Tips Sukses Bisnis Melalui Instagram

Di era digital seperti sekarang ini, muncul berbagai cara kreatif untuk menghasilkan uang dengan sangat mudah. Salah satunya adalah melalui akun media sosial yang populer seperti Instagram. Platform yang satu ini semakin hari mampu menarik jumlah pengguna yang terus bertambah. Sangat disayangkan kalau seandainya Anda tidak memanfaatkannya dengan baik.

Sukses Bisnis Melalui Instagram

Instagram sangat berbeda jauh dari Facebook. Meski platform ini sama-sama berjalan seiringan, keduanya juga dapat membantu Anda membangun bisnis online yang nyata. Anda dapat menggunakan keduanya untuk bisa saling terhubung dan mengembangkan usaha Anda.

Kalau Anda belum memiliki akun Instagram, ada baiknya segera membuatnya. Banyak yang sudah membuktikan bahwa sukses melalui Instagram bukan suatu hal yang tidak mungkin. Anda tidak perlu mundur untuk mengikuti orang-orang yang telah mencapai keberhasilan dengan akun media sosial mereka.

Peluang Anda masih terbuka lebar untuk mulai membuat akun Anda hidup. Agar Anda dapat meraih kesuksesan melalui Instagram, banyak-banyaklah menarik pengikut ke akun Anda. Ini sangat penting untuk Anda usahakan. Bisa kemungkinan, Anda malah beruntung karena menjadi seorang selebgram yang ternyata tidak Anda sangka-sangka sebelumnya.

Instagram adalah platform yang sangat unik dan tidak perlu Anda lewatkan begitu saja. Anda dapat mencari tahu siapa saja yang sudah berhasil dengan akun mereka. Ini dapat menjadi inspirasi Anda untuk terus menumbuhkan motivasi.

Oleh sebab itu, perkembangan teknologi jangan sampai membuat Anda tertinggal. Menggunakan cara-cara lama untuk sukses berjualan bisa saja Anda lakukan tapi tidak harus ketinggalan dengan cara baru. Instagram memiliki peluang bagus bagi Anda untuk menjadikannya sebagai alat pemasaran yang gratis. Meski banyak juga media sosial lainnya, semua bisa saja Anda coba untuk menemukan jalan.

Berikut adalah beberapa tahap untuk sukses berbisnis dengan Instagram:

1.Membuat akun Bisnis

Instagram menyediakan akun khusus yakni akun bisnis. Anda dapat segera membuat akun bisnis di Instagram sebagai akun yang memudahkan pelangggan Anda untuk terhubung langsung. Meski tersedia akun bisa, keduanya tidak berbeda jauh dan mungkin hanya fiturnya saja.

Akun bisnis memiliki dukungan baik untuk pelanggan Anda dapat menghubungi Anda melalui SMS, panggilan telepon, dan bahkan lewat Email. Kelebihan dari akun bisnis pada Instagram dapat membuat pelanggan Anda lebih percaya dan yakin.

Lengkapi profil dan bio data Anda dengan beberapa informasi penting. Gunakan foto profil yang menggambarkan bisnis atau usaha Anda. Jika Anda memiliki situs web, sematkan URL situs Anda untuk informasi publik.

2.Interaksi dan cari Followers

Setelah Anda sudah menyiapkan akun bisnis Anda, saatnya untuk memulai interaksi dengan calon pelanggan. Kenapa disebut calon pelanggan? Pada tahap ini Anda baru membuat akun dan usahakan untuk tidak langsung melakukan promosi. Terus berinteraksi dengan banyak akun Instagram lainnya. Tambahkan komentar atau pujian apa pun asalkan posistif ke akun mereka ketika mereka posting foto terbarunya.

Berinterkasi dengan banyak akun dan follow akun mereka secara sehat meski kadang Anda tidak mendapatkan followback. Secara langsung, semua akan berjalan natural dan Anda akan mendapatkan banyak followers meski tidak semuanya.

3.Mulai membuat konten

Sekarang setelah Anda sudah melewati semua tahap kedua diatas, saatnya Anda menggunakan langkah natural untuk mulai memperkenalkan produk Anda. Buat konten dan foto produk Anda dengan sangat menarik tapi tidak berlebihan.

Ditahap ini Anda dapat memoles foto brand Anda dengan memadukan warna. Edit foto Anda dengan filter yang hampir sama. Dengan begitu, calon pelanggan Anda dapat menilai karakter Anda dengan cepat melalui produk atas konten Anda. Bisa jadi, ia akan tertarik dan membeli produk Anda.

4.Mula promosi

Sekiranya dengan tiga tahap diatas sudah Anda lakukan, waktunya Anda memulai untuk melakukan promosi. Kalau Anda sudah mendapati cukup pelanggan, lakukan ini secara natural dan tidak setiap hari. Ini bisa dianggap penting atau tidak, semua tergantung dari Anda yang menjalankannya.

5.Menjalin hubungan baik kepada pelanggan

Hal terpenting untuk mebuat bisnis Anda tetap berjalan mulus adalah koneksi Anda harus tetap dijaga. Buat rasa aman dengan pelanggan dengan tidak membuatnya kecewa. Jika ia membeli produk Anda, mintalah saran dan komentarnya mengenai produk yang sudah ia beli.

Masukan mereka bisa juga memberikan Anda motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan. Dengan begitu, mis komunikasi antara Anda dengan pelanggan tidak akan terjadi. Terkadang, kesalah pahaman saja bisa membuat pelanggan menjadi kurang percaya terhadap Anda.

Itulah beberapa tahap yang dapat saya jelaskan mengenai sukses bisnis menggunakan akun Instagram. Ini adalah langkah sederhana dan bahkan Anda tidak harus membayar untuk beriklan. Meski Anda memiliki akun Bisnis, bukan berarti Anda harus membayar. Anda dapat menggunakan akun Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tags:

Add Comment