Plugin Optimasi Gambar WordPress Terbaik

Mengoptimalkan gambar pada website WordPress Anda dapat mendukung tingkat SEO dan memaksimalkan kinerja loading. Setiap postingan yang Anda buat tentunya dilengkapi dengan berbagai gambar. Itu bertujuan untuk membantu pengguna agar memahami maksud dari konten Anda.

Gambar juga menjadi elemen penting untuk mengoptimasi website Anda. Terkadang tidak sedikit kita menambahkan gambar untuk satu postingan saja. Apa lagi kalau yang Anda ulas adalah tentang sebuah tutorial. Bahkan, satu postingan saja bisa memiliki 5 gambar sekaligus dan mungkin lebih.

Plugin Optimasi Gambar WordPress Terbaik

Untuk menghindari kinerja loading pada website Anda menjadi lambat karena banyaknya gambar, mengompress gambar WordPress Anda bisa dilakukan sebagai solusi. Ketika cara ini sudah Anda lakukan, website Anda akan diload dengan sangat ringan. Itu juga akan menciptakan sebuah pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Seandainya jika Anda tidak melakukan itu, kemungkinan website Anda tidak akan menjadi SEO. Sekarang ini, kecepatan website menjadi suatu peranan penting untuk mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari. Bagaimana Anda memperlakukan gambar WordPress Anda akan mampu mendukung kesuksesan dari blog Anda tersebut.

Mungkin ketika Anda belum mengoptimasi gambar didalam konten website Anda, saat Anda mengecek kinerja website Anda dengan GMetrix akan terlihat beberapa data yang perlu dioptimalkan. Bahkan ketika Anda menggunakan Tool lainnya. Maka dari itu, saatnya Anda memulai tindakan yang nyata agar website Anda bisa bekerja lebih optimal.

Jangan biarkan kesalahan ini membuat website Anda mengalami penurunan trafik karena hanya masalah gambar saja. Sudah seharusnya Anda mengerti bahwa mengompres ukuran gambar agar ukurannya menjadi lebih kecil bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Dipostingan ini saya akan mencoba memberikan rekomendasi kepada Anda tentang beberapa plugin yang dapat membantu Anda untuk melakukan itu. Diantarnya Anda dapat memilih mengenai plugin mana yang akan Anda gunakan. Anda dapat mencoba semuanya untuk mengetahui itu. Sehingga, Anda tidak salah memilih mengenai plugin mana yang sesuai.

Berikut adalah beberapa plugin untuk optimasi gambar WordPress terbaik saat ini:

1.WP Smushit

Ini adalah plugin yang sangat populer dan sudah banyak digunakan oleh pengguna WordPress. WP Smushit sendiri merupakan plugin optimasi gambar yang sudah terbukti. Plugin ini bekerja untuk mengurangi ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas dari gambar itu sendiri.

Anda dapat menggunakan plugin satu ini untuk mengoptimalkan semua gambar yang ada di website Anda. WP Smushit memberikan kemudahan untuk mengompresi semua gambar dan Anda dapat memanfaatkan fitur free dari plugin ini. Kalau Anda ingin mendapatkan layanan yang lebih optimal lagi, Anda dapat memilih untuk upgrade kepaket premium.

2.Imagify

Pilihan kedua ini juga merupakan plugin untuk kompres dan optimasi gambar pada WordPress. Ia bekerja untuk mengoptimalkan semua gambar dan menawarkan kekuatan hanya sekali klik saja. Secara otomatis, gambar yang Anda upload akan dioptimasi langsung tanpa mengurangi kualitasnya.

Imagify hadir dengan versi free dan premium untuk setiap penggunanya. Anda bebas menggunakan plugin ini dan untuk mengompres gambar Anda lebih banyak, Ada dapat melakukan upgrade ke premium. Mungkin untuk pengguna gratis akan ada batasan jumlah dari gambar yang akan dikompres.

3.Compress JPEG & PNG images

Kalau Anda ingin mengoptimalkan gambar Anda dari format JPEG dan PNG, plugin ini sangat cocok untuk Anda pilih. Plugin ini cukup banyak digunakan oleh para blogger untuk website mereka. Ia menawarkan kinerja yang otomatis untuk mengoptimasi semua gambar dan mengintegrasikan dengan layanan kompresi populer yakni TinyJPG dan TinyJPEG.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh plugin ini juga tentang mengubah ukuran otomatis pada setiap gambar yang ada. Tanpa mengurangi kualitas dan membuatnya cepat untuk bisa diloading. Ia juga kompatibel dengan situs WooCommerce dan ini akan membantu toko online Anda lebih cepat untuk dimuat.

4.SEO Image Optimizer

Kalau diantaranya diatas Anda masih ada yang kurang cocok, plugin SEO Image Optimizer bisa menjadi pilihan terbaik untuk website Anda. Ini adalah plugin SEO image yang juga berguna untuk mengompres semua gambar Anda. Ia akan mengecilkan ukuran semua gambar dan mendukung website Anda agar diload dengan cepat ketika diakses pengguna.

SEO Image Optimizer juga bekerja secara maksimal untuk mendukung WooCommerce dan mengompresi gambar pada setiap produk yang ada. Semua gambar yang ada juga akan mendukung SEO friendly dan secara otomatis mengganti tag judul yang kurang optimal.

5.Optimus – WordPress Image Optimizer

Optimus menjadi salah satu plugin optimasi gambar yang cukup populer untuk WordPress. Plugin ini bekerja mengurangi ukuran file pada gambar yang telah diunggah. Sehingga, semua gambar akan dikompres secara penuh dan memberikan dampak posistif pada website Anda.

Ia juga mendukung optimasi gambar untuk situs WooCommerce dan menawarkan beberapa versi untuk para penggunanya. Diantaranya ada Optimus versi free, Optimus HQ premium, Optimus HQ Pro. Masing-masing mempunyai kinerja dan fitur yang berbeda sesuai dengan keperluan pengguna.

Itulah beberapa plugin tentang optimasi gambar pada WordPress yang bisa saya informasikan. Semua plugin tersebut merupakan plugin yang sangat populer dan dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan kinerja website Anda. Dari beberapa plugin diatas yang pernah saya gunakan adalah WP Smushit dan Imagify dan saya memanfaatkan fitur gratis dari mereka.

Add Comment