Plugin Migrasi WordPress Terbaik

Inilah Plugin Migrasi WordPress terbaik yang harus Anda ketahui. Kalau Anda berencana untuk berpindah dari layanan hosting satu ke layanan hosting lainnya, Anda memerlukan alat yang tepat yang dapat membantu Anda. Memidahkan situs WordPress bisa menjadi langkah yang cukup rumit kalau Anda memang belum mengetahui caranya.

Plugin Migrasi WordPress Terbaik

Oleh sebab itu, Anda juga harus memastikan bahwa peringkat SEO situs Anda tidak terpengaruh karena rencana Anda tersebut. Anda juga perlu memindahkan semua file situs Anda dengan sangat hati-hati. Diantaranya migrasi WordPress termasuk database, gambar, file, template dan plugin.

File tersebut merupakan data penting yang harus di backup dan dipindahkan. Jangan sampai salah satunya ada yang tertinggal atau terlewatkan. Itu bisa berakibat tidak sepenuhnya data situs Anda di migrasi. Maka dari itu, Anda harus benar-benar teliti dengan tindakan dan alat mana yang bisa Anda gunakan untuk proses ini.

Untuk membantu proses migrasi Anda lancar, WordPress memiliki banyak sekali plugin yang dapat membantu Anda secara efisien. Namun, Anda harus menentukan mengenai rencana ini. Ada beberapa tindakan migrasi yang harus Anda ketahui dan mana yang sebenarnya ingin Anda lakukan.

Migrasi domain: Ini merupakan rencana migrasi domain dari domain lama ke domain yang baru. Tindakan ini biasanya tidak mengubah desain, struktur situs, dan tampilan situs tetap saja sama.

Migrasi hosting: Ini adalah saat dimana Anda ingin bermigrasi dari satu layanan hosting pertama ke layanan hosting terbaru. Rencana ini yang banyak sekali dilakukan oleh pengguna. Biasanya karena sudah kurang cocok dengan perusahaan hosting yang mereka tempati.

Simak: Cara Setting AMP di WordPress

Rencana bermigrasi WordPress sebenarnya adalah hak Anda sebagai klien atau penyewa layanan hosting. Seperti pengalaman saya pribadi ketika berpindah layanan hosting. Ini merupakan pengalaman yang menurut saya rumit. Pada waktu itu, saya sendiri tidak memiliki pengetahuan tentang cara migrasi.

Hingga pada akhirnya saya mencoba menggunakan plugin yang cukup populer yang dapat membantu saya untuk melakukannya. Dengan plugin tersebut, saya dapat bermigrasi WordPress dengan mudah dan cepat.

Nah, bagi Anda yang hari ini memang memiliki rencana untuk berpindah layanan hosting, saatnya Anda mengetahui beberapa plugin yang mungkin bisa menjadi alat penting. Dengan menggunakan plugin, semua pekerjaan Anda akan mudah untuk diselesaikan.

Namun kalau perusahaan hosting baru Anda melayani proses migrasi WordPress, Anda dapat menggunakan layanan mereka sebagai tindakan aman. Itu kalau Anda memang merasa ragu dengan langkah Anda sendiri. Biasanya hanya perusahan hosting profesional yang memberikan layanan tersebut.

Jika perusahaan hosting Anda tidak memiliki layanan tersebut, Anda tidak perlu berputus asa. Anda dapat memilih beberapa plugin populer yang akan saya rekomendasikan dan mana yang pernah saya gunakan ketika berpindah layanan hosting.

Berikut Plugin Migrasi WordPress Terbaik Yang Perlu Anda Ketahui

WP Migrate DB

Plugin WP Migrate DB adalah plugin yang memang cukup populer dikalangan pengguna Worpress. Plugin ini dapat bekerja untuk mengekspor dan memigrasi database Anda dengan mudah dan cepat.

Anda tidak memerlukan langkah yang rumit ketika sudah mempercayakan rencana Anda ke plugin ini. Anda akan menemukan alat yang memang bisa Anda andalkan untuk bermigrasi data Anda tanpa harus mendapatkan resiko.

Namun, plugin WP Migrate DB hanya tersedia dalam versi premium. Jika Anda berminat untuk menggunakan plugin ini, Anda harus memilih beberapa daftar layanan yang sesuai keinginan Anda.

Meski plugin ini menawarkan layanan berbayar, Anda dapat dengan mudah mengekspor database Anda dan mengimpor database Anda ke akun hosting web baru menggunakan alat seperti phpMyAdmin atau yang serupa.

Duplicator

Plugin Duplicator merupakan alat yang memang dapat di andalkan untuk rencana migrasi WordPress. Ini dapat membantu Anda mentransfer situs WordPress dari satu hosting ke hosting lainnya. Kalau ini merupakan tujuan Anda, plugin ini dapat Anda pilih sebagai langkah yang tepat.

Duplicator sendiri dapat membuat paket yang menggabungkan semua plugin situs, tema, konten, database, dan file WordPress ke dalam file zip sederhana yang disebut paket. Paket tersebut kemudian dapat digunakan untuk me-migrasi WordPress dengan mudah ke lokasi manapun yang Anda inginkan.

Anda dapat menggunakan plugin ini untuk berpindah ke server yang sama, lintas server, dan hampir semua lokasi situs WordPress dapat dihosting. Tidak diperlukan untuk instalasi karena paket tersebut berisi semua file situs. Namun, plugin ini hanya tersedia dengan versi pro.

All in One WP Migration

Plugin All in One WP Migration merupakan alat yang cukup populer dikalangan para pengguna WordPress. Plugin ini dapat membantu untuk membuat Backup data situs Anda dan mengembalikannya dengan mudah dan cepat.

Tidak kalah jauh dari plugin yang sudah saya sebutkan diatas. Plugin ini dapat membantu Anda untuk mengekspor situs WordPress Anda termasuk database, file media, plugin dan tema. Anda tidak memerlukan pengetahuan teknis yang diperlukan untuk memulai pekerjaan tersebut.

Anda juga bisa meng-upload untuk migrasi WordPress ke lokasi yang berbeda dengan cukup drag dan drop. Tentukan pilihan untuk menerapkan jumlah yang tidak terbatas dalam menemukan dan menggantikan operasi pada database Anda selama proses ekspor.

Plugin ini juga akan memperbaiki masalah serialisasi yang terjadi selama operasi. Sehingga, sangat aman untuk Anda gunakan dan tidak ada batasan pada tingkat hosting serta sistem operasi. Telah diuji pada sebagian besar distribusi Linux, MacOS, serta Microsoft Windows.

UpDraftPlus

Plugin UpDraftPlus yang satu ini merupakan alat yang pernah saya gunakan saat berpindah layanan hosting. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan plugin ini sebagai pilihan kalau memang menginginkan alat yang free.

UpDraftPlus sendiri memudahkan Anda untuk bermigrasi WordPress ke perusahaan hosting baru. Kalau rencana Anda memang sudah yakin dengan layanan hosting baru yang Anda pesan, plugin ini dapat bekerja untuk memindahkan semua file yang diperlukan pada situs Anda.

Plugin ini merupakan plugin yang sangat populer didunia dan banyak sekali yang sudah menggunakannya. Dapat membantu Anda untuk melakukan backup dan mengembalikan data Anda secara cepat. Tidak kalah jauh dari yang sudah saya rekomendasikan diatas.

Kelebihan dari plugin UpDraftPlus adalah tentang layanannya yang menyediakan fitur gratis untuk pengguna. Kalau Anda memerlukan tingkat kinerja yang lebih baik dan profesional, Anda dapat melakukan upgrade ke versi premium.

Simak: UpdraftPlus Plugin Backup WordPress Terbaik

Kesimpulan

Migrasi WordPress tidak harus dilakukan kalau Anda sudah merasa mantap dengan hosting yang Anda miliki saat ini. Sejatinya itu hanya diperlukan kalau Anda memang ingin berpindah server.

Itulah beberapa plugin rekomendasi saya yang dapat saya bahas melalui postingan ini. Semoga Anda dapat menentukan tentang plugin migrasi WordPress terbaik mana yang ingin Anda gunakan sebagai alat yang dapat membantu Anda.

Add Comment