Pengertian Dedicated Hosting

Mengapa dedicated hosting menjadi kelas yang besar di pasar web hosting? Jika Anda melihat biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan layanan ini, biasanya perbulannya sangat berbeda sendiri. Jika Anda memiliki pertanyaan apakah itu sepadan? Mungkin kami katakan memang iya.

Pengertian Dedicated Hosting

Tidak semua perusahaan hosting menawarkan harga sama untuk setiap layanan yang mereka sediakan untuk klien. Dedicated hosting merupakan layanan hosting tingkat atas dan cocok untuk akun bisnis. Kalau Anda menginginkan kinerja server yang cepat dan aman, ini menjadi pilihan yang tepat.

Jika Anda siap dengan pilihan ini, maka Anda perlu mengetahui lebih lanjut tentang pengertian Dedicated hosting. Ini agar Anda paham betul tentang fitur apa yang ditawarkannya dan bagaimana kinerjanya.

Bila Anda memiliki satu server web yang disewa hanya untuk Anda sendiri, Anda telah memiliki web hosting khusus. Ada dua solusi serupa yang juga cukup umum di industri web hosting.

Diantarnya sebagai berikut:

  • Server khusus virtual
  • Hosting web lokasi bersama

Untuk mempermudah memahami konsep ini, server khusus virtual berbagi sumber daya komputer server web dengan pelanggan lain dari penyedia hosting. Anda tidak mendapatkan seluruh komputer hanya untuk Anda dalam paket hosting server khusus virtual.

Hosting web yang ditempatkan bersama seperti halnya shared hosting juga memiliki beberapa kesamaan dengan hosting web khusus. Perbedaan utama adalah bahwa sementara di web hosting khusus, komputer server web milik penyedia hosting dan hanya disewa oleh pelanggan, dalam lokasi web hosting bersama pelanggan memiliki komputer server web.

Simak: Hosting Terbaik Untuk WordPress

Perusahaan hosting hanya menampung komputer server dan menjual bandwidth kepada pelanggan. Web hosting berdedikasi nyata, satu server web disewakan hanya kepada satu pelanggan saja.

Dedicated Hosting adalah solusi ideal untuk bisnis yang bekerja dengan lalu lintas sangat tinggi. Fungsionalitas situs web Anda serta aplikasi yang diperlukan untuk pengoperasiannya akan berada di bawah kendali Anda sendiri.

Tetapi dengan hosting web khusus (Dedicated Hosting), ada lebih banyak keuntungan yang akan didapatkan.

Penyedia hosting Anda akan menangani semua masalah terkait pemeliharaan, keamanan, dan keandalan server web Anda. Saat Anda menyewa komputer, tidak membelinya, Anda tidak perlu repot memelihara perangkat keras dan konektivitas komputer tersebut.

Ini membebaskan Anda dari mengganti komponen atau menyelesaikan masalah. Karena semua ini jatuh ke dalam tanggung jawab penyedia layanan. Banyak penyedia hosting bahkan akan menawarkan kompensasi sebagai bagian dari Perjanjian Tingkat Layanan (SLA).

Biasanya, jika terjadi kegagalan seperti itu, Anda akan diganti dengan biaya paket hosting Anda selama sebulan atau sebagian, tergantung tingkat keparahan kegagalannya. Terlihat cukup bagus dibandingkan dengan harus membayar komponen dan untuk dukungan teknis yang diperlukan.

Pikirkan apa yang dapat dilakukan oleh bisnis Anda dengan semua sumber daya yang baru saja Anda hemat pada masalah pemeliharaan di atas.

Karena biaya administrasi dan pemeliharaan server web yang Anda sewa bervariasi. Itu tergantung pada penyedia hosting web Anda sendiri. Anda dapat memilih antara tingkat layanan “Managed” atau “Unmanaged”.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan keahlian teknis yang diperlukan oleh pengelolaan komputer server, Anda dapat memilih hosting khusus “Managed”. Ini berarti Anda akan memiliki “Control Panel”.

Fitur Control Panel ini memungkinkan Anda untuk melakukan semua tugas penting yang diperlukan oleh fungsi server web Anda melalui antarmuka yang ramah pengguna.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengetahui atau mengetik baris perintah apa pun. Atau tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem operasi, sambil tetap dapat menyiapkan, mengelola, dan memelihara semua situs web di server web Anda sendiri.

Opsi “Unmanaged” disarankan hanya bagi mereka yang memiliki keahlian teknis dalam menguasai server web. Karena opsi ini menyediakan akses root ke server. Ini menawarkan administrasi server lengkap, sehingga kemungkinan untuk mengkonfigurasi setiap layanan di server web Anda.

Tentu saja, tidak adanya layanan yang diperlukan atau dikonfigurasi dengan benar, dapat mengakibatkan kegagalan sistem yang serius. Ini adalah alasan mengapa hosting ‘Unmanaged’ hanya dapat direkomendasikan untuk orang-orang dengan latar belakang administrasi server yang solid. Atau memang untuk pengembang web yang memerlukan aplikasi khusus untuk situs web mereka, atau lingkungan yang disesuaikan.

Memiliki layanan Dedicated Hosting berarti stabilitas komputer tidak akan rentan terhadap wabah yang memengaruhi hosting web. Seperti halnya layanan bersama atau shared hosting. Bayangkan saja pada overload, server ramai dengan aplikasi dan komponen yang dibutuhkan oleh pelanggan lain, atau bahkan kesalahan dalam pemrograman yang biasa dilakukan oleh para pemula.

Selain itu, fakta bahwa pada server web bersama atau shared hosting, waktu prosesor dan memori yang terpasang digunakan bersama dengan aplikasi perangkat lunak yang dibutuhkan oleh pengguna lain.

Dikelola atau tidak, web hosting berdedikasi memudahkan Anda untuk memberikan dukungan instan kepada pelanggan Anda sendiri saat diperlukan. Ini tidak akan mungkin terjadi pada paket shared hosting atau Anda akan menghadapi penundaan dan kemungkinan biaya dukungan teknis tambahan.

Tak perlu dikatakan, layanan dukungan yang cepat di pihak Anda juga berarti pelanggan yang bahagia dan pertumbuhan bisnis. Bagi mereka yang menjalankan bisnis dalam desain web misalnya, keuntungan memiliki server web khusus sendiri sangat berharga.

Ini benar bukan karena studionya akan dapat menawarkan layanan hosting murni serta dikemas dengan aktivitas desain web. Memodifikasi situs web untuk pelanggan atau mengunggah yang baru hanya dalam hitungan menit. Ini ketika Anda memiliki akses sepanjang waktu ke server web Anda.

Manfaat dari solusi hosting web khusus atau Dedicated hosting yang baik untuk bisnis diterjemahkan ke dalam pertumbuhan penjualan. Selain itu, hubungan pelanggan yang lebih baik juga akan terjaga. Citra perusahaan juga akan selalu baik dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan solusi hosting web internal.

Menggunakan layanan server web khusus seperti Dedicated hosting berarti, Anda dapat menjalankan bisnis yang lebih baik yang dapat membaca keuntungan nyata.

Add Comment