Cara Mengatasi Spam di WordPress Tanpa Plugin

Cara mengatasi Spam di WordPress tanpa plugin sangat mudah untuk dilakukan. Kita sebagai pengguna wordpress tidak bisa menghilangkan spam secara begitu saja dan yang bisa kita lakukan adalah melakukan pencegahan. Dimana kadang kita memang dibuat pusing karena menerima komentar yang tidak seharusnya. Bahkan, komentar yang masuk cukup banyak namun mengandung link dan begitu juga dengan teks komentar yang terlalu panjang.

Tentunya jika kita mengalami ini terus menerus pada blog wordpress yang kita miliki pastinya akan merasa terganggu. Ini juga akan memiliki dampak yang sangat buruk menyangkut kinerja wordpress yang juga blog kita tidak akan dianggap baik dimata mesin pencari. Untuk itu, kita tidak harus tinggal diam tanpa melakukan apa-apa sehingga itu tidak akan terjadi lagi.

Sekarang kita sebagai pengguna wordpress bisa memilih untuk menggunakan fitur bawaan untuk solusi atas spam yang ingin masuk. Namun, pertama mungkin tidak akan langsung berhasil dan seiring waktu kita masih harus menambahkan apa yang perlu dilakukan.

Biasanya yang dilakukan oleh tukang spam blog tersebut sangatlah berlebihan dan ia menggunakan sejenis perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi. Akibatnya, ini merugikan kita sebagai pemilik blog yang sebenarnya tidak menginginkan hal itu karena kondisinya juga bisa menipu.

Spammers sendiri ingin mengambil keuntungan dari mengandalkan komentar terbuka dengan mengirimkan komentar sebagai tujuan berbagi posting mereka. Ada juga yang bertujuan melakukan promosi secara gratis dari metode ini dan itu benar-benar sangat tidak efisien.

Sekarang kita mulai untuk menjadikan itu sebagai pengalaman jika kita baru saja membangun situs dengan wordpress. Karena mengoptimalkan blog wordpress tidak hanya terdiri dari kebutuhan loading yang cepat namun juga dukungan yang baik untuk tidak menampung spam. Ini dapat membuat situs kita menjadi tidak ramah SEO dan bisa saja tenggelam dimata pengguna.

Simak juga: Cara Mudah Membuat Safelink Converter Di WordPress

Baiklah, saya akan memberikan panduan mengenai cara mengatasi spam diwordpress yang tentu tidak harus menggunakan plugin. Memang tersedia jenis plugin yang dapat memudahkan kita untuk menangani itu namun bagi saya kurang tepat. Kebanyakan penggunaan sebuah plugin juga bisa makin memperlambat loading blog kita dan itu sangat tidak saya sarankan. Kita coba untuk menggunakan cara manual saja dan ini memang bisa kita lakukan dengan mudah.

Berikut cara mengatasi spam diwordpress secara manual tanpa menggunakan plugin:

1.Pertama, pastikan kita sudah masuk pada admin Dashboard wordpress diwebsite kita sendiri. Kemudian masuk pada bagian Settings lalu pilihan Discussion.

2.Setelah bagian Discussion Settings terbuka maka akan ada beberapa konfigurasi yang bisa kita lakukan seperti berikut. Perhatikan dengan teliti setiap pengaturan yang ada.

Masuk Discussion Settings WordPress

3. Pada Default article settings, silahkan ceklis hanya bagian Allow people to post comments on new articles.

4. Pada Other comment settings, silahkan ceklis hanya pada pilihan Comment author must fill out name and emailĀ  dan Enable threaded (nested) comments

5. Pada Email me whenever, silahkan ceklis keduanya yakni Anyone posts a comment dan A comment is held for moderation. Awas jangan sampai salah ceklis dan sekali lagi teliti.

6. Pada Before a comment appears, silahkan ceklis hanya bagian Comment must be manually approved.

7. Sekarang kita masuk pada bagian Comment Blacklist. Ini juga merupakan bagian terpenting yang harus kita perhatikan. Anda dapat memasukkan kata-kata sensitif yang sekiranya itu termasuk Spam.

Comment Blacklist Mencegah spam

8. Silahkan unduh file text blacklist yang sudah saya sediakan dan ini merupakan kata-kata yang cukup bisa kita blokir dari komentar yang masuk secara otomatis.

9. Ekstrak saja file text blacklist tersebut menggunakan winrar.

10. Kemudian, buka filenya dan copy lalu pastekan dikolom Comment Blacklist.

11. Setelah itu klik Save Changes untuk update.

Dengan beberapa tahap diatas, maka komentar Spam yang akan masuk diblog wordpress kita akan dicegah. Ketika ada komentar yang isinya hampir sama dengan kata-kata tersebut akan langsung diblacklist secara otomatis melalui fitur bawaan dari wordpress.

Mungkin itu saja tips blogging dari saya tentang cara mengatasi spam diwordpress tanpa harus menggunakan plugin. Semoga bisa bermanfaat untuk semua dan kita ketemu lagi dipostingan selanjutnya dengan tips yang berbeda.

Add Comment