Cara Settings Plugins WP Super Cache

Jika Anda ingin tahu mengenai cara Settings plugins WP Super Cache untuk mengoptimalkan WordPress, saya akan mengulasnya untuk Anda. Optimasi sebuah website menjadi cara yang bisa Anda lakukan sendiri dan Anda bisa menggunakan bantuan plugin bila ternyata Anda tidak memahami tentang coding.

Sepenuhnya sebagai pengelola blog memang perlu mengutamakan hal ini. Karena selain dapat memberikan pengalaman pengguna, Anda juga akan merasa nyaman jika blog yang Anda kelola bisa optimal. Loading sebuah blog mempengaruhi kualitas struktur blog yang mana jika terasa lambat, maka Anda akan kehilangan pengunjung.

Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus konsisten untuk membuat blog atau website Anda bisa cukup profesional. Tidak cukup hanya itu saja yang harus Anda pikirkan. Karena kecepatan blog optimal tanpa didukung sebuah kualitas konten atau artikel yang menarik sama saja membuang waktu Anda.

Anda juga harus memperhatikan hal ini yaitu konten atau artikel Anda harus sangat berkualitas karena ini akan mendukung perkembangan blog Anda kedepanya. Jangan buang waktu Anda hanya memiliki niat setengah-setengah tanpa konsisten memperhatikan artikel dalam blog Anda.

Apa lagi jika Anda menjadikan blog Anda sebagai penghasilan online sampingan maupun penghasilan tetap Anda sekarang ini. Tentu, mengoptimalkan kecepatan blog Anda harus juga diimbangi dengan isi artikel yang mengandung manfaat bagi pengguna.

Perlu Anda ketahui tentang plugin cache, satu diantara plugin gratis cache lainya menurut saya sendiri lebih memilih WP Super Cache ini. Untuk hanya sekedar membersihkan cache dan mengoptimalkan standar kecepatan blog WordPress plugin ini cukup bagus untuk saya. Namun, ada juga plugin cache yang lebih maksimal lagi dalam memberikan sarana dan fitur dalam pengoptimalan kecepatan blog berbasis WordPress.

Plugin tersebut bernama WP Rocket dan ini menjadi salah satu plugin yang saya gunakan diwebsite saya lainya. Pengalaman menggunakan plugin tersebut memang sangat memuaskan bagi saya sendiri dan mungkin Anda akan mengalami hal yang sama bila menggunakanya.

Sayangnya, plugin ini tidak ada versi gratis. Jadi, jika Anda ingin mengoptimalkan blog Anda dengan dukungan plugin WP Rocket, maka Anda harus berani berinvestasi.

Simak: Cara Settings Plugins WP Rocket Di WordPress

Jika Anda memang ingin menghemat uang Anda dalam optimasi blog WordPress yang Anda kelola sekarang ini, maka Anda bisa menginstall plugin WP Super Cache. Ini adalah plugin gratis yang sudah banyak sekali digunakan oleh beberapa orang dan sekarang mungkin termasuk Anda juga.

Untuk pertama kalinya bila ternyata Anda menginginkan plugin WP Super Cache ini untuk segera Anda aktifkan diblog WordPress Anda, pastinya Anda belum memahami tentang cara settings plugin tersebut dengan baik. Maka dari itu, saya akan coba memberikan panduan ini dan semoga dapat membantu Anda sepenuhnya.

Berikut Cara Settings Plugins WP Super Cache, Silahkan Simak Dengan Teliti

1. Pertama, Anda download dahulu plugin WP Super Cache kemudian upload ke website WordPress Anda dan segera mengaktifkannya.

2. Setelah plugin aktif, sekarang mulai untuk setting dibagian tab Easy dan klik Update Status.

Mulai Mengaktifkan super cache

3. Kemudian, Anda masuk pada tab Advanced dan disini cukup banyak yang harus Anda centang sebagai pilihan setingan terbaik Anda. Anda bisa menyamakannya seperti konfigurasi berikut.

Setting Advanced WP Super cache

4. Masih pada settings lanjutan dibagian Advanced. Silahkan sesuaikan seperti berikut yakni, centang pada pilihan Dinamic caching dan Mobile device support.

Konfigurasi dinamic caching super cache

5. Masih tetap pada bagian Advanced, berikut settings lanjutan mungkin bisa Anda sesuaikan lagi seperti berikut. Perhatikan pada Cache Location, ini tidak perlu Anda rubah secara default akan otomatis dan setelah itu klik Update Status untuk menyimpan pengaturan Anda.

Settings cache location pada Super cache

6. Sekarang lanjut pada Expiry Time & Garbage Collection dan silahkan atau seperti pada gambar berikut atau Anda bisa menyesuaikan pengaturan Anda sendiri lalu klik Change Expiration. Pada settingan di bagian Advanced ini sudah cukup dan sekarang klik Kirim dibagian paling bawah.

Settings expyre super cache

7. Selanjutnya pada Settings CDN, maka aktifkan pengaturan Enable CDN Support ini seperti berikut. Jika diperlukan, Anda bisa menyesuaikanya dan pengaturan ini biasanya akan otomatis terisi bila Anda sudah mengaktifkanya. Klik Save Changes untuk menyimpan.

Cara Settings CDN Super cache

8. Perlu Anda tahu bahwa bagian CINAME dan Skip https URLs to avoid “mixed content” errors, ini tidak harus diisi dan dicentang. Biarkan saja default lalu Save Change untuk menyimpan pengaturan Anda.

Settings CNAME Super Cache

9. Sekarang Anda masuk pada Settings Preload dan pada pengaturan ini, Anda bisa samakan seperti berikut atau Anda bisa mengatur waktunya sesuai keinginan Anda.

Settings Preload pada WP super cache

10. Selesai. Untuk memulai membersihkan cache pada blog Anda, dibagian atas Dashboard Anda akan menemukan menu Delete Cache. Anda bisa klik untuk memulai pekerjaan ini.

Itulah beberapa pengaturan yang saya lakukan pada cara settings plugins WP Super Cache ini dan Anda bisa mengikuti langkah saya diatas sebagai rekomendasi Anda. Anda juga dapat menyimak video berikut sebagai rekomendasi tambahan dalam memahami langkah diatas.

Memanfaatkan plugin WP Super Cache untuk mengoptimalkan WordPress hanya bisa Anda lakukan beberapa langkah saja. Sekarang, Anda tinggal fokus pada pembuatan konten berkualitas atau usahakan menulis artikel secara rutin supaya pengunjung blog Anda makin meningkat.

Demikian tips dari saya mengenai cara settings plugins WP Super Cache. Semoga apa yang sudah saya ulas diatas dapat membantu Anda memahami penggunaan plugin ini dengan tepat. Anda bisa saja merubah pengaturan Anda sendiri dan intinya semua upaya yang Anda lakukan harus Anda pahami supaya tidak ditemukan sebuah kesalahan.

Simak juga: Cara Membuat Safelink Converter Di WordPress

Add Comment