Cara Settings Plugin All in One SEO Pack Terbaru

Cara settings plugin All in One SEO Pack terbaru untuk optimasi wordpress Anda. SEO adalah faktor yang sangat penting untuk membuat situs Anda dapat dipahami dengan baik dan mendapatkan ranking tertinggi pada hasil pencarian.

Namun, apakah hanya cukup berharap saja bahwa situs Anda akan mendapatkan peringkat dan tidak melakukan tindakan yang seharusnya perlu Anda mulai sekarang. Membangun situs dengan CMS seperti WordPress memang sangat mudah untuk melakukan optimasi.

Salah satunya adalah mengenai SEO dan untuk memenuhi kebutuhan ini sudah tersedia banyak plugin. Untuk mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari perlunya upaya yang tidak sedikit namun tidak harus berlebihan. Kalau menurut Anda penerapan SEO adalah cukup rumit, dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir.

Pada postingan ini saya akan mencoba memberikan tutorial untuk Anda tentang cara SEO menggunakan plugin All in One SEO Pack terbaru. Apa saja yang perlu Anda lakukan setelah mengaktifkan plugin ini?

All in One Seo Pack merupakan plugin SEO yang cukup populer dan sudah banyak sekali penggunanya. Termasuk juga saya yang sampai sekarang ini terus menggunakannya pada situs ini. Menurut saya, plugin ini menawarkan kemudahan soal optimasi WordPress dibandingkan plugin lainnya yang menurut saya sendiri cukup bingung.

Mungkin karena saya belum paham atau memang lebih cocok dengan plugin ini. Kebetulan saya memiliki dua situs yang keduanya menggunakan All in One SEO Pack. Dari keduanya saya hanya menggunakan versi pro untuk satu situs saja dan sudah hampir lima tahun lamanya. Untuk situs yang saya kelola ini masih menggunakan versi gratis karena saya belum memiliki modal untuk mulai melakukan upgrade ke Pro.

Sebagai rekomendasi saya untuk kalian semua yang baru mau menggunakan plugin ini dan belum mengetahui bagaimana melakukan settings, mungkin saya dapat membantu dengan beberapa tahapan sederhana. Tidak perlu memikirkan optimasi yang membingungkan dan hanya cukup beberapa pengarturan saja. Sisanya Anda dapat melakukan optimasi dengan menyajikan konten artikel yang berkualitas karena ini sangatlah penting.

Untuk soal kecepatan loading situs, mungkin akan berbeda dan saya tidak akan membahas soal itu. Karena mengoptimalkan kecepatan situs memerlukan beberapa diantaranya yang harus mendukung. Bisa dari memilih layanan hosting yang cepat, dukungan theme atau template dan plugin yang selalu update.

Simak juga:

Menggunakan plugin All in One SEO Pack dapat membantu Anda memulai tahap pertama untuk membuat situs Anda mendapatkan ranking terbaik dihasil penelusuran. Beberapa pengaturan perlu Anda sesuaikan dan untuk memahami itu, saya akan rekomendasikan beberapa langkah saja.

Berikut adalah mengenai cara settings Plugin All in One SEO Pack versi saya pribadi dan juga menyesuaikan pengalaman saya. Anda dapat memulai memahami settingan untuk plugin ini dengan menyimak langkah berikut.

Silahkan masuk pada bagian Feature Manager dan activate saja fitur yang diperlukan yaitu

  • XML Sitemaps
  • Social Meta
  • Robots.txt
  • Bad Bot Blocker

Pertama, masuk dibagian General Settings dan sesuaikan seperti berikut. Untuk Use Original Title silahkan ikut diceklis kalau itu menjadi keinginan Anda.

General Settings

Kedua, pada bagian Home Page Settings maka sesuaikan nama atau judul situs Anda lalu isikan dan jelaskan secara singkat deskripsi tentang situs Anda minimal 160 karakter.

Home Page Settings All in One

Ketiga, menyesuaikan bagian Title Settings dan atur seperti berikut untuk lebih optimalnya.

Title Settings All In One

Keempat, untuk bagian Content Type Settings dan Display Settings silahkan atur dengan rekomendasi seperti dibawah ini dan hanya ceklis Posts dan Page. Jika Anda menginginkan media untuk disertakan maka silahkan pilih juga.

Mulai Content Type dan Display Settings

Kelima, sekarang lanjut pada pengaturan Webmaster Verification dan masukkan kode verifikasi dari masing-masing kolom yang ditentukan yakni Search console, Bing webmaster, Yandex webmaster serta Pinterest dan Baidu webmaster. Silahkan lakukan verifikasi situs Anda terlebih dahulu kalau memang belum.

Verifi Webmaster

Keenam, mulai settings Google Analytics dan masukkan analytics ID Anda kalau memang menggunakannya dan enable Advanced Analytics Options. Untuk bagian lainnya silahkan sesuaikan dengan ceklis Track Outbound Links karena ini akan membantu Anda melacak tautan yang keluar dari situs Anda atau kesitus lainnya. Enhanced Link Attribution dapat memungkinkan Anda untuk memberi tag pada halaman dan menerapkan fungsionalitas tautan yang telah disempurnakan.

Ketujuh, pada Schema Settings silahkan enable Use Schema.org Markup dan ceklis Display Sitelinks Search Box. Masukkan link sosial Anda seperti facebook dibagian Social Profile Links. Untuk Person or Organization, Anda pilih person saja kalau memang tidak menggunakannya secara organisasi.

Settings Schema Markup

Kedelapan, Pada bagian Noindex Settings perhatikan dengan baik saat mengatur ini dan untuk lebih mudahnya silahkan ceklis saja pilihan berikut.

  • Use noindex for Categories
  • Use noindex for Date Archives
  • Use noindex for Author Archives
  • Use noindex for Tag Archives
  • Use noindex for the Search page
  • Use noindex for the 404 page
  • Use noindex for paginated pages/posts

Kesembilan, Advanced Settings silahkan ceklis pada pilihan Autogenerate Descriptions saja dan untuk lainnya silahkan Anda sesuaikan sendiri.

Kesepuluh, sekarang Anda lanjut dibagian Keyword Settings dan ini tergantung Anda apakah akan menggunakannya atau tidak.

Settings keyword

Saat ini keyword tidak memiliki nilai sama sekali dalam SEO. Kalau Anda ingin tetap menggunakannya, silahkan sesuaikan seperti rekomendasi saya diatas. Jangan lupa Update Options setelah semua pengaturan sudah selesai.

Sekarang Anda masuk pada tahap selanjutnya yaitu tentang pilihan XML Sitemap dan settings saja seperti berikut kemudian update.

Settings XML Sitemaps

Pada bagian Schedule update Anda tentukan sendiri waktunya dan kapan XML sitemap akan melakukan pembaruan. Jangan lupa ceklis Enable sitemap indexes lalu tentukan jumlah maksimum dari post dan page Anda. Kalau Anda sudah menyesuaikan setelan seperti diatas maka klik Update Sitemap.

Kemudian Anda lanjut dengan masuk kebagian Social Meta.

Pengaturan pertama adalah untuk Home Page Settings, Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini sama seperti pada General Settings. Jangan lupa bahwa Anda dapat meng-upload gambar yang akan digunakan untuk situs Anda sebagai bagian Home. Kalau Anda memang ingin menggunakannya silahkan saja.

Kedua adalah Image Settings, pada bagian ini Anda dapat memilih Featured Image atau Default Image. Jangan lupa upload gambar yang ingin Anda gunakan dan sertakan ukurannya di bagian Default Image Width serta Default Image Height. Kalau saya sendiri lebih memilih Featured Image karena saya tidak menginginkan gambar tambahan.

Ketiga mengatur Facebook Settings, Anda dapat menambahkan Facebook Admin ID dan Facebook App ID Anda. Jangan lupa ceklis beberpa pilihan yang diperlukan seperti berikut.

Facebook Setting

Jangan lupa juga masukkan link profil facebook Anda pada kolom Show Facebook Publisher on Articles lalu ceklis Show Facebook Author on Articles.

Keempat, Anda dapat mengatur bagian Twitter Setting dan pada Default Twitter Card Anda dapat menentukan pilihan Summary atau Summary Large Image. Selanjutnya Anda masukkan Twitter Site yakni link profil akun twitter Anda. Ceklis juga pilihan Show Twitter Author dan masukkan nama twitter Anda pada kolom Twitter Domain.

Kelima, pada bagian Advanced Settings silahkan ceklik hanya Use Content For Autogenerated OG Descriptions kemudian Update Options. Selanjutnya Anda coba klik Scan Now untuk mengecek apakah ada indikasi duplikat social meta tag atau tidak.

Langkah berikutnya Anda dapat masuk pada pilihan Robot.txt. Kalau Anda sudah mengaktifkan fitur ini maka akan secara otomatis menghasilkan robot.txt default. Jika Anda ingin menghapus atau menambahkan maka itu tinggal Anda sesuaikan.

Bad Bot Blocker, fitur ini memungkinkan Anda melakukan tindakan untuk berperilaku buruk terhadap bot yang memperlambat situs web Anda. Silahkan pilih saja Block Bad Bots using HTTP dan Block Referral Spam using HTTP. Untuk lainnya jika memang diperlukan Anda dapat menambahkan Track Blocked Bots dan Use Custom Blocklists.

Dengan beberapa langkah diatas Anda sudah dapat melakukan optimasi plugin All in One SEO Pack yang Anda gunakan. Untuk pengaturan lainnya silahkan Anda tambahkan sendiri kalau Anda memang memerlukan settingan lanjutan. Atau, Anda dapat menyimak video berikut sebagai rekomendasi saya mengenai langkah-langkah diatas.

Demikian tutorial dari saya tentang cara settings plugin All in One SEO Pack. Semoga dapat membantu Anda yang baru saja mengaktifkan plugin ini disitus WordPress Anda. Secara penggunaan plugin ini memang menawarkan kemudahan dan Anda tidak akan menemui kesulitan meskipun baru pertama kali menggunakannya.

2 Comments

  1. furnijid December 20, 2019
    • Mas Hadi December 22, 2019

Add Comment