Cara Remove Query Strings di WordPress

Cara remove Query Strings di WordPress dari sumber daya statis dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kalau Anda belum mengetahui caranya, postingan ini akan memberikan panduan tentang tahapan tersebut. Sebagai pengguna WordPress, ada hal yang harus diperhatikan agar kinerja website Anda bisa selalu optimal.

Termasuk ketika pengguna mengunjungi blog Anda untuk pertama kalinya. Rata-rata, pengguna bisa menunggu hingga 15 detik hanya karena situs web Anda merespon lama saat dimuat. Apakah ini memang terjadi pada blog Anda sendiri?

Cara Remove Query Strings di WordPress

Sebagai pemilik website, mengoptimalkan kecepatan loading sangat mempengaruhi bahwa pengunjung juga bisa merasa nyaman. Jangan biarkan mereka pergi hanya karena kecewa marasakan situs Anda yang merespon lambat. Itu berarti, Anda bukan hanya kehilangan banyak pengunjung tetapi juga peluang Anda untuk dapat menghasilkan uang akan hilang.

Oleh sebab itu, kecepatan adalah bagian penting dari aset situs Anda dan memainkan peran penting dalam menjaga pengunjung agar tetap betah. Apalagi kalau website Anda memiliki pengunjung tetap yang selalu datang dan membaca artikel Anda.

Kalau website Anda memang merupakan website khusus menjual produk dan layanan. Ini harus diprioritaskan secara penuh agar konsumen atau pelanggan Anda tidak pergi. Jangan sampai, Anda mengabaikan masalah apa pun yang terkait dengan kecepatan loading dari situs bisnis Anda sendiri.

Sekarang, waktunya Anda mengetahui seberapa pentingnya kecepatan website Anda. Apa yang menjadi penyebab dari hal ini dan siapa yang bertanggung jawab jika situs Anda lambat ketika diload? Jangan biarkan itu harus terjadi secara berangsur. Sudah seharusnya Anda memiliki tindakan untuk segera mengatasi masalah tersebut.

Simak: Cara Disable Directory Browsing di WordPress

Melalui postingan ini, saya akan mencoba memberi Anda tips tentang cara mengoptimalkan WordPress Anda. Yaitu dengan cara remove Query Strings di WordPress dari sumber daya statis. Jika Anda baru mendengar ini, Anda harus mengetahuinya lebih lanjut.

Mungkin Anda sendiri belum mengetahui tentang apa itu Query Strings?

Query Strings adalah URL yang mengandung tambahan ‘&’ atau ‘?’ yang posisinya berada di akhir URL situs Anda. Keberadannya bisa terdiri dari sekelompok kata kunci yang ditambahkan oleh browser web ke URL dasar. Biasanya, Query Strings terjadi karena dibuat ketika pengguna memasukkan variabel untuk mencari basis data.

Yang terjadi adalah, mesin pencari menghasilkan URL dinamis, yakni termasuk Query Strings berdasarkan hasil ‘?’. Tanda ini berperan sebagai halnya pemisah pada URL situs Anda tersebut.

Jadi, keberadaan Query Strings sendiri sangat tidak memungkinkan situs Anda untuk menghasilkan cache pada sumber daya. Jika Anda ingin meningkatkan situs web dengan cara men-cache sumber daya statis seperti CSS dan JavaScript, Anda harus bisa menghilangkan Query Strings dari WordPress. Ini agar pengoptimalan WordPress Anda dapat bekerja secara maksimal.

Lantas bagaimana cara remove Query Strings di WordPress? Inilah yang akan saya bahas langsung melalui panduan. Intinya, Anda bisa teliti dalam menyimak tips dari saya. Perlu Anda ketahui juga, mengoptimalkan WordPress tidak harus pada konten Anda saja. Namun, dari sisi lainnya tetap harus Anda perhatikan agar semuanya dapat bekerja dengan sempurna.

Berikut adalah cara remove Query Strings di WordPress dari sumber daya statis dengan memanfaatkan sedikit kode.

1. Untuk memulai pekerjaan Anda dalam menghapus Query Strings di WordPress, Anda bisa menambahkan baris kode. Tambahkan saja kode berikut ke dalam file function.php pada theme WordPress Anda dipaling bawah. Lakukan melalui cPanel agar semua baik-baik saja.

function remove_query_strings () { 

if (! is_admin ()) { 

add_filter ('script_loader_src', 'remove_query_strings_split', 15); 

add_filter ('style_loader_src', 'remove_query_strings_split', 15); 

} 

} 

fungsi remove_query_strings_split ($ src) { 

$ output = preg_split ("/ (& ver | \? ver) /", $ src); 

return $ output [0]; 

} 

add_action ('init', 'remove_query_strings');

2. Jangan lupa simpan setelah menambahkan baris kode diatas. Sekarang cek situs Anda dengan menggunakan alat tes kecepatan sepert GTmetrix.

Selamat, Anda sudah berhasil menghapus Query Strings pada website WordPress Anda dengan cara diatas. Ini berarti, Anda sudah mengoptimalkan kinerja situs Anda agar lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lainnya. Yaitu dengan memanfaatkan plugin untuk membantu Anda melakukan pekerjaan ini. Banyak sekali plugin yang tersedia untuk menangani masalah Query Strings di WordPress. Diantaranya plugin tersebut, saya akan membahasnya untuk Anda. Mungkin, hanya beberapa plugin saja yang akan saya rekomendasikan.

Berikut adalah plugin untuk cara remove Query Strings di WordPress.

1. SG Optimizer

SG Optimizer Remove Query Strings

Ini adalah plugin yang saya coba rekomendasikan untuk Anda dan saya juga menggunakan plugin ini untuk mengatasi masalah Query Strings disitus saya. Melalui plugin SG Optimizer, saya mendapatkan kinerja terbaik untuk situs web WordPress yang saya miliki saat ini. 

Plugin SG Optimizer membantu saya menangani caching, pengaturan sistem, dan semua konfigurasi yang diperlukan untuk situs web yang sangat cepat. Namun, untuk Anda yang ingin menggunakan plugin satu ini, Anda harus berlangganan hosting di SiteGround.

Dengan SG Optimizer diaktifkan, Anda akan mendapatkan yang terbaik dari lingkungan hosting Anda sendiri.

2. W3 Total Cache

W3 Total Cache Remove Query Strings

W3 Total Cache adalah plugin pengoptimalan khusus WordPress yang sangat populer. Plugin ini tidak hanya bekerja untuk meremove Query Strings saja. Ia merupakan plugin cache yang sudah banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengoptimasi situs WordPress mereka.

Simak: Cara Setting Plugin W3 Total Cache Terbaru

Anda bisa mengandalkan plugin yang satu ini kalau memang tidak dapat menggunakan plugin yang saya rekomendasikan diatas yaitu SG Optimizer. Plugin ini juga memiliki fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan. Seperti halnya untuk minify CSS, minify Javascript, Lazy Load dan masih banyak lagi. Dapatkan plugin ini dengan free atau bisa juga versi premium agar mendapatkan dukungan penuh.

3. WP Rocket

WP Rocket Remove Query Strings

Plugin WP Rocket juga merupakan plugin yang sangat populer. Ia sangat keren kalau soal optimasi WordPress dan plugin ini bisa diandalkan untuk mengatasi query strings diwordpress. Tidak hanya itu saja, fiturnya hampir sama dengan W3 Total Cache yang mana merupakan plugin cache khusus WordPress.

Sebelum saya menggunakan plugin SG Optimizer, pertamanya saya memilih WP Rocket sebagai pilihan optimasi WordPress. Saya akui, plugin WP Rocket memang tidak ada tandingannya jika dibandingkan dengan plugin cache lainnya. Namun untuk menggunakan plugin ini, Anda perlu membayar. Anda dapat membeli plugin ini untuk langganan tahunan yaitu sekita $49.

Itulah tips dan panduan dari saya mengenai Cara remove Query Strings di WordPress dari sumber daya statis. Mudah-mudahan bisa menjadi rekomendasi Anda dalam upaya mengoptimalkan kinerja website. Ini adalah pekerjaan penting yang harus dilakukan sebagai pemilik website. Tentunya, agar kinerja situs Anda lebih cepat ketika diload dan mendapatkan ranking pertama dihasil pencarian.

Add Comment