Cara Redirect halaman 404 WordPress ke Daftar Isi

Cara Redirect halaman 404 WordPress ke Daftar Isi dapat dilakukan dengan sangat sederhana. Ini juga kalau Anda sudah mengetahui langkahnya. Bagi Anda yang sekarang masih bingung dengan hal ini, Anda bisa belajar lebih jauh dengan tutorial saya.

Mengalihkan halaman 404 error not found ke tempat tertentu yang Anda buat akan jauh lebih baik dari pada Anda membiarkannya saja. Misalnya diarahkan ke halaman beranda situs Anda, atau halaman khusus yang sebenarnya bisa Anda buat sendiri.

Tindakan tersebut bisa mempermudah pengguna dan termasuk memberikan pengalaman terbaik bagi mereka. 404 merupakan bagian dari semua situs web. Maka dari itu, Anda bisa menyesuaikannya dengan tepat agar tidak sia-sia.

Melalui artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda tentang cara Redirect halaman 404 WordPress ke Daftar Isi. Ini merupakan pengalaman kami pribadi ketika sebelumnya tidak terpikir bahwa ada ide bagus yang bisa dimanfaatkan.

Sebagai contohnya, ketika Anda mengunjungi sebuah situs dengan pencarian yang Anda lakukan tapi mengarah ke halaman yang tidak ada (error not found), tentu itu akan membuat Anda kecewa. Hal tersebut bisa disebabkan oleh postingan yang sudah dihapus cuma masih di indeks oleh mesin pencari.

Mari kita sama-sama membenahi keadaan ini jika sekarang situs Anda juga mempunyai pengalaman demikian. Apalagi dibagian halaman khusus 404 yang biasanya ada pada template WordPress. Setiap tema premium biasanya akan dilengkapi dengan halaman tersebut.

Untuk memberikan kesan terbaik saat ini pada situs Anda sendiri, Anda bisa memulai langkah sederhana saja. Anda tidak perlu menggunakan plugin untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Melalui postingan ini, Anda bisa belajar secara manual dalam memberikan pengalaman pengguna pada setiap pengunjung. Cara Redirect halaman 404 WordPress ke Daftar Isi merupakan rencana yang tidak akan merugikan Anda. Ketika pengguna mengunjungi tautan yang tidak ada, mereka akan terarah langsung ke bagian daftar isi.

Ini jauh lebih tepat dari pada Anda membiarkan mereka tidak menemukan apa-apa. Apalagi tidak sesuai dengan yang mereka cari. Dengan dialihkan ke halaman daftar isi, mereka bisa saja memilih postingan lainnya yang lebih menarik.

Sebelum Anda membuat ini bekerja dengan sempurna, Anda harus menambahkan satu halaman daftar isi tersebut terlebih dulu. Sebagai contohnya, Anda dapat melihat milik kami tentang seperti apa Daftar isi tersebut.

Bagi Anda yang belum paham betul tentang cara membuat daftar isi di WordPress, Anda dapat menyimak panduan ini lebih lanjut. Artikel ini akan menjelaskan semuanya dan Anda bisa menyimaknya dengan teliti.

Cara Redirect halaman 404 WordPress ke Daftar Isi

Langkah 1: Silahkan Anda mulai dengan membuat Text Document baru di Komputer Anda seperti contoh berikut.

membuat text document

Langkah 2: Selanjutnya, salin kode berikut kedalamnya. Jangan lupa klik Save untuk menyimpan.

<?php
/**
 * Template Name: Page daftar isi
 * The template for displaying the page with a slug of `daftar isi`.
 */
?>
<?php $mts_options = get_option(THEME_NAME); ?>
<?php get_header(); ?>
<div id="content_box" >
<div class="single_page">
<div id="page">
<div id="pagedaftarisi">
<div id="info">
<div id="daftarisi">
<div class="daftarisi">
<h1><?php the_title(); ?></h1>
<ol>
<?php $cats = get_categories('exclude=');
foreach ($cats as $cat) {
echo "<li><h4>".$cat->cat_name." :</h4>";
echo "<ol>";
query_posts('posts_per_page=-1&cat='.$cat->cat_ID);
while(have_posts()) {
the_post();
$category = get_the_category();
if ($category[0]->cat_ID == $cat->cat_ID) {
echo '<li><a target="_blank" href="'.get_permalink().'">'.get_the_title().'</a></li>';}}
echo "</ol>";
echo "</li>";}?>
</ol>
</div><!--.post-content box mark-links-->
</div>
</div>		
</div>
</article>
<?php get_sidebar(); ?>
</div><!--#page-->
<?php get_footer(); ?>

Langkah 3: Kemudian, Anda login ke cPanel Hosting yang Anda miliki menggunakan username dan password yang biasanya digunakan.

Langkah 4: Setelah itu, Anda klik File Manager hingga terbuka jendela baru di browser komputer Anda. Berikutnya, klik public-html > wp-content > themes.

upload file page daftar isi

Langkah 5: Upload saja file Page-daftar-isi yang sudah Anda buat tadi kedalam themes yang Anda gunakan pada WordPress. Contohnya seperti gambar diatas. Rename lagi file tersebut dari yang sebelumnya page-daftar-isi.txt menjadi page-daftar-isi.php, lalu konfirmasi ok untuk menyimpan.

Langkah 6: Pada Dashboard WordPress Anda, klik Pages > Add New. Ini Anda akan membuat halaman baru. Beri saja dengan judul Daftar Isi. Untuk isi artikel silahkan kosongkan saja.

membuat halaman daftar isi

Langkah 7: Perhatikan pada bagian kanan yaitu ‘Page Attributes‘. Pada Template, klik Default template lalu pilih saja Page daftar Isi. Jangan lupa untuk klik Update lalu Preview untuk melihat hasilnya.

Langkah 8: Sekarang, kembali lagi ke File Manager cPanel Anda. Pilih public-html > wp-content > themes. Pada theme yang Anda gunakan, cari file bernama ‘404.php‘. Klik pilihan Edit lalu tambahkan kode berikut kedalamnya.

<?php
header("Status: 301 Moved Permanently");  
header("Location:https://www.domainanda.com/daftar-isi/");  
?>
menambahkan kode 404

Langkah 9: Jangan lupa klik Save untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat tersebut.

Langkah 10: Silahkan cek situs Anda dengan mengetikkan URL asal pada browser yang Anda gunakan. Contohnya: https://www.imsahadi.com/cek-saja.

Selamat! Anda sudah berhasil menerapkan semua tutorial saya tentang cara redirect halaman 404 WordPress ke daftar isi. Ini bisa Anda lakukan untuk semua situs web yang Anda miliki. Tentunya juga yang menggunakan CMS WordPress.

Jika Anda merasa memiliki kendala dengan langkah diatas, jangan ragu untuk meninggalkan komentar dibawah. Kami akan coba bantu semampunya ketika kami benar-benar sedang online. Kalau kami tidak sempat membalas komentar Anda, kemungkinan kami sedang sibuk diluar.

Demikianlah cara redirect halaman 404 WordPress ke Daftar isi yang bisa saya bahas pada kesempatan ini. Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.

Add Comment