Cara Settings Preferensi Penelusuran Pada Blogger

Pasti diantara Anda masih ada yang bingung dan mungkin masih bimbang dengan pengaturan yang satu ini yaitu tentang preferensi penelusuran pada blogger. Pengaturan ini memang berperan penting untuk mesin pencari tentang bagaimana blog Anda dapat di indeks dan dipahami dengan baik.

Pada bagian penelusuran blogger itu sendiri menunjukkan beberapa pilihan untuk mengoptimasi blog Anda dan Anda harus menggunakannya dengan sangat hati-hati. Jangan sampai Anda membuat kesalahan yang membuat blog Anda tidak dapat dirayapi secara menyeluruh oleh mesin pencari.

Lantas bagaimana Anda dapat menggunakannya dengan baik dan tepat sesuai aturan? Sebagai seorang blogger baru, Anda memerlukan informasi tambahan yang dapat membantu Anda memahami itu. Karena tidak mungkin itu bisa Anda lakukan tanpa Anda memahami penggunaannya.

Apa lagi ini mencakup tujuan SEO untuk blog Anda tersebut walau pun tidak sepenuhnya. Karena membahas tentang SEO cukup banyak untuk dipelajari dan tidak hanya pada bagian itu saja.

Yang menjadi penentu tentang bagaimana blog Anda mendapatkan peringkat terbaik juga bukan karena optimasi SEO saja dan mungkin beberapa hal lainnya juga perlu Anda dukung. Sekarang Anda harus mengatur preferensi penelusuran pada blog Anda dan itu merupakan pengaturan dasar untuk Anda sebagai pemilik blog.

Semua mencakup tentang bagaimana Anda membuatnya tidak salah memberikan perintah untuk masalah perayapan dari robot yang akan merayapi blog Anda. Begitu juga tentang peta situs yang menjadi petunjuk mengenai beberapa hal penting didalam blog Anda.

Tentang mana yang harus di indeks dari blog Anda dan mana yang tidak perlu. Jika Anda memang memerlukan pengaturan khusus, Anda dapat membuat beberapa pengaturan menjadi noindex dan semua ada pada bagian ini.

Berikut adalah rekomendasi saya untuk Anda tentang cara settings preferensi penelusuran pada Blogger secara tepat.

Silahkan Anda masuk terlebih dahulu ke Blogger Anda lalu menuju pada Setelan. Selanjutnya Anda dapat memilih Preferensi penelusuran yang berisi diantaranya adalah:

  • Tag meta
  • Kesalahan dan pengalihan
  • Perayap dan pengindeksan
  • Monetisasi

1.Tag meta (Deskripsi)

Pertama adalah pada bagian Tag meta yang menurut saya Anda perlu memberikan deskripsi secara singkat mengenai apa blog Anda. Silahkan aktifkan Ya untuk mulai membuat deskripsi. Sebagai contohnya adalah seperti gambar berikut. Ini adalah bagian dasar tentang bagaimana Anda memberikan penjelasan secara khusus tapi benar-benar tepat.

Setting Tag Meta Blogger

Memberikan petunjuk atas deskripsi blog Anda dan sebenarnya apa yang Anda bahas pada blog tersebut adalah kunci utama. Sehingga, semua jelas dan informasi yang akan diberikan kepada mesin pencari juga kepada pengunjung bisa menjadi tepat sesuai dengan kadarnya.

Jika Anda sudah menerapkan apa yang harus Anda lakukan sekarang yakni mengisi deskripsi diblog Anda seperti penjelasan diatas, jangan lupa simpan perubahan.

2.Kesalahan dan pengalihan

Bagian ini tidak menjadi suatu pokok yang perlu Anda aktifkan. Mungkin hanya pada kondisi tertentu saja. Jika memang diperlukan, Anda dapat menetapkannya sebagai suatu pengalihan kalau seandainya ada bagian postingan yang tidak ditemukan oleh pengunjung.

Misalnya, Error 404 – Page not found. Seiring berjalan waktu dan blog Anda mulai berkembang. Akan ada dimana banyak sekali perubahan mengenai isi dari blog Anda yaitu tentang postingan lama Anda. Mungkin Anda mengubah link dari postingan tersebut sehingga tidak ditemukan atau menunjukkan error dan halaman kosong ketika ingin dikunjungi.

Untuk mengatur ini Anda dapat menambahkan kode sebagai pesan kebagian kolom “Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan” seperti berikut.

<font size=”100px” type=”bold” color=”#CC0000″>Error 404 – Page not found.</font>
<p align=”left”>
<b>Sepertinya Anda mengikuti tautan yang mungkin salah. Berikut ini beberapa saran:
<br/>
1. Buka halaman beranda
<br/>
<br/>
2. Gunakan kotak pencarian untuk mencari informasi yang Anda cari.
</b></p> 
Setting Pesan Khusus

Anda juga dapat menambahkan pengalihan khusus dengan URL eksternal. Sebagai cara yang tepat, Anda bisa mengarahkannya kebagian URL daftar isi diblog Anda yang sudah ada.

Contohnya:

  • URL yang tidak ditemukan atau sudah usang adalah Dari https://www.domainanda.com/2019/09/oppo-a1k-cph1923-spesifikasi.html
  • Silahkan buat pengalihan khusus ke URL permanen seperti https://www.dimainanda.com/p/daftar-isi.html
SettingPengalihan Khusus

Dari URL tersebut silahkan ambil bagian yang diawali dengan /2019/09/oppo-a1k-cph1923-spesifikasi.html ke /p/daftar-isi.html dan masukkan kekolom pengalihan khusus. Jangan lupa centang keduanya lalu klik simpan perubahan.

3.Perayap dan pengindeksan

Untuk mengatur bagian ini diperlukan kehati-hatian dan mungkin Anda akan mendapatkan pesan seperti itu. Pertama adalah mengaktifkan robots.txt dengan benar akan membuat mesin pencari dapat mengindeks blog Anda dengan cepat.

Begitu juga dengan peta situs Anda dan sebagai pengaturan standar dalam membuat robots.txt tersebut, Anda dapat menambahkan kode berikut kedalam kolom Robots.txt khusus.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.domainanda.com/sitemap.xml

Atau Anda dapat memilih setingan robots.txt berikut untuk pilihan kedua yang bisa saya rekomendasikan.


User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.domainanda.com/sitemap.xml

Silahkan pilih edit pada robots.txt khusus dan jika sudah memasukkan kodenya, klik simpan perubahan.

Sekarang, Anda bisa lanjut untuk mengaktifkan Tag tajuk robot khusus. Sebagai pengaturan standar yang saya rekomendasikan maka samakan seperti berikut.

Setting Tag tajuk robot khusus

Silahkan sesuaikan dengan cara centang mana yang diperlukan. Pengaturan ini menunjukkan mana yang perlu diindeks dan mana yang tidak ingin untuk diindeks oleh mesin pencari.

4.Monetisasi

Terakhir Anda bisa lanjut kebagian Monetisasi untuk mengaktifkan ads.txt kustom. Caranya, pilih edit dan Ya lalu Anda tinggal memasukkan kode berikut kedalam kolom.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Silahkan Anda ganti bagian pub-0000000000000000 dengan ID Adsense Anda dan klik simpan perubahan. Ini jika blog Anda sudah bisa dimonetisasi dengan Adsense. Jika belum, maka Anda tidak dapat mengaktifkan pengaturan ini dan biarkan saja default atau nonaktif.

Anda juga dapat menyimak tutorial saya dari video berikut dan mungkin dapat menjadi tambahan.

Itulah beberapa langkah mengenai cara setting preferensi penelusuran pada blogger. Semoga mengenai apa yang sudah saya jelaskan diatas dapat membantu Anda dalam memamahi secara baik tentang bagaimana Anda melakukan optimasi.

Simak juga: Pinstagram Theme Premium WordPress

2 Comments

  1. Luqman W May 22, 2020
    • Mas Hadi May 25, 2020

Add Comment