Optimasi Gambar WordPress Dengan WP Smush

Optimasi gambar WordPress dengan WP Smush secara efisien. Mengompres gambar pada WordPress memang mudah untuk dilakukan karena banyak plugin yang bisa menjadi dukungan. Namun, Anda tidak harus salah dalam memilih plugin yang ada. Pastikan plugin yang ingin Anda gunakan selalu mendapatkan dukungan update.

Mengoptimalkan kinerja website WordPress Anda menjadi cara yang paling penting untuk membuat pengguna Anda nyaman. Terutama adalah mengenai loading dari website Anda tersebut. Gambar merupakan faktor dimana akan mendukung kinerja loading dari website Anda bisa lambat. Meskipun ia adalah pelengkap dari postingan Anda, sangat disarankan untuk Anda kompres jika memiliki banyak gambar.

Sekarang, kecepatan sebuah website menjadi tolok ukur akan tingkat SEO. Maka dari itu, jika Anda tidak mengoptimasinya dengan baik gambar yang ada diwebsite Anda, itu akan berdampak pada sektor kinerja dan dapat menurunkan trafik secara alami.

Kali ini saya akan merekomendasikan plugin terbaik dan mungkin dapat membantu Anda. WP Smush adalah plugin yang cukup banyak digunakan oleh WordPress. Plugin ini akan memberi Anda kemudahan dalam memperkecil ukuran gambar dan sudah banyak terbukti.

Cukup bagus jika Anda install plugin yang satu ini. Ia menyediakan fitur gratis dan fitur Pro dan Anda dapat memanfaatkan versi yang free. Sebagai bagian untuk mengetes apakah itu bekerja, Anda dapat langsung mengaktifkan plugin ini dan mulai untuk mengompres semua gambar Anda.

Meskipun Anda menggunakan plugin ini dalam versi gratis, fitur yang akan Anda dapatkan juga cukup banyak. Mungkin jika sudah melebihi limit dari gambar yang dikompres, Anda memerlukan tindakan untuk melakukan upgrade ke premium. Lebih menariknya lagi, WP Smush adalah plugin yang dapat kompatibel dengan semua theme WordPress. Jadi, Anda tidak perlu ragu bahwa plugin ini tidak akan kompatibel dengan theme yang Anda gunakan.

Berikut adalah cara menggunakan WP Smush:

Tahap pertama, klik menu Plugins dari Dashboard WordPress Anda. Klik Add new dan ketikan keyword WP Smush sehingga muncul plugin yang dimaksud.

Install WP Smush Optimasi Gambar

Tahap kedua, install plugin WP Smush tersebut jika sudah ditemukan lalu Activate.

Tahap ketiga, pada daftar plugin yang sudah aktif temukan WP Smush yang baru saja Anda install. Klik settings sehingga masuk kemenu Dashboard.

Tahap keempat, silahkan Anda masuk kebagian Tools dan aktifkan Image Resize Detection.

Tahap kelima, silahkan masuk lagi ke Bulk Smush. Aktifkan Image Resizing lalu Save changes.

Bulk Smush Kompres Gambar

Tahap keenam, untuk mulai mengompres gambar Anda, silahkan klik BULK SMUSH NOW dan tunggu hingga proses selesai.

Anda juga dapat menyimak tutorial saya dalam video berikut. Dengan ini, Anda bisa memahami lebih lanjut tentang cara menggunakan plugin kompres gambar dari WP Smush.

Hanya dengan beberapa tahap saja, Anda sudah berhasil mengoptimalkan semua gambar yang melengkapi postingan Anda. Begitu juga ukuran gambar yang sebelumnya. Plugin ini bekerja penuh untuk mengoptimasi gambar WordPress Anda mulai dari file PNG, JPEG, dan GIF tanpa mengurangi kualitasnya. Sehingga, plugin ini sangat aman untuk Anda gunakan.

Add Comment