tema Saya klik titik tiga dan pilih Edit HTML. Hapus semua kode yang ada pada tema Blogger tersebut dan ganti dengan kode berikut didalamnya.

<html>
<head>
<title><$BlogPageTitle$></title>
<script>
<MainOrArchivePage>
window.location.href=“https://www.domainanda.com/”
</MainOrArchivePage>
<Blogger><ItemPage>
window.location.href=”https://www.domainanda.com/?blogger=<$BlogItemPermalinkURL$>“
</ItemPage></Blogger>
</script>
<MainPage>
<link rel=“canonical” href=“https://www.domainanda.com/” />
</MainPage>
<Blogger>
<ItemPage>
<link rel=”canonical” href=”https://www.domainanda.com/?blogger=<$BlogItemPermalinkURL$>” />
</ItemPage>
</Blogger>
</head>
<body>
<MainOrArchivePage>
<h1><a href=“https://www.domainanda.com/”><$BlogTitle$></a></h1>
</MainOrArchivePage>
<Blogger>
<ItemPage>
<h1><a href=”https://www.domainanda.com/?blogger=<$BlogItemPermalinkURL$>”><$BlogItemTitle$></a></h1>
<$BlogItemBody$>
</ItemPage>
</Blogger>
</body>
</html>

9. Setelah Anda menghapus kode yang ada pada tema Blogger Anda dan menggantinya dengan kode diatas, Jangan lupa untuk mengganti nama domain dengan domain WordPress Anda. Klik Save untuk menyimpan data Anda.

10. Sekarang Anda kembali lagi ke Dashboard WordPress. Cocokkan permalink yang ada di WordPress dengan permalink Blogger. Caranya, pada WordPress pilih Settings dan Permalinks. Ubah strukstur linknya seperti berikut (/%year%/%monthnum%/%postname%.html).

11. Setelah selesai, jangan lupa klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Sebagai panduan tambahan mengenai langkah diatas, Anda juga dapat mengikuti tutorial berikut yang telah saya tambahkan.

Anda sudah berhasil mengikuti panduan saya mengenai cara migrasi Blogger ke WordPress. Sekarang, buka halaman mana saja di Blogger lama Anda. Cek semua postingan yang ada dan itu akan mengarah secara otomatis ke halaman blog WordPress Anda. Ini karena Anda menggunakan kode pengalihan 301 permanen yang akan meneruskan semua link yang ada di Blogger sebelumnya ke situs WordPress baru Anda.

Anda baru saja bermigrasi dari Blogger ke WordPress dan memindahkan semua data seperti posting, halaman, dan komentar. Ada data Anda yang mungkin tidak ikut pindah yaitu file gambar. Meskipun ini terlihat baik-baik saja, itu karena gambar-gambar Anda yang sekarang ada di situs WordPress masih terhubung ke domain Blogger Anda sebelumnya.

Ini berarti, gambar-gambar Anda tersebut masih di-host di domain blogspot.com. Untuk mengatasi itu agar gambar juga tidak terpisah, Anda dapat mengedit postingan Anda di WordPress secara manual dan memindahkan file gambar Anda dengan cara di upload. Pastikan juga Anda tidak menghapus Blogger Anda sebelumnya terlebih dahulu.

Demikianlah panduan saya mengenai cara migrasi Blogger ke WordPress terbaru dan aman. Mudah-mudahan dapat menjadi tutorial yang dapat membantu Anda.

Add Comment