UpdraftPlus Plugin Backup WordPress Terbaik

Backup data WordPress Anda tidak perlu dilakukan dengan sangat sulit. Jika Anda ketahui, Anda dapat menemukan plugin UpdraftPlus yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut. Itu tinggal tergantung dari Anda, apakah ingin menggunakannya atau tidak.

UpdraftPlus Plugin Backup WordPress Terbaik

Sebenarnya, backup website WordPress juga dapat dilakukan melalui cPanel. Namun, terkadang akan menjadi sulit kalau memang belum pernah mempraktekkannya secara langsung. Begitu juga saya yang sampai sekarang ini tidak pernah melakukannya secara pribadi melalui cPanel.

Menurut saya, lebih mudah menggunakan plugin yang hanya tinggal install dan memulai perintah saja. Kalau Anda belum menemukan plugin yang cocok untuk kebutuhan tersebut, saya akan coba merekomendasikan UpdraftPlus untuk Anda . UpdraftPlus merupakan plugin khusus yang kegunaanya adalah untuk membuat backup WordPress.

Bukan hanya itu saja. Plugin ini juga sangat populer dan sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Termasuk dengan saya yang sampai sekarang masih sangat mempercayakan plugin ini. Selain dari pada backup, ia juga bisa merestore data backup yang pernah kita lakukan. Seandainya kita ingin migrasi hosting dari layanan lama ke layanan hosting baru, plugin ini dapat diandalkan untuk membantu kemudahan.

Menguntungkannya, plugin ini dapat Anda gunakan secara gratis. Meski plugin UpdraftPlus sendiri mempunya fitur premium yang ditawarkan, Anda bisa saja memilih untuk tidak melakukan upgrade terlebih dahulu. Kalau Anda tertarik untuk menggunakan plugin ini sebagai prioritas, bisa saja Anda memilih fitur premium yang memang menawarkan banyak keuntungan.

Sebagai langkah awal kalau Anda belum memiliki dana, versi free bisa Anda pilih sebagai solusi Anda saat ini. Meski hanya gratis, Anda juga akan mendapatkan fitur yang tidak akan merugikan Anda. Mungkin Anda bisa mengenal lebih jauh setelah Anda sudah menginstal plugin yang satu ini.

Rutin membuat backup pada website WordPress akan membantu menjaga data website kita sendiri. Bukan hanya untuk kebutuhan saat migrasi saja. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepan. Sehingga, Anda memerlukan tindakan ini sebagai berjaga saat terjadi sesuatu dengan server Anda.

Maka dari itu, Anda dapat berpikir panjang mulai dari sekarang. Backup secara rutin yang dijadwalkan bisa Anda lakukan sebagai satu langkah antisipasi nanti. Entah Anda perlu migrasi atau tidak, Anda sudah menyelamatkan semua data WordPress Anda dengan sangat bijak. Plugin UpdraftPlus sendiri adalah alat yang sangat sederhana untuk membackup database Anda ke layanan Cloud. Dengan plugin ini, Anda juga dapat memulihkannya secara mudah.

Anda dapat melakukan backup ke layanan Cloud yang tersedia seperti Dropbox, Google Drive, Amazon S3 (or compatible), UpdraftVault, Rackspace Cloud, FTP, DreamObjects, Openstack Swift, email. Ini adalah layanan pilihan untuk menempatkan database Anda. Tentukan sendiri mengenai layanan Cloud yang Anda inginkan.

Berikut adalah tentang cara menggunakan plugin UpdraftPlus dan mungkin dapat menjadi panduan untuk Anda.

Pertama, pastikan Anda sudah login ke Dashboard WordPress Anda.

Kedua, klik Plugins lalu Add new dan ketikan keyword UpdraftPlus dikolom pencarian.

Instal plugin updrafplus

Ketiga, sesudah muncul mengenai plugin yang dimaksud, klik install Now dan Activate.

Empat, sekarang Anda klik settings untuk mulai mengkonfigurasi tentang beberapa yang diperlukan.

Setting plugin updrafplus

Kelima, untuk bagian File backup schedule dan Database backup schedule, Anda dapat menentukan jadwal yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin membuat cadangan data Anda harian, mingguan atau bahkan bulanan.

Keenam, untuk bagian Choose your remote storage
(tap on an icon to select or unselect). Tentukan layanan penyimpanan atau Cloud yang Anda ingin gunakan.

Ketujuh, setelah konfigurasi diatas sudah selesai, Anda bisa langsung klik Save changes.

Mulai Backup WordPress

Kedelapan, sekarang Anda bisa langsung memulai backup dengan klik Backup now.

Dengan hanya beberapa langkah saja, Anda sudah bisa mengamankan database WordPress Anda secara aman. Jika terjadi sesuatu dengan website Anda atau pada layanan hosting yang Anda sewa, semua akan terjaga karena Anda sudah membuat cadangan. Anda bisa tetap nyaman untuk bisa fokus dengan konten Anda.

Kalau Anda sudah merasa nyaman dengan plugin ini, dapatkan fitur premium untuk menemukan dukungan yang lebih baik. Plugin ini akan membuat Anda tidak sibuk untuk memikirkan tentang keamanan website Anda kedepan.

Leave a Reply