Optimalkan Database WordPress Tanpa Plugin

Meskipun banyak sekali plugin yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan database pada wordpress Anda, tentunya mengurangi penggunaan plugin dapat membantu mempercepat kinerja situs Anda.

Salah satu contoh sederhana mengenai plugin populer yang banyak digunakan adalah WP Optimize. Plugin ini menyediakan fitur gratis dan fitur premium dan mungkin Anda sudah mengenal atau sekarang memang sudah mengaktifkannya.

Kita sebagai pengguna CMS seperti wordpress sebenarnya masih bisa memanfaatkan cara manual yang sebenarnya juga sangat tepat untuk dilakukan. Apa lagi ini memiliki nilai yang positif untuk kita dan dapat membantu kita lebih menghemat ruang pada database maupun kinerja server.

WordPress menggunakan MySQL yang merupakan software untuk membuat database. MySQL adalah salah satu sistem manajemen basis data yang menyimpan infromasi dan melayani data ketika diminta. Saat installasi wordpress, biasanya akan tercipta sebuah database secara otomatis dan diantaranya terdiri dari 12 tabel.

Database memiliki peranan penting pada situs kita karena ia merupakan tempat untuk menyimpan beberapa data. Sebagai contohnya adalah postingan kita dan sekumpulan data lainnya yang disusun dengan ketentuan atau aturan tertentu. Menurut informasi lain, database di identifikasi juga dengan sekumpulan file, atau arsip yang saling terhubung.

Lalu bagaimana kita bisa dengan mudah untuk membuat kinerja database pada wordpress kita menjadi optimal? Seperti yang sudah saya katakan bahwa kita bisa menggunakan plugin maupun secara manual. Sebagai pengguna wordpress, apalagi kita memiliki akses mudah untuk melakukan konfigurasi.

Kita memiliki kontrol penuh pada Cpanel dan tentu kita tidak harus mengabaikan kemudahan ini dengan alat yang praktis namun malah memiliki dampak yang kurang baik. Tentunya Anda juga harus tahu bahwa plugin gratis tidak sepenuhnya dapat melayani Anda.

Kenapa Anda meski dibingungkan dengan hal yang sebenarnya mudah seperti ini karena hanya ingin mengoptimalkan kecepatan situs Anda. Saatnya Anda dapat memanfaatkan kesempatan Anda sendiri untuk menggunakan fasilitas yang sudah Anda miliki.

Mengoptimalkan database wordpress bisa Anda lakukan sendiri melalui cPanel dan seperti apa caranya maka Anda dapat menyimak tips dari saya.

Tahap untuk mengoptimalkan database wordpress tanpa plugin:

  1. Untuk memulai tahap ini Anda harus login terlebih dahulu ke akun Cpanel AndaLogin akun cPanel
  2. Setelah itu, pada bagian Database silahkan buka aplikasi phpMyAdmin Aplikasi phpMyAdmin
  3. Kemudian, pada Information schema Anda pilih database dari salah satu situs milik AndaOptimalkan Database WordPress
  4. Silahkan ceklis pada bagian Chek all
  5. Selanjutnya, Anda klik pada bagian dengan pilihan dan tentukan Optimalkan Tabel untuk mulai perintah mengotimalkan database Anda

Saya juga sudah menyediakan tutorial tambahan jika Anda memang memerlukan tahap lanjutan. Semoga ini dapat membantu Anda untuk memahami tahap diatas.

Sangat mudah bukan, hanya beberapa tahap saja Anda dapat melakukan itu dan dapat dengan cepat memaksimalkan kinerja situs Anda. Ini adalah pilihan dan Anda dapat menjadikannya sebagai langkah yang sangat praktis meskipun harus melalui cPanel.

Kenapa harus plugin yang harus Anda andalkan karena Anda sebenarnya bisa memakai cara Anda sendiri. Semakin Anda mengurangi penggunaan plugin maka itu akan membuat situs Anda cepat untuk diload dan akan semakin optimal.

Leave a Reply