Cara Setting AMP di WordPress

Cara Setting AMP di WordPress dapat dilakukan dengan sangat mudah. Itu kalau Anda memang sudah mengetahui langkahnya. Bagi Anda yang memang baru ingin menginstal plugin ini, Anda bisa mengikuti panduan saya. Kemungkinan tutorial saya ini dapat membantu Anda untuk pertama kalinya saat ingin membuat situs Anda dimuat dengan AMP (Accelerated Mobile Pages).

Kecepatan loading memang memberikan pengaruh yang besar untuk menarik banyak pengunjung. Terutama dalam memberikan pengalaman terbaik kepada semua pengguna. Oleh sebab itu, Anda bisa mendukung optimasi situs Anda dengan menggunakan plugin AMP. Cara setting AMP di WordPress bisa Anda lakukan sendiri. Anda tidak perlu ragu bahwa Anda tidak dapat mengubah blog Anda menjadi AMP.

Meski ada beberapa pilihan plugin AMP diluar sana, Anda dapat menggunakan yang sederhana saja. Melalui postingan ini, saya akan merekomendasikan satu plugin AMP yang lebih mudah dalam mengatur tampilan. Anda tidak perlu membeli template untuk situs Anda.

Cukup saja dengan memilih tampilan sederhana dari bawaan plugin AMP tersebut. Ketika blog Anda nantinya sudah mendukung tampilan AMP, kecepatannya sangat luar biasa saat diakses di mobile atau smartphone. Tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan setelah mengaktifkan plugin ini di WordPress Anda.

Terutama untuk perkembangan situs Anda di masa depan. Semenjak proyek AMP ini diluncurkan, banyak sekali pengguna WordPress yang mencoba beralih untuk mengikuti saran. Plugin AMP (Accelerated Mobile Pages) ini menjadi banyak perbincangan oleh semua pengguna WordPress. Ini adalah teknologi yang dikembangkan dalam upaya untuk meningkatkan akses kecepatan sebuah situs web.

Maka dari itu, meningkatkan kinerja WordPress Anda tidak perlu harus mengeluarkan banyak uang. Anda dapat memilih plugin yang satu ini untuk mendukung situs Anda agar tetap teroptimasi dengan sangat baik. Selain itu, Anda bisa tetap fokus untuk menyiapkan konten Anda yang berkualitas.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui tentang cara setting AMP di WordPress, silahkan Anda simak beberapa tips saya. Mengenai plugin AMP yang akan saya rekomendasikan, Anda dapat memilih plugin AMP official sebagai pilihan.

Berikut Cara Setting AMP di WordPress

1. Silahkan Anda mulai dengan login terlebih dahulu ke Dashboard WordPress Anda. Kemudian pada menu sebelah kiri pada Plugins, klik Add New.

2. Pada kolom keywoard kanan atas, Anda ketikkan saja AMP sehingga muncul beberapa plugin yang di maksud. Saya sarankan Anda memilih AMP By Project Contributors.

Cara setting AMP di WordPress

3. Selanjutnya Anda klik Install Now dan Activate. Masuk ke bagian Settings. Di halaman AMP Settings, Anda dapat menyesuaikannya seperti konfigurasi berikut.

AMP Settings
  • Untuk bagian Template Mode, Anda dapat menyesuaikan pengaturan Anda. Tapi, saya sarankan untuk memilih Reader saja.
  • Sedangkan untuk bagian Supported Templates, Anda dapat mengatur konten mana yang Anda ingin sertakan dalam pemuatan AMP. Saya rekomendasikan Anda memilih Posts saja. Tapi kalau Anda ingin menambahkan Pages atau Media, Anda tinggal ceklis saja.

4. Jika semua settingan yang ada sudah Anda tentukan, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

5. Sekarang Anda masuk ke Appearance dan klik AMP. Selanjutnya pada bagian Design, Anda bisa mengaturnya seperti keinginan Anda.

AMP Design
  • Sekarang Anda bisa mulai mengatur Customizing AMP. Dari pilihan Header Text Color diatas, silahkan Anda tentukan warna teks pada bagian header. Anda dapat menyamakannya dari warna yang ada di template WordPress yang Anda gunakan.
  • Berikutnya adalah mengatur Header Background & Link Color. Mengenai ini, Anda juga bisa menyesuaikannya seperti warna dari header tema Anda. Kalau desainnya warnanya menyatu dengan tema yang Anda gunakan, itu akan terlihat tidak berbeda.
  • Color Scheme opsional antara Light atau Dark. Display link to exit reader mode?, silahkan kosongkan saja.

6. Kalau semua pengaturan desain sudah Anda ubah seperti yang saya sarankan, jangan lupa klik Publised.

Selain dari yang sudah saya jelaskan diatas, Anda bisa juga menyimak tutorial saya berikut.

Anda sudah berhasil menyelesaikan tahapan diatas tentang cara setting AMP di WordPress. Sekarang, Anda dapat mengecek setiap postingan Anda di smartphone. Jangan lupa untuk menambahkan amp pada akhiran url.

Contohnya: https://www.imsahadi.com/cara-menonaktifkan-featured-image-di-amp/amp

Dengan beberapa langkah saja, situs Anda sudah bisa dimuat dengan halaman AMP seperti yang Anda inginkan. Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung setelah situs Anda mendukung plugin ini. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan peringkat terbaik dari hasil pencarian dengan konten Anda yang berkualitas.

Mungkin cukup sekian tips dari saya pada kesempatan ini tentang cara setting AMP di WordPress. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda semua dalam memahami penggunaan AMP (Accelerated Mobile Pages).

Add Comment