Bisnis

6 Tahap Memulai Usaha Sendiri atau Berwirausaha

Memulai sebuah usaha dan berwirausaha diperlukan sebuah pengetahuan dasar yang harus kita ketahui jika kita termasuk awam dan belum pernah terjun dibidang usaha. Memiliki gagasan dengan niat untuk berwirausaha merupakan satu tujuan yang sangat baik jika kita ingin sukses.

Termasuk jika Anda adalah salah satu seseorang yang memiliki banyak ide tentang membangun usaha. Ide dan gagasan saja tidak akan cukup untuk mewujudkannya tanpa pengetahuan dasar dan tindakan yang nyata. Oleh karena itu, sebagai calon pelaku usaha maka kita wajib memahami tata cara usaha dan beberapa tahapan sebagai bekal pengetahuan kita sendiri.

Artikel ini saya tulis hanya untuk sekedar berbagi pengalaman saja dan mungkin Anda sebagai pembaca bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan dari pengalaman pribadi saya. Baiklah, sekarang kita coba pahami tentang arti wirausahawan yang mana bila kita ingin mencalonkan diri dan terjun dibidang usaha.

Secara pengertian singkat menurut saya, wirausaha atau wirausahawan merupakan studi kreatif seseorang untuk mewujudkan inovasi, impian atau keinginannya dalam bidang usaha seperti penjualan produk dan mengatur modal operasional keuangan.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Seorang Wirausahawan Mandiri

Sebagai pelaku usaha, kita harus mampu mengelola sumber daya yang dimiliki secara penuh untuk menghasilkan satu tingkat keberhasilan dalam berwirausaha. Disisi lain, sebagai pelaku usaha kita juga harus berani menanggung resiko atas kerugian langsung dan tidak langsung. Namun, jika kita pandai dalam mengelola sumber daya, kerugian tidak akan pernah kita temui dan ini perlu sebuah pelajaran dari satu pengalaman yang bisa kita dapatkan ketika menjalankan usaha.

Sekarang kita coba pelajari tentang beberapa tahapan yang harus diketahui dalam memulai berwirausaha supaya kita tidak mengalami kerugian dan sukses menjalankan usaha yang akan kita dirikan.

Berbicara mengenai kesuksesan dalam bidang usaha atau menjadi usahawan sangatlah menjadi impian siapapun dan bahkan orang yang menganggur sekalipun. Ini menjadi satu contoh yang kadang kita sudah mengkhayalkan kesuksesan tersebut dan seolah sudah terjadi hari ini. Apakah ini hanya cukup menjadi sebuah harapan dan impian Anda saja tanpa adanya sebuah tindakan untuk mewujudkannya?

Menurut saya , usaha itu sangat menarik dan menemui beberapa tantangan yang kadang membuat kita senang dan cukup berat untuk melewatinya. Namun, tidak mungkin kita bisa menemui jalan kesuksesan tanpa adanya sebuah tantangan. Inilah yang akan menjadi satu pelajaran kita ketika kita sudah menjalankan usaha. Dari sebuah pengalamanlah kita bisa belajar meniti jati diri menjadi seseorang yang lebih baik.

Memulai sebuah usaha apapun ide dan gagasan Anda haruslah mengetahui akan langkah kedepan dan mampu merancang segala sesuatu dengan kreatif. Ide dan niat menjadi hal pertama yang harus tertanam pada diri kita ketika kita baru ingin meniti karir dalam berwirausaha.

6 Tahap Memulai Usaha Sendiri atau Berwirausaha

Memahami peluang dan menganalisi pasar menjadi satu tambahan pokok yang juga harus kita miliki. Ini bila kita membangun usaha dibidang dagang atau penjualan produk karena selaku penjual maka kita harus memahami pasar.

Berikut adalah beberapa tahapan yang harus kita ketahui bila kita ingin memulai membangun usaha sendiri

1. Ide dan Gagasan Yang Kuat

Ingin memulai berwirausaha yang pertama adalah apa ide dan gagasan Anda sehingga ini menjadi impian yang kuat untuk Anda wujudkan. Disini kita perlu sebuah ide dikarenakan jika kita tidak tahu sama sekali akan tujuan utama dalam meniti karir dibidang usaha, hasilnya tidak akan maksimal.

Contoh paling gampang adalah ketika Anda memiliki ide ingin mendirikan sebuah usaha rumah makan dan pokok utama dalam ide ini adalah resep makanan atau rasa. Anda harus memiliki resep makanan yang bisa menarik pengunjung untuk kembali datang ke usaha rumah makan Anda tersebut.

Jika Anda memiliki ide usaha ingin menjadi desainer baju, hal pertama apa yang Anda miliki tentang sekil. Apakah Anda pandai menjahit atau mendesain sebuah baju yang menjadi bakat atau ide dan gagasan Anda yang bisa menjadi bahan utama tentang usaha Anda. Ide dan gagasan merupakan tahap pertama yang harus Anda punyai untuk memulai usaha Anda.

2. Modal atau Keuangan

Setelah Anda sudah menentukan ide dan gagasan mengenai tujuan usaha Anda, sekarang yang perlu Anda ketahui tentang tahap kedua adalah modal. Modal menjadi nomor dua yang harus Anda siapkan dan jangan pernah takut akan modal. Karena apa? Anda memiliki uang dan ingin mendirikan usaha namun tidak memiliki ide dan gagasan maka tidak akan terealisasikan juga.

Modal selalu menjadi bagian seseorang untuk memulai usaha dan ini kadang menjadi alasan yang seolah tidak akan bisa kita wujudkan jika kita hanya memiliki ide saja. Meskipun kita belum cukup memiliki modal atas keuangan, asalkan kita sudah memiliki ide, kita bisa merealisasikan impian kita tersebut dengan bekerja sama dengan orang terdekat kita.

Kita bisa mengajak saudara bila perlu dan ini malah satu hal yang sangat baik. Selain saudara, kita bisa juga mengajak teman dekat kita bila dia memiliki modal. Jadi, modal hanya perlu kita pikirkan menjadi nomor dua dan jangan pernah membatasi diri kita dengan karena kekurangan uang untuk modal dan yang paling penting adalah bagaimana niat kita.

3. Do’a Dan Keyakinan

Setelah Anda siap dengan tahap kedua diatas, sekarang yang kita harus percayakan adalah do’a dan keyakinan kita. Setelah kita memiliki ide, gagasan dan modal maka kita mantapkan dengan berdo’a supaya dibukakan pintu dan jalan yang baik untuk kita. Ini supaya langkah Anda terbingkai dengan baik sesuai nila-nilai agama dan hasilnya juga akan baik buat Anda.

Kita mantapkan lagi dengan keyakinan hati bahwa kita memiliki impian yang ingin kita capai dan semua diperlukan sebuah keyakinan karena tanpa adanya keyakinan, semua akan terombang-ambing. Jangan sampai nanti kita dikuasai oleh ambisi dan hawa nafsu karena memiliki ide sehingga kita lupa akan tahap ketiga ini.

Simak juga: Menumbuhkan Kekuatan Keyakinan Untuk Meraih Kesuksesan

4. Mencari Tempat Untuk Usaha atau Menyewa Ruko

Tahap keempat ini menjadi bagian yang harus juga kita teliti untuk merealisasikan impian dalam memulai usaha. Carilah tempat yang strategis untuk membuka usaha sebagai tempat untuk kita menyediakan layanan jasa sesuai dengan konsep usaha yang kita bangun.

Perhatikan juga bahwa tempat atau kondisi yang cukup tepat karena ini berperan sangat penting dan usahakan mencari tempat untuk usaha itu yang cukup aman. Meskipun tidak mudah mencari tempat yang strategis, upayakan jangan hanya perpacu pada satu tempat saja.

Anda bisa melihat-lihat tempat lain sebagai bandingan Anda untuk memutuskan dimana letak yang strategis untuk Anda memulai usaha. Sebagai contohnya, jika Anda ingin membuka usaha rumah makan maka usahakan untuk mencari tempat yang ramai oleh orang. Usahakan juga akses jalan mudah untuk memperoleh perhatian banyak orang karena ini mendukung cepatnya orang melihat usaha baru Anda dan menjadi calon konsumen Anda.

5. Pelayanan Konsumen

Setelah Anda sudah menemukan tempat yang cocok dan strategis juga usaha Anda sudah berdiri untuk pertama kalinya, saatnya untuk menarik konsumen. Untuk hal ini Anda hanya perlu memberikan layanan yang baik dan ramah kepada konsumen.

Buatlah peran bahwa konsumen atau pelanggan Anda adalah raja karena merekalah yang akan menentukan baik tidaknya dan berkembang tidaknya usaha Anda nanti. Selalu bisa menjaga dan membina dengan baik hubungan Anda dengan konsumen. Jika Anda memberikan pelayanan yang cukup puas pada konsumen Anda, bisnis atau usaha Anda akan cepat sukses.

Usahakan jangan terlalu berlebihan dan bila konsumen Anda meminta pelayanan yang menurut Anda diluar jasa atau diluar kemampuan Anda, upayakan untuk mengalihkan dengan alasan yang baik. Sesuatu yang terlalu berlebihan sifatnya sangatlah tidak baik dan Anda harus mengingat ini.

6. Mengelola Keuangan

Ditahap ini dan setelah usaha Anda sudah berdiri juga terlihat hasilnya, Anda harus pandai mengelola keuangan. Dari mulai uang keluar masuk, modal, keuntungan, Anda harus benar-benar meniti secara rinci dan jangan sampai pengeluaran Anda lebih dari keuntungan Anda.

Memanajemeni keuangan usaha Anda akan menentukan sukses tidaknya kedepan mengenai usaha Anda tersebut. Jika Anda tidak bisa kontrol atas keuangan dari bisnis Anda, usaha Anda bisa-bisa tidak mulus dan bisa maju. Anda harus bisa memisahkan antara tabungan usaha Anda dan tabungan pribadi Anda sendiri.

Definisi dalam menjalankan bisnis dan berwirausaha adalah mengontrol diri Anda untuk tidak boros menggunakan keuangan usaha Anda untuk keperluan pribadi. Anda hanya mengambil keuntungan dari usaha Anda tersebut bila ingin mengggunakannya secara pribadi.

Itulah tips dari saya yang bisa saya bagikan dalamĀ  6 Tahap Memulai Usaha Sendiri atau Berwirausaha dan semoga saran saya diatas bisa menjadi wawasan Anda. Apakah sekarang Anda sudah memiliki ide untuk memulai bisnis Anda? Ambil keputusan Anda sendiri dan tentukan kesuksesan Anda tanpa sebuah keraguan.

Join The Discussion