Mengamankan WordPress Menggunakan Limit Login Attempts Reloaded

WordPress adalah CMS yang sangat populer untuk membangun situs web dan sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini. Kemudahan dari platform ini sudah teruji dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Termasuk saya yang sampai saat ini tetap setia dengan WordPress. Ketertarikan saya memilih WordPress karena banyak sekali theme dan plugin yang tersedia secara gratis.

Meski tersedia versi yang premium atau berbayar, sebagai pengguna kita dapat memilih layanan yang free. Namun, tidak semua layanan yang saya gunakan adalah gratis. Untuk theme sendiri, saya lebih memprioritaskan versi premium yang tentu memiliki dukungan penuh.

Menggunakan theme WordPress premium juga dapat memberikan keamanan pada website kita. Yang paling penting lagi, theme tersebut selalu mendapatkan update. Sebisa mungkin, Anda dapat mengutamakan itu terlebih dahulu sebelum menambahkan alat keamanan lainnya.

Sebagai pengguna WordPress dan mungkin baru atau lama, meningkatkan keamanan website kita sendiri menjadi sangat penting. Terlebih pada sisi depan yaitu halaman login website kita. Ini merupakan celah yang dapat dimanfaatkan siapa saja. Banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab mencoba menerobos akses login dari website kita tersebut.

Maka dari itu, upaya mencegah itu terjadi dapat kita bentengi dengan memberikan dukungan. Kalau kita tidak mau ribet dengan itu, kita dapat menggunakan plugin sebagai pilihan. Saya akan mencoba merekomendasikan salah satu plugin populer yakni Limit Login Attempts yang dapat dipakai untuk meningkatkan keamanan WordPress Anda.

Dengan plugin yang satu ini, Anda dapat mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab mencoba memanfaatkan halaman login Anda. Tujuan mereka dapat saja membobol website Anda untuk keperluan tertentu yang tidak baik. Serangan yang paling umum adalah hackers atau bot.

Secara umum, mereka bisa saja berusaha masuk tanpa menunggu batasan. Berbeda dengan pengguna biasa atau kita sendiri yang kadang cukup sekali saja mengupayakan login. Bagi pengguna lain, ia bisa terus melakukan percobaan sebanyak mungkin agar dapat masuk kewebsite Anda.

Saatnya Anda mulai menjaga tingkat keamanan website Anda agar jauh dari pencurian. Jika diperlukan, plugin Limit Login Attempts dapat Anda gunakan untuk menjaga kinerja website Anda lebih aman. Membatasi jumlah login pada WordPress Anda dapat menjadi upaya yang dapat dilakukan.

Plugin ini memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda mengamankan WordPress. Penggunaanya juga cukup mudah dan itu bisa Anda miliki gratis. Sekarang harus menunggu apa lagi kalau ternyata ada plugin yang bisa Anda gunakan secara gratis. Lebih baik Anda instal untuk mulai mengamankan website Anda.

Untuk menggunakan plugin ini, pastinya Anda mengetahui cara mengkonfigurasi. Kalau ternyata Anda memang belum memahami itu, saya akan coba memberikan tutorialnya untuk Anda.

Berikut adalah tahap instal plugin Limit Login Attempts Reloaded:

Pertama, masuk ke Dashboard WordPress Anda.

Kedua, klik Plugins lalu Add New kemudian ketikan keywoard Limit Login Attempts.

Plugin Limit Login Attempts Reloaded

Ketiga, setelah muncul pilihan plugin tersebut, instal kemudian activate.

Keempat, selanjutnya Anda masuk kebagian Settings untuk mulai mengkonfigurasi stelan Anda.

Mulai Settings plugin limit login attempts

Statistics, Anda dapat menememukan beberapa yang sudah Lockout dari website Anda. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa bagian ini untuk melihat berapa banyak upaya brute force yang kemungkinan dihentikan oleh plugin.

Options, pada bagian ini Anda dapat mengatur kinerja system penguncian. Anda bisa juga mengaktifkan kepatuhan GDPR untuk mencegah IP yang direkam karena alasan privasi.

Kelima, Anda dapat menuju kebagian Whitelist dan Blacklist.

Settings Whitelist dan Blacklist

Whitelist, Anda dapat memasukkan IP tertentu untuk menambahkan pengguna Anda kedaftar putih. Anda dapat menginjinkannya masuk kewebsite Anda tanpa ada batasan.

Blacklist, Sebaliknya Anda juga dapat menambahkan IP kedaftar hitam Anda dan membuat mereka tidak dapat masuk kewebsite Anda. Ini bisa Anda manfaatkan ketika menaruh kecurigaan dari satu atau lebih penggunaan IP.

Keenam, setelah Anda sudah melakukan konfigurasi dengan baik, jangan lupa klik Save Options.

Itulah ulasan saya mengenai cara mengamankan website WordPress menggunakan plugin. Kemungkinan dengan ulasan ini, Anda lebih mengerti tentang langkah apa yang harus Anda lakukan untuk menjaga website Anda.

Entah itu memang harus dilakukan atau tidak, semua tergantung dari Anda sendiri. Bagaimana pun website Anda, semua resiko adalah Anda yang menanggungnya. Usahakan untuk tidak mengabaikan hal penting ini demi masa depan situs Anda..

Add Comment