Blogging

Cara Settings Plugins WP Rocket Di WordPress

Mengoptimalkan website WordPress Anda menjadi definisi sangat penting bila pengunjung blog Anda cukup maksimal perharinya. Ini menyatakan bahwa Anda sangat memprioritaskan pengalaman pengguna atau tamu diwebsite Anda.

Website yang lambat sangat membuat pengunjung kadang harus menunggu lama saat memuat halaman dibrowser yang mereka gunakan. Otomatis pengunjung sangat kesal bila mendapati informasi yang mereka cari tidak segera mereka temukan karena proses loading website terasa lambat.

Pengunjung akan pergi dan melihat bahwa website Anda belumlah profesional dalam menyajikan tingkat pengalaman pengguna. Maka dari itu, kecepatan website Anda haruslah menjadi bagian dari optimasi yang bisa Anda lakukan sekarang. Jika Anda salah satu dari pengguna CMS WordPress, pasti Anda tidak terlepas dari dukungan penggunaan plugins.

Ini ada salah satu plugins cache yang dapat membantu Anda untuk lebih mengoptimalkan kecepatan website Anda. Sayangnya plugins ini tidak ada versi gratis namun kualitasnya juga tidak perlu Anda remehkan. Apalagi Anda menjadikan website Anda sebagai metode untuk menghasilkan uang secara online.

Setidaknya investasi yang akan Anda keluarkan untuk membeli plugins ini tidak akan sia-sia dalam mendukung pengoptimalan website wordpress Anda. Blogging menjadi sarana Anda untuk menghasilkan uang maka investasi juga perlu Anda lakukan.

Plugins WP Rocket menjadi salah satu plugins yang juga saya gunakan diwebsite saya yang satu lagi dan mengenai kecepatannya sudah saya buktikan sendiri. Plugins ini memiliki banyak fitur yang kan mendukung kinerja website WordPress Anda mulai dari masalah hasil dipages speed.

Simak juga: SiteGround Hosting Terbaik Rekommended

Performa yang akan Anda dapatkan sangatlah memuaskan dikarenakan fiturnya yang cukup lengkap dan Anda tidak harus lagi memperbanyak dukungan plugins lainnya. Dengan plugins ini Anda tidak perlu menggunakan plugins WP Optimize karena dalam fitur di plugins WP Rocket sudah ada untuk mengoptimasi Database Anda.

Untuk mulai menggunakan plugins ini Anda harus mau mengeluarkan sedikit uang dollar Anda jika Anda memang menginginkan website Anda lebih optimal. Selain itu, Anda harus memahami bagaimana cara settings plugins ini supaya performa yang Anda dapatkan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Mungkin dengan Anda menginvestasikan uang dollar Anda dengan membeli plugins ini Anda akan menghasilkan kecepatan website WordPress Anda dan pengalaman pengguna. Disisi lain, semakin website Anda optimal mengenai kecepatannya, maka otomatis pengunjung akan bertambah dan penghasilan online Anda juga bertambah.

Anda bisa melihat langsung fitur-fitur yang dimiliki oleh plugins yang satu ini dan perbedaanya dengan plugins lainya seperti WP Super Cache, Hyper Cache, W3 Total Cache sangatlah jauh.

Harga plugins WP Rocket

Jika Anda adalah salah satu pembisnis online seperti blogger maka sudah pasti tidak akan takut untuk berinvestasi. Dari pada Anda menggunakan suatu plugins yang gratis maka perbedaan dengan Anda menggunakan plugins berbayar akan jauh berbeda.

Kesempatan untuk meningkatkan SEO kecepatan website Anda harus Anda utamakan dan Anda tidak akan rugi dalam investasi yang Anda keluarkan hari ini. Anda sudah lihat gambar diatas mengenai harga plugins WP Rocket dan ini untuk investasi satu tahun dengan dukungan support penuh dan garansi uang kembali dalam waktu 30 hari.

Untuk satu website saja harga plugins ini hanya $39 dan Anda bisa memilih sendiri untuk kebutuhan Anda dalam menggunakan plugins ini apakah untuk satu website atau bahkan lebih. Kalau saya sendiri untuk kesempatan dalam menggunakan plugins ini saya coba pada satu website saya. Sambil menunggu dana lagi, maka saya coba untuk tiga website pada rencana kedepanya.

Baiklah jika Anda sudah siap untuk mulai mengoptimalkan website WordPress Anda dalam kecepatan loading maka silahkan untuk segera mendaftar dan membeli plugins ini. Alat ini akan mendukung dalam kebutuhan mengompres Javascript dan CSS pada website Anda. Plugins ini masih banyak lagi fiturnya dan nanti Anda bisa melakukan settings sendiri.

Disini saya akan coba memberikan tutorial dengan sederhana cara settings plugins WP Rocket bila Anda baru menggunakan plugins ini. Tutorial ini akan saya sesuaikan dengan pengetahuan saya dalam menggunakan plugins ini dan semoga dapat membantu Anda.

Sekarang silahkan kunjungi situs https://wp-rocket.me/pricing/ lalu memilih harga sesuai yang Anda butuhkan apakah Anda ingin menggunakan plugins ini untuk satu website saja atau lebih. Silahkan pilih kemudian mengisi form lalu melakukan pembayaran. Setelah itu, Anda harus mendownload plugins tersebut kemudian mengupload kewebsite WordPress Anda dan mengaktifkannya.

Cara Settings Plugins WP Rocket Di WordPress Silahkan Simak Langkah Ini Dengan Teliti

1. Ini adalah setingan pertama yang harus Anda lakukan di bagian Basic dan ini juga setingan yang saya lakukan diwebsite saya. Anda bisa menyesuaikan settingan Anda sendiri sesuai kebutuhan Anda karena website saya juga tersemat video untuk melengkapi artikel yang saya tulis maka saya settings seperti berikut.Cara settings basic di wp rocket

  •  Pada Lazyload saya centang semua karena seperti yang saya jelaskan, jika website kita juga menyematkan iframes and videos maka loading akan dimuat dengan cepat.
  • Pada Mobile Cache juga saya entang semua karena mengaktifkan keduanya akan membuat website kita menjadi mobile friendlier
  • Pada User Cache saya tidak centang karena menurut saya memang tidak memerlukannya aktif
  • Pada SSL Cache ini sudah aktif secara otomatis karena website saya terinstall SSL Sertifikat dan bila website Anda diakses dengan https karena terinstall SSL maka ini akan aktif juga dengan sendirinya
  • Pada Emoji Cache saya centang karena menurut saya ini akan mengurangi jumlah permintaan http dan dapat meningkatkan pemuatan halaman pada website
  • Pada Embeds saya centang karena memang perlu dan bila Anda tidak menginginkannya Anda juga tidak harus mengaktifkannya. Ini akan bermanfaat untuk mencegah embedding orang lain dari website Anda dan menghapus permintaan javascript
  • Pada Cache Lifespan saya atur menjadi angka delapan untuk secara otomatis menghapus cache global website saya selama 8 jam

2. Sekarang kita masuk pada Settings Static Files dimana kita akan melakukan optimasi untuk mengecilkan dan menggabungkan file Javascript atau CSS juga mengecualikan file yang memang tidak perlu dimasukan untuk dioptimasi. Perlu kita tahu bahwa tidak semua file Javascript maupun CSS bisa semua kita optimasi dan kita hanya perlu mengecualikannya. Disini Anda bisa settings bagian ini seperti berikut.Cara settings static file di wp rocket

  • Pada bagian pertama yaitu Minify files dipilihan ini saya centang semua
  • Pada pilihan Combine files juga saya centang semua
  • Untuk pilihan Exclude CSS, dibagian ini Anda silahkan kecualikan file CSS yang tidak akan disertakan pada pengoptimalan dan kebetulan ada salah satu plugins yang saya gunakan yang tidak bisa dioptimalkan. Maka dari itu saya kecualikan kode CSS plugins tersebut dibagian ini.
  • Pada pilihan Exclude JS saya hanya menyertakan beberapa kode javascript saja yang tidak bisa dioptimasi. Jika Anda memiliki kode javasecript yang ingin di kecualikan maka Anda harus mengisikannya pada kolom ini.
  • Pada bagian Remove query strings ini saya centang karena ini dapat meningkatkan kecepatan website kita dan menghapus string versi query dari file statis (misalnya style.css ver = 1.0?) Dan encode ke dalam nama file.
  • Pada bagian Render-blocking CSS/JS ini saya centang semua karena fungsi ini akan memuat kode javascript dan CSS diwebsite kita secara asynchronous. Selain itu, fungsi ini akan mengurangi banyaknya permintaan http diwebsite kita dan mempercepat waktu loading website.
  • Sekarang pada bagian Critical path CSS disini Anda harus mengetahui apa yang harus Anda lakukan. Untuk mengaktifkan fungsi ini Anda harus pergi ke google pagespeed insight kemudian uji kecepatan website Anda. Setelah Anda menemukan kesalahan seperti 2 kode berikut pada pengujian website Anda maka silahkan copy dan masukan pada kolom Specify CSS rules required for rendering above-the-fold content.

    Menghilangkan JavaScript dan CSS yang memblokir perenderan di konten paruh atas

    Laman Anda memiliki 2 sumber daya skrip yang memblokir. Ini menyebabkan penundaan dalam perenderan laman Anda.
    
    https://www.imsahadi.com/…n/1/b35874f661a2ffee16c7c526ed389493.css
    https://fonts.googleapis.com/…=Roboto:500%7CRoboto:normal&subset=latin
    
    Setelah Anda memasukan 2 kode diatas tersebut kemudian save dan cek kembali website Anda di google pagespeeds.

3. Sekarang kita masuk pada pengaturan selanjutnya yaitu CDN dimana jika Anda menggunakan layanan CDN seperti Cloudflare maka silahkan centang pada pilihan Show Cloudflare settings tab kemudian save.Cara mengaktifkan cloudflare di wp rocket Cara settings cloudflare di wp rocket

  • Setelah Anda mengaktifkan fungsi CDN sekarang Anda pilih tab Cloudflare dan masukan email yang Anda pakai untuk akun cloudflare Anda di bagian Account email.
  • Pada bagian Global API key silahkan masukan Api key yang Anda dapat di akun cloudflare Anda
  • Selanjutnya pada bagian Domain silahkan masukan domain Anda

4. Sekarang pada settings selanjutnya adalah dibagian Advanced dan untuk opsi ini Anda harus lebih hati-hati dalam melakukan pengaturan. Untuk saya sendiri hanya saya settings pada pilihan Always purge (URLs).Cara settings bagian advanced di wp rocket

  •  Seperti gambar diatas bahwa saya hanya melakukan settings dengan memasukan kode url https://www.domain.com/wp-admin/edit.php. Ini akan berfungsi untuk menghapus cache pada bagian post ketika Anda mengedit ulang postingan Anda dan tidak membuatnya menumpuk sampah pada database website Anda. Untuk membersihkan cache dengan fungsi ini biasanya bisa Anda lakukan dibagian kanan post yaitu Clear Cache ketika Anda menulis atau mengedit postingan.
  • Untuk settingan lainnya silahkan sesuaikan menurut Anda sendiri jika memang Anda perlu langkah lebih lanjut dalam mengoptimalkan website Anda.

5. Pada settingan Database, disini semua pilihan saya centang untuk fungsi dalam mengoptimalkan database website sehingga semua post seperti Revisions, Expired transients, All transients, Spam comments. Setelah Anda mencentang semua maka silahkan save terlebih dahulu. Anda bisa mengoptimalkan databese WordPress Anda dengan klik Optimalkan dibagian bawah dan ini bisa Anda lakukan kapan saja atau setelah Anda selesai update postingan baru.

6. Sekarang kita masuk pada settings Preload dan untuk ini pengaturannya sangatlah mudah. Anda bisa menyesuaikannya seperti berikut.Cara settings preload pada wp rocket

  •  Silahkan centang pada bagian Sitemap preloading dan centang pada bagian plugins yang terdeteksi dan untuk ini kebetulan saya menggunakan plugins All in One SEO Pack jadi saya pilih ini.
  • Pada bagian Sitemap crawl interval, silahkan Anda sesuaikan sendiri atau Anda bisa samakan seperti gambar diatas
  • Pada bagian Sitemaps for preloading silahkan masukan url sitemap website Anda contohnya https://www.domain.com/sitemap.xml
  • Berikutnya adalah bagian Preload bot, disini Anda bisa centang semua yakni pilihan Manual dan Otomatis
  • Pada bagian Prefetch DNS requests, silahkan masukan kode //fonts.googleapis.com dan //ajax.googleapis.com lalu kemudian di Save setelah setingan selesai.

7. Kita mulai untuk tab Varnish yaitu pengaturan selanjutnya disini Anda harus tahu apakah hosting Anda mendukung fungsi Varnish.Cara settings varnish di wp rocket

  •  Settings fungsi Varnish cache di WP Rocket bisa Anda centang pada bagian Sync Varnish cache kemudian Save. Ini berfungsi untuk menghapus cache secara otomatis sehingga konten website kita selalu up to date.

8. Settingan terakhir adalah bagian Tols dan untuk pengaturan ini silahkan Anda centang Beta testing kemudian Save. Fungsi ini akan menghapus seluruh cache pada website Anda dan cara kerjanya Anda bisa klik Preload cache dibagian atas kapan Anda ingin memulai membersihkannya.

Setelah semua settingan diatas selesai maka Anda bisa sendiri mengetahui kecepatan website WordPress Anda sekarang dengan bantuan tools dari layanan berikut.

Referensi: Cara Membuat Safelink Converter Di WordPress

Itulah beberapa langkah untuk melakukan optimasi kecepatan website WordPress dengan plugins WP Rocket. Pengaturan diatas adalah cara yang saya gunakan untuk mengoptimalkan website yang saya kelola. Untuk memahami semua pengaturan diatas saya membutuhkan waktu hampir satu tahun selama saya menggunakan plugins ini.

Join The Discussion