Cara Setting EWWW Image Optimizer

Cara Setting EWWW Image Optimizer di WordPress dapat dilakukan dengan sangat mudah. Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan gambar pada WordPress Anda secara menyeluruh, Anda dapat menggunakan plugin ini sebagai pilihan yang tepat. Optimasi WordPress bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Selain memilih untuk mengompres gambar yang ada, layanan hosting yang cepat juga perlu di prioritaskan. Kalau Anda menggunakan server yang kurang mendukung, semua akan menjadi sia-sia. Langkah Anda sudah mengoptimalkan gambar akan menjadi tidak berguna.

Maka dari itu, semua faktor yang mendukung kinerja situs Anda memang harus benar-benar mendukung. Kalau Anda sudah memiliki layanan hosting yang bagus, itu juga tidak hanya cukup disitu saja. Jadi, semua memang harus saling dioptimalkan dengan baik dan termasuk konten Anda.

Sekarang kalau semua sistem yang ada sudah Anda utamakan, selanjutnya bisa berpikir untuk mencari dukungan lainnya. Seandainya semua gambar yang ada di WordPress Anda memang belum di optimasi, Anda bisa memulai untuk menggunakan plugin EWWW Image Optimizer.

Ini merupakan salah satu plugin yang akan saya rekomendasikan kepada Anda. Plugin pengoptimal gambar populer masih dapat Anda temukan. Namun berbeda dengan plugin yang satu ini. Ia menawarkan fitur cukup bagus yang juga bisa diandalkan dalam mengembangkan situs WordPress Anda lebih SEO.

Cara Setting EWWW Image Optimizer jika Anda belum mengetahuinya, Anda bisa mengikuti panduan saya. Plugin ini tidak hanya membantu Anda untuk memaksimalkan semua gambar yang ada. Tapi, ia mampu memberikan situs Anda bukti dengan kompresi yang tidak mengorbankan kualitas gambar yang ada.

Simak: Cara Disable Directory Browsing di WordPress

Anda dapat mempercepat kinerja WordPress Anda dengan mudah melalui dukungan plugin ini. Semua kompresi yang dikerjakan oleh EWWW Image Optimizer adalah secara otomatis. Sehingga, Anda tidak perlu bekerja satu persatu untuk sekedar mengompresi gambar di situs Anda.

Mulailah dengan satu langkah mudah untuk menempuh masa depan situs Anda. SEO tidak hanya cukup dengan kecepatan server saja. Konten Anda juga perlu diperhatikan agar bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kalau situs Anda memang dapat diload dengan cepat, Anda juga yang akan mendapatkan keuntungannya.

Oleh sebab itu, salah satu plugin untuk membantu Anda mengoptimasi gambar adalah EWWW Image Optimizer. Plugin populer dan selalu update ini sangat kompatibel dengan versi WordPress saat ini. Anda dapat menggunakan plugin ini dengan sangat aman.

Untuk mengetahui tentang cara setting EWWW Image Optimizer, Anda dapat terus menyimak tips dari saya. Tindakan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Setelah itu, Anda dapat langsung mengoptimasi gambar di WordPress Anda dengan cepat.

Berikut Cara Setting EWWW Image Optimizer

1. Pertama, silahkan login ke Dashboard WordPress Anda terlebih dahulu. Kemudian, pada menu Plugins sebelah kiri, Anda klik Add New untuk menambahkan plugin baru.

2. Pada kolom pencarian, ketikkan saja EWWW Image Optimizer dan akan muncul nama plugin tersebut. Selanjutnya pilih Install lalu Activate. Plugin ini cukup banyak digunkan oleh pengguna WordPress. Sehingga Anda tidak perlu ragu.

3. Setelah plugin aktif, Anda klik Settings dan halaman baru akan terbuka. Kemudian pada bagian Basic, Anda akan mendapatkan beberapa konfigurasi yang perlu Anda ubah.

  • Optimization API Key silahkan klik Get a free trial key, lalu masukkan email aktif Anda. Setelah itu Anda akan mendapatkan API Key yang dikirm ke email. Cek email Anda lalu ambil key tersebut dan masukkan ke kolom yang tersedia.
  • Untuk pengaturan lainnya, Anda dapat menyesuaikannya seperti berikut.
Basic Setting

4. Kemudian Anda masuk ke bagian Easy Mode. Aktifkan saja Easy IO dan Lazy Load. Simapan perubahan setelah semuanya sudah Anda centang. Untuk kolom Exclusions, silahkan Anda kosongkan saja.

5. Sekarang Anda lanjut ke Advanced. Untuk JPG Quality Level, biarkan default atau Anda bisa mengubah angkanya seperti yang disarankan. Centang juga beberapa opsi lainnya seperti Parallel Optimization, Scheduled Optimization, Include Media Folders, Include Originals. Sedangkan pada kolom Folders to Optimize dan Folders to Ignore, ini opsional dan saran saya, biarkan kosong saja.

6. Selanjutnya ke pengaturan Resize. Ceklis Resize Detection dan untuk mengatur Resize Images, Anda dapat mengatur maksimal gambar yang Anda unggah dengan dimensi atau lebar dan tinggi sesuai ukuran yang Anda atur. Kalau bagian ini, saya biarkan kosong. Aktifkan juga Resize Existing Images dan Resize Other Images. Untuk bagian Disable Resizes, Anda bisa membirakan default karena ini menyesuaikan kebutuhan.

7. Masuk ke bagian Convert. Anda dapat mengaturnya seperti yang saya rekomendasikan berikut.

Setting Convert

8. Berikutnya langsung masuk ke pengaturan WebP. Sialhkan Anda ceklik beberapa diantaranya WebP Conversion, JS WebP Rewriting, WebP Rewriting, Force WebP.

9. Anda bisa masuk ke bagian Support. Ceklis Enable Embedded Help dan Debugging. Selain itu, pada pengaturan Contribute, aktifkan saja Allow Usage Tracking? kemudian simpan etiap kali Anda melakukan konfigurasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang semua langkah yang telah dijelaskan, Anda juga dapat menyimak tutorial berikut.

Anda sudah menyelesaikan semua konfigurasi melalui panduan diatas dan sekarang Anda dapat melihat hasilnya. Semua optimasi yang Anda lakukan pastinya bisa Anda coba untuk beberapa hari kedepan. Ini agar Anda mengetahui kinerja WordPress Anda setelah semua gambar sudah di kompres.

Demikian tutorial saya pada kesempatan ini tentang cara setting EWWW Image Optimizer di WordPress. Semoga bisa Anda pahami dengan baik dan membantu Anda untuk memaksimalkan situs Anda.

Add Comment