Blogging

Cara Settings Plugins WP-Optomize

Disini saya akan memandu Anda untuk memahami cara melakukan setting plugin WP Optimize hanya dengan beberapa tahap saja. Mengoptimalkan database website WordPress Anda adalah satu langkah yang tepat untuk membantu mempercepat kinerja blog Anda.

Jika website WordPress Anda memiliki respon muat yang lambat maka akan mengganggu pengguna atau orang yang ingin berkunjung ke blog Anda. Untuk itu, Anda bisa memasang plugin satu ini yang tersedia gratis untuk membantu Anda membangun website baru Anda dengan cukup optimal.

Langkah yang tepat bisa segera Anda ambil sekarang sebagai pemilik website dan segera mendownload plugin ini lalu Anda upload ke WordPress Anda. Memberikan pengalaman pengguna pengunjung website Anda adalah hal yang kedua yang harus Anda pikirkan sekarang yaitu kecepatan loading.

Kenapa yang kedua? Bila Anda tahu bahwa konten Anda adalah yang pertama sebagai prioritas yang harus Anda sajikan. Karena artikel yang mengandung makna dan dapat memberikan informasi yang tepat bagi pengguna website Anda adalah sesuatu hal yang dicari.

Sekarang Anda bisa kebagian optimasi untuk menjaga pengunjung website Anda tetap nyaman saat mengakses website Anda. Mungkin tidak hanya plugin ini saja yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda mengembangkan website Wordpess Anda.

Tapi, ini bisa juga menjadi alat tambahan dari beberapa plugin yang sudah Anda install dan telah aktif sekarang. Setelah Anda memiliki satu plugin tambahan ini, kualitas kecepatan website Anda juga akan bertambah. Selain Anda harus menyediakan konten-konten yang berkualitas, Anda juga perlu mengetahui beberapa cara mengatur optimasi website Anda supaya makin baik.

Jika Anda belum memiliki plugin ini yang terpasang diwebsite Anda, mulai sekarang Anda bisa pasang dan mulai mengaktifkan lalu mengatur pengaturan yang diperlukan. Anda bisa mendapatkan plugin ini dari Dashboard Worpdpress Anda karena itu lebih mudah.

Simak juga: SiteGround Hosting Terbaik Rekommended

Caranya, Anda bisa langsung Add new plugin dibagian Plugins dan ketikan WP Optimize maka akan muncul. Aktifkan plugin dan sekarang mulai untuk men-setting optimasi yang harus diperlukan. Saya akan bantu Anda dalam mengatur plugin ini sesuai pengetahuan saya dan yang saya terapkan sekarang.

Setelah plugin aktif, sekarang klik WP-Optimize dan silahkan simak cara setting seperti berikut:

1.Kita mulai dari bagian WP Optimize

Mulai seting bagian WP Optimize

  • Centang pada bagian Optimize database tables untuk perintah mengoptimalkan table dalam databes WordPress Anda.
  • Centang pada bagian Clean all post revisions untuk mengatur pengoptimalan dan membersihkan sampah setelah Anda mempubikasikan posting. Ini kadang menumpuk didatabase WordPress Anda dan bisa memberatkan loading.
  • Centang pada bagian Remove spam and trashed comments untuk membuang komentar yang tidak penting dan bahkan mengandung spam.
  • Centang pada bagian Clean all auto-drafts and trashed posts untuk mengatur optimasi bagian post yang tersimpan di Drafts dan juga menghapus posting yang sudah Anda hapus dan daripada menjadi sampah.
  • Centang pada bagian Remove unapproved comments untuk mengatur optimasi atau menghapus komentar yang tidak Anda ingin setujui karena diluar pembahasan post Anda.

2. Sekarang kita optimasi pengaturan umum dibagian Settings.

Disini kita bisa mengatur optimasi database yang bisa kita jadwalkan waktunya. Anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai keinginan Anda atau jika Anda ingin pengaturan standar maka sesuaikan seperti berikut.

Settings jadwal WP Optimize

  • Mulai dari General Settings, centang pada bagian Keep Last dan atur angka waktu yang Anda inginkan apakah ingin mengatur jadwal untuk 1 minggu atau 2 minggu. Pengaturan ini akan menjadi opsi jika memungkinkan waktunya relevan. Ini juga dapat mempertahankan data dari periode yang dipilih, dan menghapus data sampah sebelum periode itu.
  • Centang juga pada pilihan Enable admin bar link, opsi ini akan menampilkan WP Optimize dibagian atas. Ini netral saja karena Anda mungkin memilih tidak, dan jangan dicentang untuk opsi tersebut.
  • Sekarang mengatur jadwal pada bagian Auto clean-up settings, centang pada kolom Enable scheduled clean-up and optimization. Opsi ini bermaksud untuk mengatur jadwal pembersihan dan optimasi secara otomatis. Silahkan Anda pilih opsi penjadwalan optimasi tersebut apakah ingin melakukan optimasi harian, mingguan atau bulanan.
  • Selanjutnya, centang semua kolom dari bagian Optimize database tables, Remove auto revisions, Remove spam and trashed comments, Remove auto-drafts and trashed posts, Remove unapproved comments, Remove expired transient options. Setelah semua yang saya sebutkan tersebut sudah Anda centang lalu klik Save Settings.
  • Pada bagian Logging Settings ini netral apakah Anda ingin centang atau tidak. Namun, dalam pengaturan saya kedua pilihan tersebut saya tidak centang karena menurut saya memang tidak perlu.

Itulah diatas cara mengatur optimasi database website WordPress dengan plugin WP Optimize yang bisa saya referensikan untuk Anda. Silahkan sesuaikan pengaturan sendiri karena diatas adalah sebuah panduan dasar dan termasuk pengaturan yang sampai sekarang saya terapkan diwebsite ini.

Sebagai tambahan untuk pengoptimalan website WordPress sebenarnya masih banyak plugin lainya yang juga gratis. Atau Anda ingin lebih mendapatkan kualitas pengoptimalan dan kecepatan loading WordPress Anda bisa juga menggunakan plugin berbayar seperti WP Rocket. Ini adalah salah satu plugin cache yang keren dan sangat membantu untuk mendukung performa loading website berbasis WordPress.

Join The Discussion